Perusahaan Israel Minta Argentina Dicoret dari Piala Dunia 2018

Jumat 08 Juni 2018, 05:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pembatalan laga uji coba antara Timnas Argentina dan Israel masih berbuntut. Perusahaan Israel yang jadi penyelenggara pertandingan itu, Comtec Grup, akan mengadu ke badan sepak bola dunia (FIFA) dan meminta agar Argentina dicoret dari Piala Dunia 2018.

Laga uji coba itu sedianya akan digelar di Yerusalem Sabtu besok. Pertandingan itu merupakan bagian dari persiapan Argentina menghadapi Piala Dunia 2018. Namun karena diselenggarakan di lokasi yang masih jadi konflik, pelaksanaannya menuai protes.

Palestina menuding Argentina telah membiarkan dirinya jadi alat politik Israel. Mereka pun mengancam akan membakar foto dan kaos Lionel Messi bila pemain itu tampil di laga uji coba tersebut.

Argentina kemudian memutuskan membatalkan uji coba itu pada Rabu lalu. Mereka memilih mengganti uji coba itu dengan latihan di Barcelona, Spanyol.

Israel tak puas. Mereka menyebut Palestina telah melakukan "teror sepak bola" membuat pertandingan itu dibatalkan. Comtec Grup, yang didukung oleh Federasi Sepak Bola Israel, akhirnya memutuskan untuk mengadu ke FIFA karena merasa dirugikan dengan pembatalan itu.

Comtec mengaku sudah membayar US$ 2 juta kepada Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA). Seluruh tiket untuk laga uji coba tersebut sudah habis terjual. Karena itu perusahaan itu yang berdiri sejak 1982 itu meminta FIFA mencoret Argentina dari Piala Dunia karena menganggap negara itu sudah melakukan "diskriminasi keagamaan".

Sementara itu, pandangan di dalam negeri Israel sendiri terpecah terkait pembatalan laga uji coba itu. Sejumlah pejabat tinggi negara, seperti Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman, menuding Argentina telah tunduk pada desakan suporter teroris pendukung anti-semit.

Namun muncul pula pihak yang menganggap bahwa Menteri Olahraga dan Kebudayaan Israel, Mirian Regev, ikut bersalah dalam kasus itu. Sang Menteri dinilai telah melakukan politisasi sepak bola dengan memindahkan lokasi pertandingan dari Haifa ke Yerusalem. Padahal, saat ini pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem masih mendapat tentangan dari dunia internasional.

Yitzhak Herzog, anggota Partai Buruh, antara lain menyebut langkah Regev itu sebagai "gol bunuh diri yang spektakuler'. Sedangkan Ketua Partai Buruh, Avi Gabbay, meminta menyerukan dilakukan investigasi atas Regev terkait kecurigaan korupsi yang dilakukannya. Regev kemudian membalas komentar itu dengan menyebut dua anggota Knesset itu sebagai "kuda troya yang membantu teroris."

Argentina sendiri dipastikan tidak akan melakukan uji coba lagi setelah laga melawan Israel dibatalkan. Mereka selanjutnya akan menjalani pertandingan pertama Piala Dunia 2018 melawan Islandia pada Sabtu, 16 Juni 2018, pukul 20 00 WIB.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Mei 2024, 12:30 WIB

Punya Masalah Pencernaan? Yuk, Coba Konsumsi 7 Buah Ini Agar Lancar

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah pencernaan yang kadang sangat mengganggu dan membuat perut tidak nyaman. Maka dari itu, mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi buah secara rutin agar pencernaan lancar
Jika memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk konsumsi beberapa buah-buahan (Sumber : Freepik.com)
Bola29 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Unggul 3-0 di Leg Pertama, Kevin Mendoza Siap Hadapi Segala Kemungkinan

Kiper Persib, Kevin Mendoza siap untuk kemungkinan yang bisa terjadi.
Kiper Persib, Kevin Mendoza siap untuk kemungkinan yang bisa terjadi. | persib (Sumber : persib)
Nasional29 Mei 2024, 11:48 WIB

Draf Revisi UU TNI: Seizin Presiden, Prajurit Aktif Bisa Isi Jabatan Kementerian/Lembaga

Pengisian jabatan di kementerian atau lembaga tercantum dalam Pasal 47.
(Foto Ilustrasi) Revisi UU TNI sebagai usulan insiatif DPR membuka peluang prajurit aktif TNI mengisi jabatan di semua kementerian dan lembaga. | Foto: Pixabay/@DanielBone
Film29 Mei 2024, 11:43 WIB

Akhirnya Ada yang Melaporkan Film Vina: Sebelum 7 Hari, Minta Stop Penayangan

Asosiasi Lawyer Muslim Indonesia (ALMI) meminta pemerintah mengentikan penayangan dan peredaran film tersebut di seluruh bioskop.
Ilustrasi. Poster Film Vina: Sebelum 7 Hari. ALMI meminta pemerintah menghentikan penayangan film ini karena dianggap menganggu penyidikan kasus vina cirebon
Sehat29 Mei 2024, 11:30 WIB

Kurang Pede Karena Buncit? Konsumsi 7 Buah yang Ampuh Usir Lemak Perut Ini

Memiliki perut yang buncit karena terlalu banyak lemak, pasti membuat siapapun kurang percaya diri karena penampilannya jadi kurang menarik dan ingin diet. Makanya, coba untuk mengkonsumi buah secara rutin agar lemak bisa hilang
Ilustrasi perut buncit karena banyak lemak yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin (Sumber : Freepik.com/@Anastasiakazakova)
Life29 Mei 2024, 11:00 WIB

11 Cara Menjadi Anak yang Baik, Sikapnya Disenangi Banyak Orang!

Sikap positif, perhatian tulus, dan kebaikan hati adalah kunci utama untuk meraih penghargaan dan cinta dari orang lain serta membentuk pribadi anak yang baik.
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik, Sikapnya Disenangi Banyak Orang. Pixabay/JupiLu
Aplikasi29 Mei 2024, 10:58 WIB

Server Monitoring sebagai Solusi Memelihara Jaringan

Server monitoring merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memantau kondisi suatu jaringan sehingga setiap masalah yang muncul dapat dideteksi dengan cepat dan kinerja jaringan dapat dioptimalkan.
Ilustrasi. | Foto: Istimewa
Keuangan29 Mei 2024, 10:35 WIB

Catat Tanggalnya! Batas Waktu Perusahaan Daftarkan Pekerja di Program Tapera

Pekerja yang menerima gaji atau upah harus didaftarkan sebagai peserta oleh pemberi kerja kepada BP Tapera.
(Foto Ilustrasi) Setiap pekerja wajib menjadi peserta Tapera. | Foto: Pexels/nattanan23
Sehat29 Mei 2024, 10:30 WIB

11 Manfaat Jeruk Keprok untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Imun

Inilah Sederet Manfaat Jeruk Keprok untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Imun Tubuh.
Jeruk Lemon. Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/LisaFotios)
Life29 Mei 2024, 10:00 WIB

Cara Menjadi Ibu yang Baik untuk Anak: 11 Hal yang Dapat Anda Lakukan Sebagai Orang Tua

Menjadi ibu yang baik adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan kebahagiaan.
Ilustrasi - Menjadi ibu yang baik adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan kebahagiaan. | Foto: Freepik/@prostooleh