Atlet Cikidang Juara Dunia Arung Jeram 2022, Bupati: Sukabumi Semakin Dikenal

Senin 06 Juni 2022, 18:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan atlet arung jeram asal Kecamatan Cikidang yang berhasil menjadi juara World Rafting Championship atau WRC 2022 di Bosnia Herzegovina. 

"Keberhasilan para atlet arung jeram ini, membuat saya sangat bangga. Keberhasilan itu juga membuat nama Indonesia termasuk Kabupaten Sukabumi semakin dikenal di kancah dunia," kata Marwan di Pendopo, Sukabumi, Senin (6/6/2022).

Baca Juga :

Total ada 3 medali emas yang didapat junior women Indonesia di WRC 2022 Bosnia Herzegovina. Medali itu didapat dari nomor Head to Head (H2H), nomor Slalom kemudian nomor Down River Race (DRR). Sedangkan pada nomor sprint, tim women junior Indonesia hanya berada di peringkat 4.

Nomor Sprint, H2H dan slalom diselenggarakan 27 Mei-29 Mei di Sungai Vbras, Banjaluka. Kemudian nomor Down River Race (DRR) dilaksanakan di Sungai Tara, Foca, Rabu, 1 Juni 2022. 

Tim women junior terdiri dari 5 atlet yaitu Lista Natasya Peniawati, Selawati Solihin, Siti Nurranti, Wulanda Putri Febriana dan Diana Lapanda kemudian pelatih Aceng Supendi serta ofisial Nita Karlina.

Gelar juara umum di ajang internasional ini merupakan yang kedua kalinya diperoleh tim junior women Indonesia. Sebab tim junior women Indonesia merupakan juara World Rafting Championships (WRC) 2019 di Tully River, Australia.

"Melihat perjalanan atlet ini sangat luar biasa. Ini menjadikan satu kebanggaan bagi Kabupaten Sukabumi. Apalagi mereka secara terus menerus meraih juara umum di tingkat dunia," tuturnya. 

Marwan menyatakan, keberhasilan ini tentu saja atas pembinaan yang terus dilakukan oleh para pelatih dan KONI Kabupaten Sukabumi

Untuk itu Marwan mengajak masyarakat untuk melestarikan sungai  tempat pusat  berlatih Arung jeram di Sukabumi yakni Sungai Citarik yang berada di wilayah Kecamatan Cikidang

"Jadi, tak hanya pembinaan yang terus menerus. Sungai Citarik yang menjadi tempat mereka berlatih pun harus dijaga. Sungai ini menjadi aset yang tak bisa tergantikan Sebab tidak semua daerah memiliki tempat yang laik untuk berlatih arum jeram," jelasnya. 

Sementara itu, kapten women junior Selawati Solihin (20 tahun) asal Kampung Ciawitali, Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, mengaku senang dan bangga atas raihan prestasi dan bisa mempertahankan juara dunia secara berturut-turut.

"Alhamdulillah, kita bisa mempertahankan juara umum dengan hasil yang maksimal dan memuaskan. Sebenarnya, kita sudah memegang juara dunia peringkat ketiga dari 2015. Sementara juara dunia peringkat pertama dari 2019-2022, dan akhirnya sekarang kita berhasil lagi meraih juara umum dengan raihan tiga medali emas pada WRC 2022 di Bosnia itu," ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)