Tips Teknologi: Agar Akun Facebook Kita Tetap Aman

Selasa 26 Juni 2018, 01:28 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tips teknologi kali ini akan membahas cara agar akun Facebook kita tetap aman. Media Facebook menjadi platform untuk menguhubungkan teman berserta kelurga. Namun pengguna harus waspada terhadap keamanan akun pribadinya, karena setiap pengguna perlu memiliki kendali terhadap data pribadinya.

Facebook telah menyediakan berbagai fitur sederhana yang memudahkan pengguna untuk melindungi akun pribadinya. Berikut tips teknologi untuk menjadi waspada di era digital menurut keterangan Facebook yang diterima Tempo, 25 Juni 2018:

1. Lakukan pemeriksaan keamanan secara rutin
Pengguna dapat menggunakan pemeriksaan keamanan untuk meninjau dan memberi keamanan tambahan pada akun. Pemeriksaan keamanan akan membantu pengguna untuk keluar dari akun Facebook di browser dan aplikasi yang sudah lama tidak digunakan.

Kemudian dapatkan notifikasi log in. Ketika pengguna mengaktifkan fitur ini, Facebook akan mengirimkan notifikasi atau peringatan melalui email. Hal itu untuk memastikan jika ada seseorang yang mencoba masuk ke akun pengguna melalui komputer atau perangkat yang tidak dikenal.

Pelajari cara melindungi kata sandi, kekuatan kata sandi lebih penting dibanding seberapa sering pengguna mengubahnya. Jangan gunakan kata sandi Facebook untuk situs online lain dan jangan pernah membagikan kata sandi kepada siapa pun. Dan pengguna harus menggunakan sandi yang sulit untuk ditebak.

2. Aktifkan fitur keamanan ekstra Facebook
Baru-baru ini, Facebook telah memperbarui fitur autentikasi dua faktor. Kini, ketika pengguna mengaktifkan autentikasi dua faktor, Facebook akan memandu untuk menjalani proses pengaktifan. Facebook akan menjelaskan cara dan memberikan pilihan untuk mendapatkan kode masuk, baik melalui pesan teks maupun aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile untuk mendapatkan kode masuk.

Autentikasi dua faktor merupakan fitur dalam memberikan keamanan tambahan untuk akun Facebook pengguna. Fitur ini memberikan keamanan tambahan pada saat pengguna mencoba masuk ke akun Facebook menggunakan perangkat baru. Facebook akan mengirimkan notifikasi atau email dengan kode khusus untuk proses masuk ke Facebook.

3. Tinjau aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Facebook pengguna
Jika menggunakan pilihan masuk dengan Facebook untuk menggunakan aplikasi lain, pengguna harus secara berkala meninjau aplikasi yang telah terhubung dengan akun Facebook. Cara ini dapat membantu memastikan bahwa pengguna hanya menghubungkan akun Facebook ke aplikasi yang dipercaya dan gunakan secara rutin.

Pengguna dapat mengunjungi halaman pengaturan aplikasi dan website di Facebook untuk meninjau semua aplikasi yang telah terhubung dengan akun Facebook. Pengguna mungkin menemukan beberapa aplikasi yang sudah tidak gunakan lagi, maka dapat dengan mudah menghapus aplikasi. Sehingga tidak ada lagi yang bisa mengakses akun Facebook selain pengguna.

4. Cari tahu tentang Log Aktivitas pengguna
Jika pengguna khawatir bahwa telah memposting atau menyukai suatu postingan secara tidak sengaja, Log Aktivitas akan membantu menenangkan pikiran. Log Aktivitas akan menampilkan semua aktivitas yang dilakukan, dimulai dengan aktivitas terbaru pengguna

Selain itu, Log Aktivitas juga akan menyimpan aktivitas Facebook berdasarkan waktu terjadinya peristiwa. Peristiwa yang disimpan termasuk postingan yang disukai, postingan yang dikomentari, permintaan teman yang diterima, tempat yang disinggahi atau foto tentang pengguna dan lain-lain.

Namun, perlu diingat bahwa hanya pengguna yang bisa melihat Log Aktivitas ini. Klik tahun tertentu yang diinginkan (di pojok kanan atas) untuk masuk ke periode tersebut. Sebaiknya pengguna meninjau Log Aktivitas secara teratur, sehingga bisa dengan cepat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)