Catat Tanggal dan Jamnya! Hari Tanpa Bayangan Tahun 2021 di Sukabumi

Rabu 24 Februari 2021, 07:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun 2021 ini, banyak wilayah di Indonesia termasuk Sukabumi Jawa Barat akan kembali mengalami fenomena hari tanpa bayangan. Kulminasi atau transit atau istiwa adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi  di  langit, saat  deklinasi  matahari  sama  dengan  lintang  pengamat.

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) menjelaskan Kulminasi utama adalah saat  Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di  titik  zenith.  Akibatnya,  bayangan  benda  tegak  akan  terlihat  "menghilang",  karena  bertumpuk dengan  benda  itu  sendiri.  

"Karena  itu,  hari  kulminasi  utama  dikenal  juga  sebagai  hari  tanpa bayangan," tulis BMKG dalam rilisnya, Rabu (24/2/2021).

Mengapa bisa Terjadi? Menurut BMKG karena bidang ekuator atau  bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau  bidang revolusi bumi. Sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun  antara  23,5 derajat Lintang Utara hingga 23,5 derajat lintang selatan.  

Hal  ini  disebut  sebagai  gerak  semu  harian  Matahari. "Tahun  2021 ini,  matahari  tepat  berada  di  khatulistiwa  pada 20  Maret  pukul  16.37  WIB  dan 23  September  2021  pukul  02.21  WIB.  Adapun  pada  21  Juni  2021  pukul  10.32  WIB,  matahari berada di titik balik utara dan pada 21 Desember 2021 pukul 22.59 WIB Matahari berada di titik balik selatan," tulis BMKG.

Kapan terjadinya hari tanpa bayangan? Mengingat posisi Indonesia di sekitar ekuator, kulminasi utama di wilayah Indonesia akan  terjadi  dua  kali  dalam  setahun  dan  waktunya  tidak  jauh  dari  saat  matahari  berada  di khatulistiwa.  

photoFlyer hari tanpa bayangan tahun 2021 di Indonesia - (BMKG)

Di  setiap daerah kulminasi  utama  terjadi  saat  deklinasi  matahari  sama  dengan lintang  kota  tersebut.  Untuk  Jakarta  fenomena  ini  terjadi  pada  4  Maret  2021 pukul   12.04   WIB,   dan   9 Oktober   2021 pukul  11.40  WIB.  

"Secara  umum,  kulminasi  utama tahun  2021  di  Indonesia  terjadi  antara  20  Februari  hingga 4 April 2021," tandas BMKG.

Baca Juga :

Dalam rilis ini BMKG juga memuat daftar tangan dan jam posisi kulminasi utama atau waktu hari tanpa bayangan untuk seluruh wilayah Indonesia. Dalam daftar tersebut, hari tanpa bayangan untuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya akan terjadi pada tanggal 3 Maret 2021 pukul 12:04:14 WIB, sedangkan wilayah Palabuhanratu dengan sekitarnya pada tanggal 2 Maret 2021 pukul 12:05:56 WIB.

Untuk informasi lebih lengkap soal hari bayangan tahun 2021 di Indonesia bisa dicek di situs BMKG

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)