TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Menang Sengketa Porprov Jabar, Cabor Layar Kabupaten Sukabumi Raih 4 Medali Emas

Delapan atlet layar Kabupaten Sukabumi bertanding di Pantai Barat Pangandaran dalam Porprov XIV Jabar 2022.

Sabtu 19 Nov 2022, 17:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sidang sengketa perolehan medali emas cabang olahraga (cabor) layar Porprov XIV Jabar 2022 yang diajukan kontingen Kabupaten Sukabumi selesai dilaksanakan pada Sabtu (19/11/2022). Sidang yang dimulai pada Jumat malam itu memutuskan tiga atlet Kabupaten Sukabumi berhak memperoleh medali emas.

Sidang sengketa dilaksanakan di gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat di Jalan Padjajaran Nomor 37A, Cicendo, Kota Bandung. Sidang dipimpin tiga dewan hakim, satu panitera, dan dihadiri perwakilan tergugat serta pengurus KONI Jawa Barat cabor layar atau Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Jawa Barat.

Ketua dan pengurus KONI Kabupaten Sukabumi serta atlet layar kontingen Kabupaten Sukabumi turut menghadiri sidang tersebut. Diketahui, delapan atlet layar Kabupaten Sukabumi bertanding di Pantai Barat Pangandaran dalam Porprov XIV Jabar 2022. Hasil final pada 17 November 2022, para atlet meraih empat medali emas, dua perak, satu perunggu.

Namun, diduga ada kesepakatan pembagian medali yang dilakukan kota/kabupaten lain. Hasil kesepakatan itu membuat tiga medali emas layar kontingen Kabupaten Sukabumi dialihkan untuk Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Tasikmalaya.

"Sidang gugatan sudah ketuk palu. Alhamdulillah kontingen Kabupaten Sukabumi cabang olahraga layar kembali mendapatkan haknya, menambah tiga emas dan satu perak," kata Ketua Porlasi Kabupaten Sukabumi Nasrudin Sumitrapura kepada sukabumiupdate.com, Sabtu.

Ketiga medali emas yang semula dialihkan untuk daerah lain adalah kelas RS One milik Kahea Abdillah Zulfikar, kelas Optimist A putra atas nama Haikal Agustian, dan kelas Optimist A putri atas nama Lulu Zahra Maharani. Sementara medali perak yang semula juga diberikan ke daerah lain adalah milik Aldi Sopiandi kelas Laser 4'7. 

"Jadi total perolehan medali cabor layar menjadi empat emas, dua perak, dan satu perunggu. Hasil gugatan sengketa diputuskan Sabtu pukul 13.12 WIB," kata Nasrudin.

"Terima kasih kepada semua atlet layar putra dan putri yang telah berjuang dan berhasil melampaui target perolehan medali emas. Juga kepada pengurus KONI dan Porlasi Kabupaten Sukabumi, termasuk pelatih dan ofisial, serta tentu Pemkab Sukabumi," imbuh Nasrudin yang juga anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PDI Perjuangan.

#SHOWRELATEBERITA


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x