10 Spot Bertelur Penyelamat Lautan di Sukabumi, Hari Kura-kura dan Penyu Sedunia

Senin 23 Mei 2022, 18:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini, 23 Mei 2020 didedikasikan untuk sang penyelamat lautan, sebagai hari kura-kura dan penyu sedunia. Sukabumi dan banyak pantai di pesisir selatan Indonesia lainnya, adalah spot pendaratan atau tempat bertelur penyu hijau, satu diantara jenis penyu dilindungi.

Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat infografis menarik terkait manfaat satwa yang satu ini bagi kelestarian lingkungan, khususnya sea atau lautan. 

"Hai #SahabatBahari tahu ga sih dari 7 penyu yang ada di dunia, 6 diantaranya hidup di perairan Indonesia lho! Selain itu, penyu juga dijuluki sebagai penjaga sumber daya laut. Namun, sangat disayangkan keberadaan penyu ini mulai terancam. Di momentum ini, Mimin mau ajak #SahabatBahari untuk sama-sama menjaga kelestarian ekosistem penyu untuk menjaga kesehatan laut kita

Selamat Hari Kura-Kura dan Penyu Sedunia ," tulis admin facebook Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), 23 Mei 2022.

photoInfografis hari kura-kura dan penyu sedunia, 23 Mei 2022 - (akun facebook Kementerian Kelautan dan Perika)</span

KKP menyebut keberadaan Penyu sangat kesehatan laut. Sedikitnya ada 5 fungsi penyu bagi sumber daya kelautan, yaitu;

-Menjaga keberlangsungan hidup lamun dan rumput laut

-Dengan merumput penyu membantu menambah nutrisi dan produktivitas lamun

-Mengontrol ekosistem spon dari terumbu karang

-Menjaga fungsi terumbu karang tetap produktif

-Mencegah meledaknya populasi ubur-ubur

Begitu berharganya penyu bagi laut, dan tentunya manusia, karena hasil laut tergantung dari lima tugas penyu yang sudah disebutkan tersebut. KKP menegaskan ada 7 jenis penyu di dunia, enam diantaranya hidup di perairan Indonesia, pesisir selatan Kabupaten Sukabumi salah satunya.

photoTukik atau anak penyu hijau menuju lautan di Pantai Pangumbahan Sukabumi - (istimewa)</span

Pantai di wilayah Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi seperti Pangumbahan dan sekitarnya adalah tempat pendaratan, bertelur dan berkembang biak penyu hijau (Chelonia Mydas). Salah satu penyu yang terancam punah jika tidak dijaga.

Pangumbahan bahkan menjadi salah satu destinasi unggulan untuk isu pelestarian lingkungan dan wisata bagi Kabupaten Sukabumi. Tak heran jika penyu hijau kemudian menjadi salah satu icon Kabupaten Sukabumi, banyak patungnya tersebar di wilayah ini.

Baca Juga :

Ternyata ada beberapa titik pendaratan Penyu hijau di luar pantai konservasi Pangumbahan yang dikelola Balai Pengawasan dan Konservasi Sumber daya Kelautan dan Perikanan wilayah selatan. Penyu hijau naik ke darat dan bertelur bukan hanya di wilayah konservasi Pangumbahan, namun ada sejumlah titik lainnya yang masih di pantai pesisir selatan Sukabumi, yaitu di Hujungan, Legon Mata Hiang, Karang Dulang, Citireum, Pandan Jangkung, Karang Cantigi, Cibuaya, Cibulakan, dan Cikeupeuk.

Semuanya berada di kawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Suaka Margasatwa Cikepuh di Kecamatan Ciracap, dan Kecamatan Ciemas. Luas wilayah Suaka Margasatwa Cikepuh, mencapai 8.541 Hektar yang berada di Kecamatan Ciracap, dan Kecamatan Ciemas, serta empat desa, yaitu Pangumbahan, Gunungbatu, Sidamulya, dan Mandrajaya. 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sehat21 Juni 2024, 09:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Asam Lambung, Dijamin Efektif Cegah Perut Sakit

Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung.
Ilustrasi. Pengobatan rumahan ini dapat membantu mengatasi asam lambung. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Life21 Juni 2024, 08:30 WIB

15 Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini!

Saat Anda berhadapan dengan seseorang yang menggunakan gaslighting sebagai alat manipulasi, perhatikan baik-baik apa yang dilakukannya, bukan kata-kata yang dipilihnya.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Apakah Anda Korban Gaslighting, Renungi Pernyataan Psikologis Ini! (Sumber : Pexels/ChristinaMorillo)
Food & Travel21 Juni 2024, 08:00 WIB

9 Makanan Manis Ini Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

Meskipun tidak mengandung kalori, beberapa pemanis buatan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Penggunaan berlebihan harus dihindari oleh penderita gula darah tinggi.
Ilustrasi. Makanan Manis yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik/@timolina)
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)