TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

6 Perubahan dalam Permainan Manchester United di Laga Debut Ralf Rangnick

Penulis
Senin 6 Des 2021, 16:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ralf Rangnick membawa Manchester United meraih kemenangan tipis 1-0 atas Crystal Palace dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (5/12/2021).

Dalam pertandingan pekan ke-15 tersebut, Manchester United unggul berkat gol Fred. Hasil itu menjadi awal bagus bagi Rangnick yang melakukan debutnya sebagai manajer Setan Merah (julukan Manchester United,red).

Sebelumnya kedatangan Rangnick di MU sudah disambut antusiasme dan rasa penasaran. Pelatih berusia 63 tahun ini dianggap sebagai godfather dari sepak bola menekan (gegenpressing) yang banyak diperagakan para pelatih Jerman.

Lalu seperti apa pola permainan yang diperagakan Rangnick dalam pertandingan pertamanya di MU? Bila dibandingkan dengan skema permainan klub sebelum kedatangannya, setidaknya ada 6 dari perubahan yang dilakukan Rangnick.

Berikut ini perubahan-perubahan tersebut, seperti dikutip dari The Sun:

Pertama, ia mengubah. atau lebih tepatnya sedikit memodifikasi, formasi yang selama ini dipakai MU, dari 4-2-3-1 menjadi 4-2-2-2. Ketimbang memaki format satu penyerang, Rangnick memilih menempatkan dua striker di lini depan yakni Cristiano Ronaldo dan Marcus Rashford.

Kedua, perubahan di lini depan itu diikuti pergeseran di lini belakangnya. Jadon Sancho dan Bruno Fernandes yang biasanya lebih banyak bergerak di sayap menjadi pemain dalam posisi nomor 10, atau gelandang serang.

Rangnick menjelaskan perubahan itu seusai laga melawan Palace. “Kami memutuskan untuk menggunakan formasi yang sedikit berbeda, tetapi hanya sedikit berbeda. Kami bermain dengan dua striker, Marcus dan Cristiano di depan dengan Jadon dan Bruno di posisi 10, dan untuk tim lainnya posisi itu sama seperti biasanya," kata dia.

Perubahan di dua tersebut sekaligus mendorong terciptanya gaya permainan yang berbeda. The Sun menyebut perubahan ketiga yang tampak dalam permainan MU adalah lebih banyak berusaha menekan lawan di kotak penaltinya. Para pemain juga lebih dituntut spartan dalam menguasai dan mengejar bola.

Keempat, Rangnick lebih memilih pemain MU melakukan langsung tusukan ke depan, ketimbang mengandalkan serangan sayap seperti sebelumnya. Karena itu pula, Sancho dan Fernandes ditempatkan sebagai pemain nomor 10.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x