TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Sejumlah Pekerjaan ASN akan Digantikan Teknologi, Ini Kata Sekda Kabupaten Sukabumi

Fitriansyah
Penulis
Selasa 4 Okt 2022, 17:05 WIB
Sejumlah Pekerjaan ASN akan Digantikan Teknologi, Ini Kata Sekda Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Semua kegiatan rutin di pemerintah akan digantikan teknologi digital, termasuk di Kabupaten Sukabumi. Ini memicu perubahan tatakelola di tatanan pemerintahan, khususnya terkait sejumlah pekerjaan atau tugas pelayanan rutin yang selama ini dilakukan oleh ASN (Aparatur Sipil Negara).

Untuk itu semua level pemerintah harus menyiapkan tantangan dari perkembangan pesat teknologi digital. Ini salah satu poin utama dari pelatihan digital leadership academy (DLA) di Gedung Sate, Bandung, Selasa, 4 Oktober 2022, yang diikuti oleh 27 perwakilan kota dan kabupaten se Jawa Barat. 

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan National University of Singapore (NUS) ini mengusung tema " Digital Transformation : smart city bagi pimpinan daerah se-Jawa Barat".

Program Digital Leadership Academy (DLA) digelar untuk menciptakan para pemimpin dari sektor publik supaya menjadi SDM digital unggulan yang kemudian memilili kapasitas untuk membawa transformasi digital Indonesia semakin maju.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, teknologi digital terus berkembang pesat karena itu memicu perubahan tatakelola di tatanan pemerintahan. Salah satunya, semua kegiatan rutin di pemerintahan bisa digantikan secara digital.

"Semua yang aktivitas rutin akan digantikan oleh teknologi, seperti pengaduan dan lainnya. Jadi teliti serta fahami Standard Operating Procedure dan tupoksi semuanya," ujar Gubernur Jabar dikutip dari akun resmi Pemkab Sukabumi dihari yang sama.

Demikian juga di Jawa Barat, Lanjut Kang Emil,  dilakukan reformasi PNS dengan memaksimalkan teknologi. Sehingga, PNS tidak hanya melakukan pekerjaan rutin. Sebab, mereka dituntut bekerja secara dinamis dan mengadaptasi perkembangan teknologi.

"Semua terus dilakukan digitalisasi artinya  tupoksi yang rutin akan dikonversikan," tambahnya.

Baca Juga :

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman yang hadir dalam acara penting tersebut, mengatakan, pemda sedang mempersiapkan agenda tatakelola pemerintahan dan layanan publik berbasis digital. 


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini