Deretan Prestasi Pelajar Indonesia di Level Internasional Selama Pandemi

Selasa 13 Juli 2021, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi virus corona turut berdampak pada dunia pendidikan lantaran setahun lebih siswa diminta belajar dari rumah. Meski begitu, beberapa pelajar dan mahasiswa Indonesia tetap mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Merangkum beberapa postingan akun Instagram Pusat Prestasi Nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut prestasi internasional pelajar dan mahasiswa Indonesia selama Mei hingga Juni 2021:

- Juara kompetisi RoboBoat 2021

Dalam ajang di bidang kapal robotika ini, tim mahasiswa Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih juara pertama untuk kategori Website dan Skill Video (Hull Design) serta juara dua untuk kategori Technical Design Report.

Tim Bengawan UV dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga berhasil menyabet juara dua untuk kategori Skill Video (Hull Design) dan Skill Video (Sensor Optimization).

Tak ketinggalan, tim AMV Universitas Indonesia dari UI mendapat juara tiga untuk kategori Skill Video (Sensor Optimization).

- Medali emas dan perak di International Olympiad in Informatics (IOI) ke-33

Pikatan Arya Bramajati dari SMA Semesta BBS Semarang adalah pelajar yang berhasil mendapat medali emas dalam ajang olimpiade informatika internasional ini. Sementara itu, medali perak berhasil diperoleh tiga pelajar lain yakni Nicholas Patrick dari SMA Cita Hati Christian Surabaya, Edbert Geraldy Cangdinata dari SMA Sutomo 1 Medan, dan Rama Aryasuta Pangestu dari SMA Kanisius Jakarta.

- Certificate of Excellence dari ajang World Skill International Online Mobile Robotics Skill Challenge

Dengan perolehan Certificate of Excellence, prestasi Mobile Robotics Indonesia telah disejajarkan dengan Cina, Jepang, dan Macau. Sertifikat ini didapatkan oleh dua kompetitor Indonesia, Kevin Rafi Kurniawan dan Andreas Dani Nata, bersama dengan Chief Expert Anhar Risnumawan.

- Enam medali di Asia Pacific Informatics Olympiad (APIO) 2021

Dalam ajang APIO ini, pelajar Indonesia berhasil memperoleh 1 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Medali emas diperoleh pelajar asal SMA Kanisius Jakarta, Rama Aryasuta Pangestu. Medali perak diperoleh Pikatan Arya Bramajati dari SMA Semesta BBS Semarang, Juan Carlo dari SMAK Intan Permata Hati Surabaya, dan Nicholas Patrick dari SMA Cita Hati Christian Surabaya. Sementara medali perunggu diperoleh Bryan Riconga dari SMAN 1 Tuban dan M. Utomo Quok dari SMA Xin Zhong Surabaya.

- Penghargaan penelitian di kompetisi Regeneron International Science and Engineering Fair (ISEF) 2021

Penghargaan dalam kompetisi penelitian bergengsi tingkat dunia ini didapatkan oleh tim dari SMAN 28 Jakarta dan SMAN Bali Mandara. Masing-masing tim mewakili bidang lomba Fisika Terapan & Rekayasa serta Ilmu Sosial & Humaniora. Kedua tim tersebut akhirnya berhasil menyabet 1 special award dan 2 grand award.

- Juara kompetisi Shell Eco-marathon (SEM) Off-track 2021

SEM merupakan ajang kompetisi internasional dalam inovasi kendaraan hemat. Sebanyak 2 tim, masing-masing dari UNY dan ITS berhasil menyabet juara pertama dalam kategori Vehicle Design Award for Urban Concept dan Data & Telemetry Award. Dua tim pelajar lain yang berprestasi, masing-masing dari ITB dan UI juga berhasil memperoleh juara dua dalam kategori Data & Telemetry Award dan Safety Award.

SUMBER: SITI NUR RAHMAWATI/TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life07 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Sikap Konsumtif yang Membuat Hidupmu Miskin dan Sulit Kaya

Sikap konsumtif orang miskin bisa mengakibatkan hutang yang menumpuk, terutama jika mereka bergantung pada kartu kredit atau pinjaman untuk memenuhi gaya hidup konsumtif mereka.
Kartu ATM. Sikap Konsumtif yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih07 Mei 2024, 13:25 WIB

KPU Kota Sukabumi Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota Jalur Perseorangan, Ini Syaratnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi telah membuka pendaftaran bagi warga masyarakat yang akan mencalonkan Pilkada 2024 melalui jalur perseorangan atau calon independen.
Pengumuman pendaftaran bakal calon wali kota Sukabumi melalui jalur perseorangan | Foto : Dok. KPU Kota Sukabumi
Sukabumi07 Mei 2024, 13:21 WIB

Bukan Parafilia Murni, Menebak Pikiran Pelajar SMP Bunuh dan Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Alasan Joko tidak meyakini kasus ini sebagai parafilia murni adalah karena terduga pelaku masih dalam kondisi pubertas.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Life07 Mei 2024, 13:15 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menikmati Hidup Walau Gaji Pas-pasan, Ini Rahasianya

cara menikmati hidup sangat mudah, yang penting setiap orang mau melakukannya dengan penuh rasa syukur dan menyenangkan
ilustrasi seseorang  menikmati hidup dengan gaji pas-pasan (Sumber : Pexels/ @Andrea Piacquadio)
Sehat07 Mei 2024, 13:00 WIB

Meredakan Gejala Pilek, Rahasia 7 Teh Terbaik yang Ciptakan Tubuh Sehat dan Bugar!

Redakan pilek bisa dengan mengonsumsi teh herbal yang memiliki khasiat luar biasa.
Ilustrasi - Redakan pilek bisa dengan mengonsumsi teh herbal yang memiliki khasiat luar biasa. (Sumber : pexels.com/@Alesia Talkachova).
Entertainment07 Mei 2024, 12:55 WIB

Rebutan Lambe Turah, Ujung Sengketa Pemilik Akun Gosip Paling Hot di Indonesia

Dengan followersnya yang mencapai 12 juta, akun medsos lambe turah menjadi kanal informasi seputar gosip paling hot di Indonesia.
Icon dan logo akun IF lambe turah (Sumber: akun lambe turah)
Kecantikan07 Mei 2024, 12:45 WIB

5 Warna Cat Kuku yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Kulit sawo matang memiliki pesona tersendiri yang memancarkan kehangatan dan keindahan alami.
Ilustrasi warna cat kuku yang cocok untuk kulit sawo matang (Sumber : pixabay.com / @bbgirl)
Life07 Mei 2024, 12:30 WIB

8 Tips Menyenangkan Orang Lain yang Membuat Citra Diri Semakin Baik

Memberi perhatian kepada orang lain dan memberikan dukungan emosional dapat meningkatkan hubungan sosial dan memberi kesan positif kepada mereka sehingga membuat citra diri semakin baik.
Ilustrasi - Tips Menyenangkan Orang Lain yang Membuat Citra Diri Semakin Baik (Sumber : Freeoik/tirachardz)
Kecantikan07 Mei 2024, 12:15 WIB

Kurang Nutrisi, Berikut 6 Penyebab Kuku Mudah Patah

kuku yang sering patah bukanlah masalah sepele. Bagi banyak orang, kuku yang rapuh dan mudah patah bukan hanya menjadi sumber frustasi.
Ilustrasi kuku yang mengalami patah (Sumber : pixabay.com/@ziounail)
Sukabumi07 Mei 2024, 12:10 WIB

Jadi Tuan Rumah Healthy Cities Summit (HCS) 2024, Kabupaten Sukabumi Bersiap

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan rakor ini untuk menyelaraskan pemahaman. Sehingga antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat selaras dan seirama.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami memimpin rapat koordinasi terkait suksesnya penyelenggaraan HCS ke 6 tingkat nasional tahun 2024 di Kabupaten Sukabumi,bertempat di Pangrango Resort (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)