9 Jenis Kucing Besar di Alam, Salah Satunya Menampakan Diri di Cicantayan Sukabumi

Kamis 21 Juli 2022, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi mengaku melihat hewan berupa kucing besar yang diduga harimau. Mereka melihat hewan tersebut saat berada di lahan garapan di lahan milik PT Indocement di Kampung Selagombong, Desa Sukadamai.

Kepala Desa (kades) Sukadamai Rudi Hartono menyatakan, lokasi warga melihat hewan itu berada di Gunung Pasir Kantong atau Gunung Batu Aseupan.

Rudi menyatakan sudah tujuh orang yang melihat hewan tersebut namun diwaktu yang berbeda. “[Sudah] tujuh orang,” kata Rudi.

Baca Juga :

Soal Penampakan Diduga Harimau di Cicantayan Sukabumi, Kades: Warga Cemas

Lalu, apakah hewan tersebut merupakan Harimau atau kucing besar lain yang hidup di kawasan tersebut? Mengingat ada banyak spesies kucing besar yang hidup di alam.

Melansir dari Mongabay, Saat ini, ada sekitar 38 spesies kucing di Bumi, yang sebagian besar berukuran relatif kecil. Namun begitu, ada beberapa jenis seperti singa, harimau, macan tutul, macan tutul salju, macan dahan, jaguar, lynx, dan cheetah yang ukurannya besar. Kucing-kucing itu begitu dikenal oleh masyarakat luas.

Perbedaan utama antara kucing besar dengan sebagian besar sepupunya yang berukuran kecil adalah pada suara. Kucing kecil mendengkur; kucing besar (Kecuali cheetah, lynx, dan macan tutul salju) mengaum.

Berikut sembilan jenis kucing besar yang hidup di alam menurut mengutip dari Live Science

1. Harimau

photoIlustrasi harimau sumatera. - ( (Shutterstock))</span

Harimau yang memiliki nama latin ‘Panthera tigris’ adalah spesies kucing terbesar. Kucing bergaris ikonik ini juga tumbuh hingga 13 m dan beratnya bisa mencapai 300 kg. Menurut World Wildlife Fund itu tiga kali lebih berat dari puma terberat sekalipun.

Harimau terutama hidup di hutan Asia tropis, termasuk India dan Indonesia, meskipun mereka juga dapat ditemukan di iklim yang lebih dingin di timur jauh Rusia dan pegunungan Bhutan.

2. Macan Tutul

photo Macan tutul. - (via factsofindonesia.com)</span

Macan tutul adalah predator yang pandai sembunyi, tersebar di sebagian Afrika dan Asia. Mereka biasanya tumbuh hingga 1,9 meter. Mereka juga dapat memiliki berat hingga 75 kilogram.

Macan tutul terkadang diserang dan dibunuh oleh kucing besar lainnya yang melihat mereka sebagai bagian dari persaingan untuk mendapatkan makanan, termasuk singa di Afrika dan harimau di Asia.

3. Singa

photoIlustrasi singa jantan. - (Freepik.com/wirestock.)</span

Singa adalah spesies kucing terbesar kedua di dunia dan sering disebut “raja hewan” atau “raja hutan”. Mereka adalah kucing yang paling sosial dan hidup dalam kelompok.

Singa jantan lebih besar dari betina dan memiliki surai berbulu yang membuatnya berbeda dari kucing besar lain. Sang jantan dapat mencapai panjang 3 m, termasuk ekornya, dan berat hingga 250 kg.

Populasi singa memang menurun dan mereka dapat ditemukan di sebagian besar negara Afrika sub-Sahara, seperti Botswana, Tanzania, dan Republik Afrika Tengah.

4. Jaguar

photoJaguar - (Unplash Ramon Vloon)</span

Jaguar atau ‘Panthera onca’ merupakan kucing terbesar di benua Amerika. Mereka tinggal di Amerika Utara, Tengah, dan Selatan tetapi sebagian besar tinggal di hujan Amazon.

Jaguar kadang-kadang terlihat dekat dengan perbatasan Meksiko di Amerika, tetapi sebagian besar manusia telah menghilangkan kucing besar dari jangkauan utama historis mereka, termasuk Arizona dan New Mexico.

Jaguar tumbuh menjadi 1,5 hingga 1,8 m, panjangnya bisa mencapai 2,7 m. Beratnya bisa mencapai hampir 160 kg.

5. Puma

photoPuma - (iStock)</span

Puma atau ‘Puma concolor’ adalah kucing besar yang paling tersebar luas di Amerika dan memiliki banyak nama lain, seperti cougar, singa gunung, dan panther.

Mereka dapat ditemukan dari Alaska selatan dan Kanada di bagian barat Amerika Utara, hingga Chile bagian selatan, di ujung Amerika Selatan.

Jangkauan mereka dulunya jauh lebih besar tetapi mereka dimusnahkan dari bagian timur Amerika Utara oleh manusia, hanya tersisa populasi kecil yang berada di Florida.

6. Cheetah

photoCheetah - (Unplash David Groves)</span

Cheetah, kucing dengan nama ltin ‘Acinonyx jubatus’ adalah hewan darat tercepat di Bumi dan dapat berlari hingga 112 km/jam. Mereka adalah kucing yang cukup besar, mampu tumbuh sepanjang 2,3 m, termasuk ekornya. Cheetah biasanya memiliki berat antara 34 hingga 57 kg.

Cheetah terutama ditemukan di utara, timur, dan selatan Afrika. Mereka juga hidup di Asia tetapi spesies ini hampir punah di sana kecuali populasi kecil di Iran.

7. Macan Tutul Salju

photoMacan Tutul Salju - (iStock)</span

Macan tutul salju (Panthera uncia) adalah kucing yang sangat sulit ditangkap, hidup di pegunungan Asia Tengah. Macan tutul salju berada dalam genus Panthera yang sama dengan macan tutul dan kucing besar lainnya, seperti singa, karena mereka berkerabat dekat.

Macan tutul salju tumbuh hingga 1,3 m, panjang dari kepala ke pantat. Jika ekornya ikut dihitung menjadi 2.3 m. Beratnya bisa mencapai 54 kg.

8. Lynx

photoLynx - (Unplash Zden?k Machá?ek)</span

Lynx adalah kucing liar dengan jumbai bulu hitam di telinga, ekornya pendek. Mereka ditemukan di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Bobcats yang terkecil dari empat spesies lynx, hanya sekitar dua kali ukuran kucing rumahan, tetapi lynx lainnya jauh lebih besar.

Lynx Eurasia atau Lynx lynx adalah spesies lynx terbesar yang panjangnya mencapai 1,3 m dan berat hingga 36 kg.

9. Macan Dahan

photoMacan Dahan - (Unplash Erik-Jan Leusink)</span

Macan dahan (Neofelis nebulosa) berbeda dengan macan tutul , seperti nama umumnya, tetapi spesies kucing yang terpisah. Mereka bertubuh lebih kecil daripada macan tutul dan kucing besar lainnya. Macan dahan dapat tumbuh hingga panjang 1 meter dan berat hingga 25 kilogram.

Populasinya meluas dari Nepal, melalui Asia Tenggara, dan ke China. Namun, populasi mereka terfragmentasi dan menurun karena aktivitas manusia seperti penggundulan hutan dan perburuan ilegal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)