Sukabumi Tuan Rumah Arung Jeram PON XXI, Atlet 7 Provinsi Berlaga di Sungai Citarik

Senin 25 September 2023, 15:36 WIB
Kontingan putri Jawa Barat berlatih di Sungai Citarik Sukabumi menuju babak kualifikasi PON XXI (Sumber: istimewa/FAJI Jabar)

Kontingan putri Jawa Barat berlatih di Sungai Citarik Sukabumi menuju babak kualifikasi PON XXI (Sumber: istimewa/FAJI Jabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI cabang Olahraga Arung Jeram berlangsung di sungai Citarik Kabupaten Sukabumi. Pertandingan zona 2 diikuti oleh kontingen dari 7 provinsi termasuk atlet tuan rumah yang memperkuat Jawa Barat.

Pertandingan babak kualifikasi dimulai dengan Opening Ceremony yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengurus Besar FAJI Mayjen TNI Marinir ( Purn ) Saud F Tambatua, pada Senin (25/9/2023).

Dalam sambutannya Saud F Tambatua menegaskan soal sportivitas dan kelestarian lingkungan. "Untuk atlet yang akan bertanding junjung tinggi sportivitas, selamat berlomba serta yang terpenting jaga kesehatan dan keselamatan semua" tegasnya dikutip dari akun resmi Pemkab Sukabumi.

Ia juga mengingatkan jika arus sungai citarik saat ini tengah mengecil akibat kemarau. Akan tetapi tetap punya jeram-jeram dengan resiko tinggi bagi keselamatan. "Arus sungai saat ini memang sedang kecil tapi harus tetap diwaspadai, karena sungai sekecil apapun kalau kita lupa diri itu akan membawa bencana" tandasnya.

Baca Juga: Luapan Sungai Citarik Rusak Rumah, Warga Palabuhanratu Sukabumi Mengungsi

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan babak kualifikasi ini menjadi kegiatan olahraga yang didesain, diorganisir dan diimplementasikan dengan sustainable sport event (prinsip-prinsip keberlanjutan). Oleh karena itu, dalam ikhtiar suksesnya event ini, seluruh pb provinsi, panitia pelaksana, atlet, dan official yang terlibat diharapkan untuk turut-serta pula dalam meminimalisir terjadinya dampak negatif.

"Saya berpesan kepada rekan-rekan atlet, pelatih dan official arung jeram untuk memperhatikan betul bagaimana kondisi sungai yang akan dihadapi nanti sehingga dapat menentukan strategi terbaik guna mencapai target yang telah ditetapkan

Sementara itu, FAJI mulai menggelar babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara 2024. Kejuaraan yang masuk dalam Klasifikasi E ini akan dibagi dalam tiga zona dengan waktu pelaksanaan yang berbeda.

Zona I yang terdiri dari wilayah Sumatera akan menjadi yang pertama menggelar babak kualifikasi ini. Diikuti oleh enam Pengprov Arum Jeram, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bengkulu, dan Lampung, perlombaan akan mengambil tempat di Sungai Batang Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat pada 17-26 Agustus 2023.

Baca Juga: Juara Dunia Rafting 2022 dan Kisah Sungai Citarik di Cikidang Sukabumi

Kemudian, kualifikasi berlanjut ke zona III untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Pelaksanaan babak kualifikasi di zona ini akan berlangsung dalam medio 30 Agustus – 8 September 2023, di Sungai Nimanga, Minahasa, Sulawesi Utara. Pra-PON di zona III akan diikuti oleh Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Pelaksanaan babak kualifikasi di zona II akan menjadi yang terakhir digelar akan diikuti oleh wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, perlombaan yang memperebutkan tiket tampil di PON XXI Sumut-Aceh 2024 ini akan berlangsung di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat, hingga 30 September 2023.

Zona II ini akan diikuti oleh delapan pengprov yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, serta Nusa Tenggara Barat. Kontingen provinsi tuan rumah, Aceh dan Sumatera Utara tidak wajib mengikuti pertandingan Babak Kualifikasi PON ini.

Pra PON ini akan mempertandingkan empat disiplin lomba, yakni sprint, head to head, slalom, dan downriver race (DRR). Sprint merupakan nomor yang memperlombakan kecepatan dalam mendayung dalam jarak pendek dengan sistem pelepasan start satu per satu tim.

Head to head memperlombakan adu kecepatan dalam mendayung dalam jarak pendek dengan start berpasangan. Perlombaan H2H ini menggunakan sistem gugur.

Sedangkan slalom melintasi rintangan berupa gawang yang ditempatkan di bagian lintasan sungai yang diarungi pada jarak 200-300 meter. Terakhir, DRR memperlombakan kecepatan tim dalam mendayung perahu pada jarak jauh (jarak tempuh 20-60 menit).

Pada perlombaan ini, ada empat kelas perlombaan yang digelar yakni perahu karet awak empat (R4) Putra dan Putri, lalu perahu karet awak enam (R6) Putra dan Putri.

Mereka yang menempati peringkat 1-3 tim putra (R4/R6) dan peringkat 1-3 tim putri (R4/R6) di Zona I (Sumatera) berhak lolos ke PON. Untuk Zona II (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara) tiket PON akan diberikan kepada peringkat 1-4 tim putra (R4/R6), peringkat 1-4 tim putri (R4/R6), serta peringkat lima putra dan peringkat lima putri khusus untuk R4.

Untuk Zona III (Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua) tiket PON diberikan sama dengan jumlah kualifikasi di Zona I, yakni peringkat 1-3 tim putra (R4/R6) serta peringkat 1-3 tim putri (R4/R6). Total ada 128 tiket yang terdiri dari masing-masing 64 tiket tim putra (R4/R6) dan 64 tiket tim putri (R4/R6).

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Internasional23 Juli 2024, 19:32 WIB

Mengenal Kimberly Cheatle, Wanita Hebat Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat

Kimberly Cheatle adalah seorang petugas penegak hukum yang telah menjabat sebagai direktur ke-27 Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat
Kimberly Cheatle: Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat | Foto : kob.com