Peneliti Temukan Lubang Alien Misterius di Dasar Laut

Senin 01 Agustus 2022, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Para peneliti lautan telah menemukan serangkaian lubang alien misterius yang berjajar sempurna di dasar laut kira-kira 1,6 mil (2,6 kilometer) di bawah permukaan laut.

Namun, mereka tidak mengetahui siapa atau apa yang membuat lubang alien misterius tersebut. 

Lubang misterius dan aneh itu ditemukan oleh awak kapal Okeanos Explorer National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) saat mereka menyelidiki Mid-Atlantic Ridge, sebuah wilayah dasar laut yang sebagian besarnya belum dijelajahi.

photoLubang Misterius - (NOAA)</span

Lubang-lubang tersebut membentuk garis lurus dan muncul pada jarak yang berulang secara teratur dan dikelilingi oleh gundukan kecil sedimen. 

Baca Juga :

Penemuan itu pun sebenarnya bukan merupakan yang pertama kalinya, sebab dua ilmuwan kelautan dari US National Marine Fisheries Service juga melihat lubang misterius di dasar laut selama penyelaman pada tahun 2004.

"Lubang-lubang ini sebelumnya telah dilaporkan dari wilayah tersebut, tetapi asal-usulnya masih menjadi misteri," tulis para peneliti NOAA, seperti dikutip dari livescience.com, Senin (1/8/2022).

Pada tahun 2004, para ilmuwan mengusulkan bahwa organisme yang hidup di atau menyaring sedimen dasar laut membuat lubang, tetapi karena tidak ada yang melihat makhluk seperti itu membuat lubang, asal-usul pastinya tidak diketahui. 

Spekulasi publik di bawah halaman Facebook posting NOAA sangat beragam — dari retakan di permukaan lantai yang dibuat oleh gas yang keluar, hingga kerajinan manusia bawah air yang menggali harta karun, hingga semut, alien, dan bahkan bintang laut yang melakukan jungkir balik.

Misteri yang belum terpecahkan ini mengingatkan kita pada ‘jalan bata kuning’ bawah air ke Atlantis yang ditemukan oleh penjelajah laut di puncak gunung bawah laut dekat Hawaii pada bulan Mei. 

Para ilmuwan menjelaskan penemuan itu - mereka menduga bahwa pemanasan dan pendinginan dasar laut di beberapa letusan gunung berapi menciptakan jalur yang aneh.

Apa yang menciptakan lubang, di sisi lain, mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diketahui. 

Para peneliti akan terus menjelajahi wilayah tersebut hingga September sebagai bagian dari ekspedisi Voyage to the Ridge 2022.

Penjelajahan tersebut bertujuan untuk memetakan terumbu karang dan habitat spons di kawasan itu bersama dengan mempelajari ventilasi hidrotermal di kawasan itu dan zona rekahan dan keretakan. Mungkin jika mereka beruntung, mereka mungkin akan menangkap pembuat lubang yang sedang beraksi.

Baca Juga :

SOURCE: LIVESCIENCE

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Maret 2024, 20:17 WIB

Pasien DBD Di RSUD Jampang Kulon Sukabumi Alami Peningkatan Kasus

Seksi Pelayanan Medis RSUD Jampangkulon, dr. Lastri Asmuniati mengatakan dari data bulan Desember 2023 hingga bulan Februari 2024, kasus Dengue memang ada kenaikan.
Pasien DPD di RSUD Jampang Kulon alami peningkatan kasus | Foto : Ragil Gilang
Life04 Maret 2024, 20:00 WIB

Tes Kepribadian: Pilih Satu dari 4 Hewan Ini dan Akan Ungkap Siapa Anda Sebenarnya

Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia.
Ilustrasi - Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia. (Sumber : Jagran Josh).