TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

DPRD Dorong Perbaikan SD di Ciemas Sukabumi yang Retak Gegara Pergerakan Tanah

Pergerakan tanah di Ciemas, Kabupaten Sukabumi, tersebut awalnya kecil lalu meluas dan saat ini panjangnya sekitar 20 meter.

Penulis
Rabu 11 Jan 2023, 14:58 WIB

Kondisi SDN Cibadak di Kampung Cibadak RT 01/04 Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, retak akibat pergerakan tanah. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana mendorong perbaikan SDN Cibadak di Kampung Cibadak RT 01/04 Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, yang retak terdampak pergerakan tanah.

"Kami sudah menerima laporan dari orang tua, wali murid, terkait kondisi SDN Cibadak," kata Andri kepada sukabumiupdate.com, Rabu (11/1/2023).

Menurut Andri, SDN Cibadak memiliki empat ruang kelas, ruang kantor, toilet, gudang, dan perpustakaan, namun kondisi material sudah lapuk. "Terutama atap sekolah sudah mulai rapuh, ditambah pergerakan tanah sehingga bangunan miring dan retak-retak," ujarnya.

"Kami sudah komunikasi dengan pihak Dinas Pendidikan agar bisa ditangani pada tahun 2023," imbuh Andri.

Baca Juga: SD di Ciemas Sukabumi Retak Gegara Pergerakan Tanah, Begini Respons Disdik

Sebelumnya diberitakan, bencana pergerakan tanah mengancam sarana pendidikan yakni SDN Cibadak di Kampung Cibadak RT 01/04 Desa Mekarsakti. Situasi ini dijelaskan pihak sekolah dan sudah mendapat respons dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

"Kejadiannya sudah dua mingguan. Dampak pergerakan tanah tersebut pada ruang kelas 4, kelas 6, ruang kantor, gudang, dan toilet, mengalami retak dan miring," kata Kepala SDN Cibadak Isa Iskandar, Senin, 9 Januari 2023.

Isa menyebut pergerakan tanah awalnya kecil lalu meluas dan saat ini panjangnya sekitar 20 meter. Sementara lebar retakan pada bangunan sekolah kurang lebih 10 sentimeter. Menurut Isa, pergerakan tanah sudah terjadi sejak gempa Cianjur pada November 2022.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x