Audiensi Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Soroti Soal Peredaran Narkoba

Sabtu 22 Juli 2023, 00:38 WIB
Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menerima audiensi dari LSM Laskar Fisabilillah yang prihatin peredaran Narkoba makin marak. (Sumber : SU/Ilyas)

Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menerima audiensi dari LSM Laskar Fisabilillah yang prihatin peredaran Narkoba makin marak. (Sumber : SU/Ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menerima audiensi dari sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Laskar Fisabilillah, yang prihatin terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sukabumi, Kamis 20 Juli 2023.

Ketua Laskar Fisabilillah Kabupaten Sukabumi, Abah Bayut, mengaku prihatin dengan semakin maraknya penyalahgunaan narkoba baik jenis obat-obatan terlarang, obat keras terbatas, minuman beralkohol, dan yang lainnya.

“Alhamdulilah kami bisa sosialisasi dengan DPRD Kabupaten Sukabumi. Kami menginstruksikan dan memohon kepada pemerintah aparatur kepolisian dan pihak yang terkait, kita sama-sama memberantas peredaran narkoba yang selama ini semakin marak di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya. 

Abah Bayut mengapresiasi Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi yang telah menerimanya dalam audiensi. Apresiasi serupa diberikan kepada Satuan Reserse Narkoba Polres Sukabumi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi, serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah mereka semua mendukung saran masukan yang sudah disampaikan,” kata dia.

Baca Juga: Pandangan Umum Raperda PDRD, F-PKS DPRD Sukabumi Minta Pemda Selektif Soal Objek Pajak

Ia menegaskan, keprihatinannya didasari karena telah beberapa kali melihat dan menyaksikan sendiri begitu mudahnya narkoba didapat. Ia mengaku tidak dapat bertindak apapun karena dirinya bukan pihak berwenang.

“Kami tidak mempunyai kewenangan karena tidak mempunyai hukum. Yang mempunyai hukum pihak kepolisian. Kami sudah menemukan beberapa kali di wilayah Parungkuda. Kebetulan kami langsung melihat transaksi dari penjualan obat-obatan terlarang itu,” terangnya.

“Bahkan tiga bulan yang lalu dan kemarin melakukan sidak, kami menemukan barang bukti sekitar dua ribu butir obat terlarang,” pungkasya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, mengapresiasi Laskar Fisabilillah yang meminta optimalisasi penanganan dan pencegahan peredaran narkoba.

“Kami dengan Kesbangpol, Satpol PP, BNNK, dan Polres Sukabumi, sudah melakukan komunikasi, koordinasi, dan saling kesepahaman, untuk sama-sama memberikan penyuluhan,” ujar Hera.

“Kemudian untuk penanganan dini dimana jika ditemukan di masyarakat, akan dilakukan sesuai dengan prosedur-prosedur yang ada. Ada juga ide-ide segar dari Kesbangpol yang disampaikan,” imbuhnya.

Keprihatinan Laskar Fisabilillah terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sukabumi ini juga direspons positif oleh Kasat Narkoba Polres Sukabumi, AKP Enjo Sutarjo. Ia memuji Laskar Fisabilillah yang telah menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial.

“Dalam audiensi kami sampaikan terkait dengan penanganan zat adiktif ataupun obat, kefarmasian itu undang-undang kesehatan kami sangat komitmen. Karena sudah beberapa kasus yang kami tangani terkait masalah obat keras terbatas,” terangnya.

Enjo menegaskan, dirinya berkomitmen memberantas hal itu tanpa pandang bulu atau memilah. Intinya, siapapun masyarakat yang menjadi bandar ataupun pengedar tetap diproses.

“Tapi untuk penyalahguna, sesuai dengan Undang-Undang Narkotika Pasal 55,bahwa penyalahguna itu harus direhabilitasi,” tegasnya.

Ia menjelaskan, dalam kurun waktu Januari 2023 hingga Juli 2023, pihaknya telah mengungkap puluhan kasus penyalahgunaan dan kepemilikan narkoba. Bahkan 30 kasus di antaranya telah P21.

“Kami sangat berkomitmen dalam pemberantasan obat ini karena ini merusak generasi. Masalah obat ini terkait masalah perizinan saja izin edar. Terkait masalah kandungan itu bukan kewenangan kami, itu adalah kewenangan BPOM,” ujarnya.

“Pasti kami akan terus melakukan razia. Sebentar lagi kami akan melaksanakan operasi antik. Maka kami tanpa pilah dan pilih. Hukum akan kami tegakan setegak-tegaknya. Dengan BNNK kami koordinasi terkait masalah penyalahguna narkotika ataupun zat adiktif lainnya. Termasuk masalah penanganan rehabilitasi,” tandasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)