bankbjb

Sederet Fakta Menarik Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

Senin 11 Jul 2022, 21:00 WIB
Sederet Fakta Menarik Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang Merkurius, planet yang paling dekat dengan matahari? Apakah disana manusia bisa tinggal di planet yang dikenal sebagai planet dengan suhu paling ekstrim di Tata Surya tersebut?

Jika kamu salah satu yang memiliki ketertarikan dengan planet merkurius maka kamu dapat wajib menyimak sederet fakta mengenai planet ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Merupakan Planet dengan Fluktuasi Suhu Paling Ekstrim di Tata Surya

photoIlustrasi Merkurius, Planet Paling Dekat dengan Matahari - (Freepik)</span

Fakta pertama yang tentunya menarik dari Merkurius adalah suhunya. Planet yang paling dekat dengan matahari ini memiliki fluktuasi suhu paling ekstrim dari semua planet yang ada di Tata Surya. 

Melansir dari NASA, pada siang hari suhu di merkurius bisa mencapai 800 derajat fahrenheit, sedangkan pada malam hari turun hingga mencapai -290 derajat fahrenheit. 

Suhu panas tersebut diketahui dapat melelehkan timah lho.

2. Merupakan Planet Terkecil di Tata Surya

Penurunan status pluto sebagai planet kerdil pada tahun 2006 lalu,  membuat Merkurius menempati posisi sebagai planet paling kecil di Tata Surya. 

Melansir dari facts.net, diameter merkurius sekitar 3.030 mil. Sebagai perbandingan, ukuran ini kira-kira sama dengan ukuran daratan Amerika Serikat . 

3. Merkurius Mengorbit Matahari Lebih Cepat dari Planet Lain

Fakta Merkurius berikutnya yang menarik memberitahu kita tentang seberapa cepat orbitnya. Selama orbitnya, planet ini bisa sedekat 29 juta mil ke Matahari dan pada jarak terjauhnya bisa 43 juta mil dari Matahari.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini