Produk TAPAK BPR Sukabumi Memudahkan Nasabah Bayar PKB

Rabu 04 Januari 2017, 06:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai bank yang milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, BPR Sukabumi turut berusaha membantu pendapatan asli daerah (PAD) melalui berbagai program perbankan, di antaranya dengan meluncurkan Tabungan Pajak Kendaraan (TAPAK).

“TAPAK adalah salah satu produk kita untuk masyarakat. Dalam hal ini BPR membantu saja untuk mendongkrak pemasukan pajak, karena kalau bicara PAD, Pemkab punya sumber utama yang lain,” jelas Direktur Umum dan Kepatuhan PD BPR Sukabumi, Wibowo Hadikusuma kepada sukabumiupdate.com, Rabu (4/1).

"Kami sedang mengupayakan berkompetisi dengan industri perbankan sekelas, dalam hal ini BPR lainnya, melalui program TAPAK ini,” imbuh Wibowo didampingi Kepala Bagian Pemasaran BPR Sukabumi, Heri Firmansyah di Kantor Pusat BPR Sukabumi, Jalan Surya Kencana No.51 Salabatu, Cikole, Kota Sukabumi.

TAPAK adalah salah satu produk BPR Sukabumi yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para nasabah dalam mengatasi persoalan keteledoran pembayaran pajak kendaraan. Lamanya antrian yang membutuhkan waktu, kesibukan nasabah yang padat dan menghindari denda keterlambatan pembayaran pajak.

“Dengan TAPAK, nasabah nggak perlu repot, jadi kalau Anda Buka Tapak BPR Sukabumi, soal pajak kendaraan dijamin beres, soalnya auto debet,” terang Heri.

Peserta TAPAK adalah pemilik kendaraan roda dua atau lebih, dengan besaran tarif yang disesuaikan dengan kewajiban pembayar pajak. BPR akan melakukan penarikan rekening secara auto debet untuk pembayaran pajak kendaraan nasabah pada saat jatuh tempo pembayaran pajak, di mana setoran tabungan bisa dilakukan melalui transfer atau melalui 27 kantor cabang BPR Sukabumi.

“Untuk proses validasi STNK dan penyerahan surat ketetapan pajak daerah PKB kepada wajib pajak dilakukan di Kantor BPR Sukabumi,” imbuh Heri.

Selain TAPAK, program unggulan BPR di tahun 2017 adalah Sahabat Mikro yaitu program BPR yang diharapkan bisa mengatasi masalah risiko pinjaman dari sumber pinjaman perorangan yang merugikan masyarakat yaitu rentenir.

“Sayangnya masyarakat menganggap proses pinjaman di perbankan ini sulit, padahal kita ingin meminimalisir risiko pinjaman dari para rente. Kita tahu lah bagaimana realitanya di masyarakat, kalau sudah person to person itu bagaimana coba mengatasinya,” lanjut Wibowo.

Direktur Umum dan Kepatuhan BPR Sukabumi tersebut menyayangkan kenyataan yang terjadi di masyarakat, “Sekarang banyak di pasar-pasar orang lebih gampang tertarik mendapatkan pinjaman ke pihak-pihak lain dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi dan sangat berisiko, padahal bunga BPR hanya sekitar 6% saja. Keinginan pemilik mengurangi potensi risiko di masyarakat akibat pinjaman uang dari pihak-pihak lain” pungkas Wibowo.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk merubah persepsi tentang sulitnya mendapat pinjaman, agar masyarakat tidak sungkan-sungkan meminta informasi dan penjelasan dari BPR Sukabumi, tentang pembiayaan dan produk BPR Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:35 WIB

DPRD Kecam Kasus Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Dugaan penelantaran terjadi saat petugas kesehatan mengantar Ayu ke RSUD Jampangkulon menggunakan ambulans karena akan melahirkan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih20 April 2024, 22:17 WIB

Setelah Demokrat, Deden Deni Wahyudin Daftar Maju Pilkada Sukabumi Lewat PAN

Deden mengatakan keikutksertaannya dalam proses penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati Sukabumi melalui partai politik merupakan ikhtiar menjemput amanah memajukan Kabupaten Sukabumi.
Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin mendaftar ke PAN, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi20 April 2024, 22:08 WIB

Ingatkan Soal Kesehatan, DPRD Tanggapi Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tes lari bersama peserta lain di Lapang Cangehgar.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber