Chelsea Juara Liga Champions, Netizen Dukung Kante Dapatkan Ballon d'Or

Senin 31 Mei 2021, 17:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah kampanye online muncul di Prancis dan Inggris untuk menjadikan N'Golo Kante sebagai penerima Ballon d'Or tahun 2021. Pemain asal Prancis itu dianggap layak mendapatkannya, karena semua orang membicarakan sepak terjangnya setelah Chelsea mengalahkan Manchester City 1-0 di final Liga Champions 2021.

Statistik pertandingan menunjukan Kante menjadi pemain yang memenangkan tujuh kali duel udara terbanyak dibandingkan pemain lain. Padahal, Kante merupakan pemain terpendek di laga final itu, dengan tinggi badan hanya 168 cm.

Selain itu, ia melakukan tiga tekel bersih, melakukan akurasi operan 81,8 persen di lapangan lawan dan memenangkan lebih banyak duel darat. Ia menjadi satu-satunya pemain Chelsea yang memenangkan penguasaan bola lebih banyak daripada kehilangan bola.

Ia tidak menggiring bola melewati pemain lawan, tapi melakukan sepuluh kali pemulihan bola. Sedangkan rekan setimnya Olivier Giroud mengatakan, Kante berhasil memulihkan sekira 50 bola selama pertandingan tersebut.

Baca Juga :

Chelsea Kalahkan Man City 1-0 di Final, Siapa Saja Juara Liga Champions? Ini Daftarnya

"Kante hebat, dia melukai Manchester City, saya tidak tahu harus berkata apa, mungkin yang bisa saya katakan adalah orang ini luar biasa, berlari ke mana-mana, membuat perbedaan, mengisi celah dan 'mengoleksi' bola," kata Giroud. 

Menurut Giroud, Kante membuat Chelsea seolah bermain dengan 12 orang. Itu terlihat sejak laga babak 16 besar melawan Atletico Madrid dan leg kedua semifinal ketika melawan Real Madrid.

Salah satu kampanye online menyebutkan, Kante layak menerima Ballon d'Or, guna mematahkan hegemoni generasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

photoKante saat menjuari Piala Dunia tahun 2018 bersama timnas Prancis - (The Sun)</span

Rendah hati dan tak banyak ulah di dalam dan luar lapangan, membuat Kante dengan cepat menyita perhatian. RMC Sports misalnya, cukup dua kata untuk 'mendeskripsikan' Kante, yakni 'luar biasa'.

Kante mengatakan, meskipun ia menjadi 'Man Of The Match' dalam pertandingan final itu, namun hal tersebut bukanlah hal yang menjadi prioritas utamanya.

"Yang utama adalah bekerja sebaik mungkin dengan tim, karena kami telah berjuang keras untuk mencapai final," ungkapnya. "Euro akan segera tiba. Saya akan bergabung dengan timnas Prancis dan berharap memenangkannya," tambahnya.

Pengamat sepakbola dan juga mantan pemain belakang Liverpool, Jamie Carragher, punya klaim berani namun valid tentang sepak terjang Kante

photoKante saat menjuarai Liga Inggris bersama Chelsea pada musim 2016-2017 - (Sky Sports)</span

"Sebelum final Liga Champions, kami berkumpul dan membicarakan Kante. Kami yakin Manchester City bisa mengatasinya atau City merasa lebih kuat sehingga tak perlu mengatasinya," kata Carragher kepada CBS Sports. 

Namun, masih menurut Carragher, Kante adalah satu-satunya pemain yang membuat pusing Manchester City. "Ia merebut bola, mengontrolnya dan mengalirkannya ke depan," ujar Carragher.

Carragher masih ingat bagaimana Kante datang ke Liga inggris untuk bermain bersama Leicester pada musim 2015–2016 dan The Fox (julukan Leicester) yang awalnya tak diperhitungkan, menjadi juara Liga Inggris di musim tersebut.

Setelah itu, Kante datang ke Chelsea dan The Blues (julukan Chelsea) juga berhasil juara Liga Inggris musim 2016–17.

photoKante saat menjuarai Liga Inggris bersama Leicester pada musim 2015-2016 - (Sky Sports)</span

"Dia memenangkan Piala FA dan Piala Dunia bersama Prancis tahun 2018. Kini dia memenangkan Liga Champions. Kelak ketika pensiun, orang ini (Kante, red) akan menjadi salah satu pemain lini tengah terhebat yang pernah dilihat sepanjang sejarah Liga Inggris," imbuhnya.

Bahkan, banyak yang meramalkan Prancis akan berhasil naik podium Euro 2020, dengan Kante sebagai pemain terpentingnya. Jika itu terjadi, Kante benar-benar layak memenangkan Ballon d'Or.

Dalam satu momen yang tertangkap kamera usai final Liga Champions, ketika semua orang melampiaskan kegembiraan dan berpesta, Kante berlari ke arah sang ibu untuk menumpahkan seluruh rasa kebahagiaannya hingga meneteskan air mata.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life14 Mei 2024, 07:00 WIB

8 Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Jika Anda melihat anak menunjukkan ciri-ciri stres karena sering dimarahi atau merasa lelah, penting untuk memberikan dukungan emosional dan membantu mereka mengatasi stres.
Ilustrasi - Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : unsplash.com/Chinh Le Duc)
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).