Soal Rotasi Pejabat, Marwan-Adjo Harus Waspadai "Penjilat"

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Berbagai Aktivis Sukabumi yang salah satunya berasal dari Aktivis Solidaritas Mahasiswa Sukabumi (Somasi) mengimbau kepada Kepala Daerah Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami-Adjo Sardjono harus mewaspadai banyaknya "penjilat" yang ikut mengatur rotasi dan mutasi penjabat teras.

"Sudah pasti saat ini banyak penjilat yang mencari muka kepada Marwan-Adjo untuk meminta jabatan, ini yang harus diwaspadai, jangan sampai terpengaruh oleh orang seperti itu," kata Aktivis Somasi, Aris Rindiansyah kepada sukabumiupdate.com.

Menurutnya, Marwan-Adjo harus objektif dalam merotasi pejabat di lingkungan Pemkab Sukabumi. Hal itu mengingat pertengahan Agustus ini bupati dan wakil bupati yang baru menjabat selama enam bulan ini sudah bisa merotasi sejumlah pejabat.

Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang berada di sekeliling Marwan-Adjo melakukan "manuver" agar bisa menarik perhatian dari orang nomor satu dan dua di Kabupaten Sukabumi.

Selain itu juga bermunculan para pahlawan kesiangan yang menunjukan dirinya sebagai pendukung dan penjuang Marwan-Adjo saat bertarung di Pilkada Kabupaten Sukabumi lalu. Padahal, orang seperti itu ingin mencari keuntungan atau mengincar suatu kedudukan baik di pemerintahan maupun badan usaha yang dikelola oleh Pemkab Sukabumi

"Jangan sampai orang yang tidak punya kemampuan di tempatkan di suatu jabatan tertentu. Nantinya, bukan membangun, tetapi melainkan merusak yang sudah ditentukan," tambahnya. 

Aris mengatakan saat perotasian nanti, jangan sampai ada istilah politik balas budi. Sebab, setelah menjadi pemimpin, Marwan-Adjo bukan lagi milik segelintir orang seperti relawan maupun pendukungnya, tetapi sudah menjadi milik masyarakat Kabupaten Sukabumi.

"Intinya harus berani menolak para pembisik/penjilat. Baik untuk kepentingan seseorang ataupun untuk menitipkan orang lain," katanya.

Sementara, Wakil Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Sukabumi (PB Himasi) Dede Abdul Latief menambahkan alangkah baiknya Marwan-Adjo dalam memilih pembantunya di kabinetnya harus melalui berbagai pemilihan secara terbuka, agar seluruh warga Kabupaten Sukabumi tahu siapa saja yang layak untuk menduduki jabatan baik di organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan lain-lain.   

"Dengan pemilihan pejabat yang akan menduduki jabatannya sebagai pembantu Marwan-Adjo nanti dalam menjalani roda pemerintahnnya, harus benar-benar diisi oleh orang yang berkompeten," katanya.

Sebelumnya, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami secara tegas tidak akan ada politik balas budi dalam proses rotasi nanti, ia akan memilih orang-orang yang mempunyai kepotensi tinggi, jujur dan mampu menjalan visi dan misinya sesuai dengan tugasnya masing-masing.

"Saya akan menilai secara realitis dalam menempatkan seseorang sesuai dengan kemampuan. Jika tidak layak buat apa dipaksakan menduduki jabatan. Saya akan pilih orang yang mempunyai kinerja baik, mentalitas dan loyalitas dan yang terpenting sekarang kerja saja dulu dan tunjukan kemampuannya," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking