Jalan Rusak Ancam Pengguna Jalan di Kota Sukabumi

Selasa 13 Desember 2016, 09:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Sejumlah masyarakat Kota Sukabumi mengeluh rusaknya infrastruktur jalan berstatus nasional. Satu di antara pemicu utamanya lantaran ruas jalan itu jadi perlintasan utama angkutan-angkutan barang berkapasitas besar. 

"Saya sebagai pengguna jalan terganggu dengan rusaknya kondisi jalan nasional saat ini. Bisa membahayakan kalau tidak berhati-hati," kata Yosep Taryawan (26) warga Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan, Gunungparang Kecamatan Cikole, Selasa (13/12).

Ruas jalan nasional di Kota Sukabumi yang kondisinya terpantau rusak di antaranya berada di Jalan Siliwangi, Jalan Bhayangkara, Jalan Pelabuhan II, serta Jalan KH Ahmad Sanusi.

Tingkat kerusakannya relatif cukup parah. Di beberapa titik terdapat lubang menganga dengan diameter cukup besar dengan kontur bergelombang. Ditaksir diameter kerusakannya 20 centimeter hingga dua meter, dengan kedalaman diperkirakan lima hingga 15 centimeter. Malah di beberapa titik terdapat juga lubang lebar disertai dengan banyak kerikil.

 "Apalagi kalau malam. Mana minim penerangan, di sepanjang jalan itu banyak sekali terdapat lubang," ujar mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Sukabumi itu.

Kondisi tingginya curah hujan makin memperparah kondisi kerusakan jalan. Berbagai lubang itu tertutupi air. Kondisi itu bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi pengguna sepeda motor.

"Kerusakan jalan mungkin karena jalan-jalan itu sering dilintasi truk-truk besar, seperti pengangkut pasir, truk angkutan semen, dan lainnya," jelasnya. 

Pun ruas jalan nasional menuju ke wilayah Kabupaten Sukabumi. Menurut Yosep, sejak memasuki daerah perbatasan antara Kota dan Kabupaten Sukabumi, kondisi jalan juga relatif rusak.

"Sejak masuk Kecamatan Lembursitu, jalan sudah banyak yang rusak. Mungkin juga akibat adanya galian kabel. Drainasenya jadi tidak berfungsi dengan baik. Ketika hujan, airnya meluap ke jalan, sehingga jadi cepat rusak," tuturnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).