Enner Valencia, Pencetak Gol Perdana Piala Dunia 2022 yang Pernah Diburu Polisi

Senin 21 November 2022, 09:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Enner Valencia menjadi bintang (Man of The Match) dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador. Dalam laga di Stadion Al Bayt, Minggu malam, 20 November 2022, Valencia memborong dua gol untuk mengantar Ekuador menang 2-0.

Valencia sebenarnya sudah mencetak gol pada menit ketiga, namun golnya dianulir wasit karena adanya offside setelah dilakukan pengecekan melalui VAR. Gol pertama pemain Fenerbahce ini akhirnya tercipta pada menit ke-16 melalui sepakan penalti.

Hanya 15 menit berselang, Valencia sukses mencetak gol keduanya ke gawang Qatar melalui tandukan memanfaatkan assist dari Angelo Preciado.

Dua gol tersebut membuatnya menjadi top skor Timnas Ekuador di Piala Dunia dengan catatan 4 gol, melewati pemegang rekor sebelumnya, Agustin Delgado (3 gol) serta mengamankan tiga poin pertama untuk La Tricolor.

Selain dwigolnya, Enner Valencia juga mengantongi statistik apik selama 77 menit bermain dalam laga ini. Dia mencatatkan dua tendangan ke gawang, mendapatkan 38 sentuhan, dan memenangkan 8 dari 10 duel. Enner Valencia juga tercatat empat kali dilanggar yang berarti pergerakannya memang menyulitkan para pemain Qatar.

Profil Enner Valencia

Enner Valencia memulai kariernya di klub lokal Emelec. Dia lahir dari keluarga miskin dan sudah terbiasa hidup kekurangan sejak usia belia. Valencia membantu orang tuanya memberi makan saudara-saudaranya dengan pekerjaan serabutan.

Bakat sepak bola Valencia membawanya menggubah nasib. Perjuangannya dilewati dengan tak mudah. Ketika mulai bergabung di Emelec, dia harus tidur di mes klub yang belum jadi karena dia tidak punya uang untuk tinggal di tempat lain. Dia juga kerap kesulitan untuk membeli cukup makanan.

Kepiawaiannya bermain bola kemudian mengangkat nasibnya. Setelah empat musim di Emelec, Valencia pindah ke klub Ekuador lain, Pachuca. Di sanalah klub Eropa memanggil. Dia Direkut klub Inggris West Ham United pada 2014.

Namun, di balik ketenarannya sejak menjadi pesepak bola Eropa, dia kesulitan menemukan keseimbangan dalam kehidupan pribadinya. Itu bahkan menyebabkan insiden aneh selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018.

Striker yang kini bermain di Fenerbahce SK itu menjadi buruan polisi setelah diganti saat pertandingan Ekuador melawan Cile. Penyebabnya, mantan pasangannya mengajukan tuntutan hukum lantaran dia gagal memberikan tunjangan anak.

Valencia akhirnya menyelesaikan kasus hukumnya itu. Tetapi penampilannya menurun dan dia dicap gagal oleh media Inggris karena penampilannya yang buruk bersama West Ham dan Everton di Liga Inggris. 

Selama dua setengah musim di West Ham dia hanya mampu mencetak 10 gol. Saat dipinjamkan ke Everton, dia juga hanya bisa menorehkan tiga gol.

Pada 2022, hidup Enner Valencia juga sempat diwarnai drama di luar arena. Agustus tahun itu, saudara perempuan Valencia, Erci, disandera di San Lorenzo oleh geng bersenjata dan ditahan selama 10 hari sebelum dibebaskan tanpa cedera.

Peristiwa penculikan ini bertepatan dengan pergeseran karier Valencia. Dia pindah ke Turki untuk bermain bersama Fenerbahce dan di sanalah dia menemukan kembali pesonanya. Selama tiga musim, dia mampu menyumbang 41 gol, termasuk 13 gol di musim ini.

Di Timnas Ekuador Enner Valencia mulai melakukan debutnya pada 12 Februari 2012. Kini sudah 37 gol yang dia sumbangkan dalam 75 pertandingan. Dia merupakan top skor sepanjang masa negara itu. Bisa dikatakan dia telah menjadi jimat dalam tim Ekuador di Piala Dunia 2022.

Enner Valencia akan kembali beraksi dengan Ekuador, bila benar-benar lepas dari cedera yang sempat dialaminya saat melawan Qatar, ketika melawan Belanda, pada 25 November.

Sumber: Tempo.co

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 08:00 WIB

7 Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah

Orang introvert yang kecewa pada kita mungkin menjadi lebih tertutup dan kurang responsif terhadap komunikasi atau interaksi sosial.
Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)