Sempat Terdampar, Kisah Nelayan Palabuhanratu Dibalik Sukses Bakso Ikan Sinar Bahari

Rabu 27 Maret 2019, 03:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bakso ikan Sinar Bahari, nama yang tak asing di kalangan penggemar kuliner karena sebaran pemasaran bakso ini mencakup seluruh daerah di Jawa Barat.

Dan ternyata bakso ikan Sinar Bahari ini awalnya diproduksi di Pasar Pelita Kota Sukabumi pada tahun 1990. Dibalik ketenaran bakso ini ada nama Baden Sobari, mantan nelayan yang tepat berusia 70 tahun pada tanggal 27 Maret ini.

Usaha yang saat ini memiliki cabang di hampir seluruh wilayah di Jawa Barat dan Lampung ini dimulai dari kisah pahit seorang nelayan dan Anak Buah Kapal (ABK) asal Cimaja Palabuhanratu ini.

BACA JUGA: Tips Usaha dari Mahmud, Owner Bakso Mercon Beranak Batok di Cikembar Sukabumi

"Tahun 1988, saya terdampar dilautan Australia. Saat itu perahu saya mengalami kerusakan mesin. Dan ditengah lautan saya dan nelayan lain bertemu sebuah kapal Taipong asal Filipina dan kami semua diselamatkan dan dibawa ke Filipina oleh kapal tersebut," ungkap Baden kepada sukabumiupdate.com, Selasa (26/3/2019).

Setelah bertemu dengan pihak kedutaan Indonesia di Filipina, seluruh ABK di pulangkan namun nasib berkata lain, diperjalann menuju bandara ia bertemu dengan salah seorang asal Jakarta yang sudah menetap di Filipina dan bekerja disebuah pabrik bakso ikan. Meski saat itu bakso ikan terbilang asing ditelinga Baden namun justru menarik keingin tahuannya dan ia pun memutuskan untuk ikut bekerja selama 18 bulan di pabrik tersebut.

"Bakso ikan saat itu terbilang baru di Jawa Barat, bahkan di Indonesia pun belum cukup dikenal, dan dengan modal ilmu yang saya dapat dari Filipina itu saya memberanikan diri untuk membuka kios bakso di daerah Palabuhanratu, lalu pindah ke sukabumi dan di tahun 1993 saya memutuskan pindah dan membuka pabrik di Bandung, "ungkap Baden.

Bandung dipilih Baden karena menurutnya sangat strategis untuk mengembangkan sayap usahanya. Benar saja, dengan kegigihan Baden, Usahanya berkembang dan memiliki cabang usaha hingga Provinsi Lampung. 1.000 gerobak bakso ia miliki dengan ribuan karyawan yang menyebar. Dengan omset yang sangat fantastis, Baden mengaku sudah sering kali memberangkatkan karyawannya untuk naik haji.

BACA JUGA: Video: Wow! Ada Bakso Kangguru di Sukabumi

"Di tahun 2005 saat masa jaya, Omset saya perhari mencapai Rp 100 juta. Namun saat ini saya kurang tahu berapa penghasilannya, karena pada tahun 2013 saya memutuskan untuk beristirahat dan menyerahkan sepenuhnya pada anak - anak saya," sambungnya.

Baden yang memiliki 10 orang anak, 18 cucu dan 3 cicit ini memilih menghabiskan masa tuanya dengan berkebun dan tinggal disebuah perkampungan kecil di Desa Neglasari Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. Ia mengatakan jika puncak kesuksesannya adalah kebahagian anak dan cucunya. Namun tetap jiwa usaha yang ia miliki tak bisa membuatnya berhenti, beberapa usaha baru seperti usaha properti dan peternakan menjadi pengisi kesibukannya saat ini.

"Jika ditanya apakah sudah sukses, saya jawab saya sudah sukses dalam kacamata dunia. Patokannya adalah anak, cucu dan orang orang terdekat saya. Karena apa yang saya lakukan selama ini adalah untuk mereka. Saat ini saya berfikir bagaimana saya bermanfaat bagi orang lain dan mencari bekal untuk akhirat," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)