Komite Paralimpiade Ajukan Rp 38 Miliar Untuk Pelatnas 2020

Senin 13 Januari 2020, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia memprediksi kebutuhan dana pemusatan latihan nasional (pelatnas) paralympic pada 2020 sebesar Rp 38 miliar. Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan alokasi anggaran itu untuk membiayai persiapan atlet yang diproyeksikan tampil di ASEAN Paragames 2020 Filipina dan Paralimpiade 2020 Tokyo.

"Saat ini tahap finalisasi proposal secepatnya bakal diserahkan ke Kemenpora," kata Rima kepada Tempo, Senin, 13 Januari 2020.

Menurut Rima, anggaran yang diajukan ke pemerintah untuk membiayai kebutuhan 16 cabang olahraga yang masih menjalani Pelatnas terpusat di Kota Solo, Jawa Tengah. Ia menyebutkan bahwa ada 300 atlet yang diproyeksi untuk mengikuti ASEAN Paragames 2020. "Untuk sementara kebutuhan anggaran masih ditalangi oleh NPC," kata dia.

Rima mengatakan keputusan Panitia Penyelenggara ASEAN Para Games (PHILAPGOC) menunda penyelenggaraan dari 18-24 Januari menjadi 20-28 Maret 2020 menjadi kendala bagi beberapa atlet. Menurut dia, jadwal ASEAN Paragames itu bersamaan dengan beberapa ajang kualifikasi untuk meraih tiket tampil Paralimpiade 2020. "Beberapa cabang yang bakal mengutamakan kualifikasi Paralimpiade yakni tenis meja dan bulu tangkis, apalagi ini multievent terbesar yang digelar empat tahun sekali," ungkap dia.

Kendala lain, menurut Presiden National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), Senny Marbun menyebutkan memasuki musim hujan sedikit mengganggu kegiatan Pelatnas atlet NPC untuk persiapan ASEAN Para Games (APG) 2020 di Filipina, pada Maret mendatang.

"Kegiatan Pelatnas yang dipusatkan di Kota Solo, dengan cuaca hujan saat ini, cukup berpengaruh terutama yang berlatih di lapangan atau outdoor untuk tetap menjaga kondisi atlet tetap fit dan sehat," kata Senny Marbun.

Menurut Senny jika dipaksakan untuk latihan dalam kondisi hujan lama-lama para atlet bisa terganggu kesehatannya atau sakit.

Kendati demikian, para atlet NPCI yang telah dipersiapkan untuk APG Filipina hingga sekarang masih bersemangat dan kondisi tetap fit meski waktu laga diundur hingga 20 Maret mendatang.

Menurut dia, para atlet NPCI yang agak terpengaruh dalam Pelatnas tersebut terutama cabang olahraga atletik, goalball, balap sepeda, dan panahan, sedangkan renang tidak terpengaruh. Mereka tetap berlatih dengan semangat untuk meraih prestasi yang terbaik untuk negara.

Para atlet pelatnas NPC jika tidak bisa mengadakan kegiatan latihan di lapangan terbuka, mereka bisa dialihkan ke indoor seperti kegiatan fitnes di ruangan.

"Kami yang menunggu dua bulan ke depan ini, waktunya digunakan untuk mematangkan tehnik dan strategi atlet, sebelum mereka diberangkatkan ke Filipina," katanya.

Selain itu, para atlet untuk menghindari kebosanan dalam kegiatan Pelatnas, pelatih juga melakukan permainan dengan game-game, dan kegiatan pengajian atau ibadah kebaktian. Hal ini, untuk mengantisipasi agar atlet tidak bosan.

NPCI pada APG Filipina akan memberangkatkan sebanyak 300 atlet baik putra maupun putri yang bakal turun di 16 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di APG Filipina.

Sebanyak 16 cabang olahraga di ASEAN Para Games 2020 tersebut antara lain panahan, renang, balap sepeda, judo, goalball, angkat berat, basket, tenis meja, catur, boccia, bola voli, para triatlon, atletik, badminton, dan tenis.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)