Pertamina Ingin Bangun Depo BBM di Cimangkok Kabupaten Sukabumi

Kamis 02 Februari 2017, 10:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PT Pertamina (Persero) berencana membangun Depo Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Kabupaten Sukabumi guna memperlancar suplay, khususnya di wilayah Jawa Barat. Untuk mewujudkan hal tersebut Direktur Pemasaran PT Pertamina, M Iskandar Kamis (2/2) bersama jajarannya beraudensi dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Pendopo Kota.

Iskandar menerangkan saat ini ada dua terminal BBM yang melayani kebutuhan DKI, Banten dan Jawa Barat, yakni Plumpang dan Padalarang. Plumpang, kata dia, merupakan terminal dengan penyaluran terbesar dan telah mengalami over load.

Ketika terjadi kendala teknis, layanan BBM ke daerah bisa terhambat, sehingga dibutuhkan tambahan terminal. “Pertamina akan membangun infrastruktur di daerah Kabupaten Sukabumi. Pertaminan memiliki lahan di Cimangkok, Kecamatan Sukalarang,” papar dia.

Biasanya, untuk mengantisipasi keterlambatan penyaluran BBM dari Plumpang, Pertamina memanfaatkan terminal Padalarang dan Cikampek. “Kedua terminal ini belum mampu memenuhi suplay ke daerah karena hanya mampu menyuplai seribu kilo liter” terang Iskandar.

Dengan adanya terminal di Sukabumi, tandas dia, akan mempermudah penyaluran BBM ke daerah Sukabumi, Bogor serta daerah lainnya yang berdekatan. Selain itu, penambahan terminal ini juga sekaligus pengembangan depo elpiji.

BACA JUGA:

FPKS: Tiga Kunci Pembangunan Pariwisata Kabupaten Sukabumi Pasca Penghargaan dari Kementrian Pariwisata

Warga Ciambar Kabupaten Sukabumi Berharap Pembangunan Babakanpendeuy Cepat

Warga Desa Bojonggaling Kabupaten Sukabumi Bersyukur Jalan Dihotmix

Sementara Marwan Hamami menyambut baik rencana pembangunan terminal Pertamina di Kabupaten Sukabumi. Marwan berjanji akan membantu semua proses yang dibutuhkan untuk percepatan pembentukan depo dimaksud.

Apalagi kata dia, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung rencana keberadan terminal Pertamina tersebut. Marwan menyarankan agar Pertamina membangun terminal Pertamina di sekitar wilayah Palabuhanratu.

“Salah satu tempat yang mungkin bisa dikaji menjadi terminal Pertamina layaknya di wilayah Palabuhanratu,” saran Marwan.

Pasalnya, kata dia, khusus di wilayah Cimangkok yang berada di Kecamatan Sukalarang, Rencana Umum Tata Ruang masih dalam pembahasan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. “Nanti kalau memang RUTR Pemprov sudah ada, maka Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan menyesuaikan. Dan memang Kabupaten Sukabumi sedang merevisi Rencana Tata Ruang dan Rencana Wilayah (RTRW-red),” papar Marwan lebih jauh.

Sedangkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi, Teja Sumirat menjelaskan, pada prinsipnya rencana pembangunan Terminal BBM di Kabupaten Sukabumi tidak ada masalah.

“Hanya menunggu Pemprov menyelesaian RTRW. Kemudian, sambung dia, Pertamina dalam pengajuan proposal pembangunannya, harus melengkapi rekomendasi dari Kementerian Enegeri Sumber Daya Mineral,” katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)