Kalahkan Filipina 2-0, Timnas Indonesia Cetak Sejarah di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa 11 Juni 2024, 22:10 WIB
Thom Haye cetak gol perdananya untuk Timnas Indonesia saat hadapi Filipina di laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Sumber Foto: FIFA)

Thom Haye cetak gol perdananya untuk Timnas Indonesia saat hadapi Filipina di laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Sumber Foto: FIFA)

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan memastikan satu tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah mengalahkan Filipina dua gol tanpa balas di laga pamungkas Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Dua gol kemenangan Tim Merah Putih di laga tersebut dicetak oleh Thom Haye di menit ke-32 dan Rizky Ridho di menit ke-56.

Dengan mendapatkan poin penuh, Timnas Indonesia menyudahi persaingan di Grup F di posisi runner-up dengan 10 poin dari enam pertandingan. Skuad Garuda akan mendampingi Irak yang sudah dipastikan keluar sebagai juara grup.

Jalannya Pertandingan

Dikutip dari suara.com, Timnas Indonesia langsung menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Ancaman pertama datang lewat aksi Ragnar Oratmangoen di menit pertama, namun sayang sang pemain gagal mencetak gol setelah melewati beberapa pemain Filipina.

Pada menit ketujuh Timnas Indonesia mendapat peluang. Thom Haye mengirim umpan ke depan gawang, namun tandukan Marselino Ferdinan terlalu lemah.

Sepuluh menit pertandingan berjalan Timnas Indonesia membuat Filipina tidak bergerak dari lini pertahanan. Dari segala penjuru gawang Kevin Mendoza digempur, namun belum ada gol tercipta.

Calvin Verdonk mendapat peluang terbuka pada menit ke-17. Menelusuri sisi kiri pertahanan Filipina, Verdonk melepaskan tembakan keras. Sayangnya si kulit bundar melambung di atas gawang Mendoza.

Filipina mendapat peluang pada menit ke-21. Berawal dari umpan terobosan, Zico Bailey melepaskan tembakan. Beruntung bagi Indonesia, bola berhasil dibendung Ernando Ari.

Peluang kembali didapat Timnas Indonesia pada menit ke-27. Umpan tarik dari Rafael Struick diterima oleh Verdonk, namun tendangannya melenceng dari gawang.

Kevin Mendoza tampil cemerlang satu menit setelahnya. Tembakan keras terukur Rafael Struick ditepis oleh penjaga gawang Persib Bandung itu.

Akhirnya gol yang dinanti tiba. Thom Haye mencetak gol indah setelah tembakan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu ditepis oleh Kevin Mendoza. Skor 1-0 untuk skuad Garuda.

Di sisa waktu pertandingan, Indonesia terus menggempur gawang Filipina. Mendoza berulang kali jatuh bangun untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Tidak ada lagi gol tercipta hingga turun minum. Timnas Indonesia untuk sementara unggul 1-0.

Di awal babak kedua Timnas Indonesia mendapat peluang untuk menambah gol. Sayang, sepakan Ragnar Oratmangoen terlalu lemah.

Pada menit ke-52 Garuda Fans dibuat deg-degan. Ini karena The Azkals punya peluang beberapa kali meski pada akhirnya tak bisa dijadikan gol.

Calvin Verdonk hampir saja mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-53. Namun, tembakan free-kick-nya terlalu lemah sehingga mudah dipatahkan.

Pada menit ke-56 Timnas Indonesia sukses menggandakan kedudukan. Berawal dari tendangan bebas yang diumpan oleh Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho tinggal meneruskan bola ke dalam gawang. Skor jadi 2-0 untuk skuad Garuda.

Timnas Indonesia belum puas hanya dengan keunggulan dua gol. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan terus menekan gawang Filipina demi menambah keunggulan.

Sampai dengan menit ke-75 skor 2-0 belum mengalami perubahan lagi. Filipina digempur habis-habisan, tapi belum ada lagi gol tercipta.

Jay Idzes hampir saja mengoyak gawang Filipina. Sempat berlari kencang, namun keseimbangannya tidak baik sehingga tembakannya menjadi lemah.

Memasuki menit ke-82 Timnas Indonesia agak mengendurkan permainan. Hal ini membuat Filipina lebih leluasa menekan pertahanan Tim Merah Putih.

Sempat ada insiden di menit-menit akhir pertandingan. Pemain Filipina Adrian Ugelvik terkapar hingga harus dilarikan menggunakan ambulans ke rumah sakit.

Hingga laga usai, skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia tetap bertahan.

SUMBER: SUARA.COM

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist