Sugoi! 7 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Ini Wajib Kamu Coba

Selasa 21 Desember 2021, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aplikasi Belajar menjadi salah satu cara untuk mendapatkan materi pelajaran dengan mudah dan cepat, salah satunya bahasa asing.

Dikarenakan kesibukan dan biaya kursus yang cukup tinggi, menjadikan Aplikasi Belajar sebagai salah satu sarana belajar bahasa asing.

Meskipun tidak sedetail materi pada kursus, Aplikasi Belajar tetap menyediakan fitur-fitur menarik yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa asing penggunanya.

Hingga saat ini, terdapat banyak Aplikasi Belajar Bahasa Asing yang kompatibel untuk perangkat Smartphone. Berikut ini, tujuh Aplikasi Belajar Bahasa Asing yang wajib kamu coba.

1. Cake

photoCake - (Google Play Store)

Cake merupakan aplikasi belajar untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris. Aplikasi ini diketahui telah digunakan oleh 90 juta orang di dunia.

Cake adalah salah satu aplikasi belajar yang memiliki ukuran kecil, hanya 13 MB saja. Dengan begitu, pengguna Smartphone tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cake Corporation ini menyediakan fitur yang dapat membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris penggunanya.

Pengguna bisa melatih kemampuan listening dengan cuplikan video yang ada di dalam Cake. Di dalam klip video tersebut terdapat dialog penting yang diputar berulang tiga kali sebagai fokus latihan listening.

Selain itu, pengguna juga dapat mengasah kemampuan speaking. Di dalamnya, pengguna akan disediakan sebuah dialog percakapan dan pengguna diharuskan mengucapkan tulisan yang tertera.

2. Memrise

photoMemrise - (apkpuff.com)

Memrise merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa asing yang banyak diminati pengguna smartphone. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang terbilang kecil yakni 20 MB. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2013 dan berhasil meraih penghargaan Aplikasi Terbaik pada tahun 2017.

Memrise menyediakan berbagai bahasa asing untuk dipelajari mencakup Spanyol, Jepang, Perancis, Korea, Arab, Jerman, Italia, Mandarin, Rusia dan beberapa bahasa lainnya.

Agar pengguna tidak jenuh, Memrise menyediakan mini game yang dapat dimainkan sembari belajar. Selain itu, Memrise memberikan metode pengajaran berulang agar materi yang dipelajari lebih mudah diingat.

Memrise juga menyediakan fitur reminder dan progress yang berfungsi untuk mengingat waktu belajar dan mengukur tingkat kemampuan penggunanya.

Baca Juga :

FSGI Temukan Aplikasi Belajar Tak Populer di Program Subsidi Kuota Internet

3. Mondly

photoMondly - (facebook.com/mondlylanguages)

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan listening dan speaking bahasa asing, Mondly menjadi salah satu pilihan yang tepat digunakan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ATi Studios ini menawarkan latihan listening dan speaking bahasa asing dari penutur asli. Maka dari itu, kamu akan lebih mudah dan percaya terhadap materi yang diberikan.

Untuk mengetahui tingkat kemampuan penggunanya, Mondly menyediakan fitur Speech Recognition. Fitur unu akan memberikan penilaian terhadap logat/aksen, artikulasi dan intonasi yang diucapkan pengguna.

Mondly memiliki beberapa metode belajar yang disesuaikan dengan kemampuan penggunanya.  Aplikasi ini menyediakan materi dari 30 bahasa asing.

4. Tandem Language Exchange

photoTandem - (tandem.net)

Tandem Language Exchange adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berbicara secara langsung dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Sehingga, pengguna akana dipaksa untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Aplikasi yang dikembangkan Tripod Technology GmbH memiliki ukuran yang cukup kecil yakni 23 MB.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat belajar bahasa asing sekaligus berteman dengan pengguna Tandem lainnya. Seru bukan?

Jika kurang puas melatih speaking dan listening dengan lawan bicaranya, pengguna dapat menyewa tutor online dengan harga terjangkau secara privat.

Karena tersedia untuk seluruh pengguna di dunia, maka Tandem menyediakan dari 150 bahasa dan lebih dari 2.500 kombinasi bahasa. Oleh karenanya, pengguna dapat menguasai bahasa asing lebih mudah dengan bantuan penutur asli.

Karena fitur yang ditawarkan, Tandem hingga saat ini telah diunduh oleh 1 juta pengguna dari seluruh dunia.

5. Busuu

photoBusuu - (busuu.com)

Busuu memungkinkan pengguna terhubung dengan pengguna lain dari belahan dunia manapun sekaligus mempelajari bahasa asing.

Aplikasi yang memiliki ukuran 16 MB ini dapat digunakan pengguna untuk saling bertukar pesan teks, suara dan video. Secara tidak langsung, memacu pengguna untuk melatih reading, speaking, writing dan listening.

Busuu memiliki fitur placing test yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa asing tertentu pengguna. Fitur ini akan menilai kemampuan pengucapan dan tata bahasa penggunanya.

6. Duolingo

photoDuolingo - (linkedin.com/company/duolingo)

Salah satu aplikasi belajar bahasa asing yang banyak digunakan oleh pengguna adalah Duolingo. Aplikasi yang memiliki ukuran 16 MB ini memberikan penggunanya materi bahasa asing dengan kosakata populer dan sering digunakan pada kehidupan sehari-hari.

Melalui aplikasi ini, pengguna akan dilatih berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan bahasa asing. Duolingo hingga saat ini telah menyediakan materi untuk 20 bahasa tersedia, salah satunya Bahasa Indonesia.

Agar tidak merasa jenuh, pengguna dapat mengajak teman atau keluarga untuk berkompetisi dengan cara membuat grup belajar.

Karena terbilang unik dan menyenangkan, aplikasi telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna. Duolingo bahkan pernah dinobatkan sebagai Aplikasi Terbaik pada tahun 2013.

7. HiNative

photoHiNative - (tofugu.com)

Karena terbilang unik dan menyenangkan, aplikasi telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna. Duolingo bahkan pernah dinobatkan sebagai Aplikasi Terbaik pada tahun 2013.

HiNative merupakan aplikasi pembelajaran bahasa asing menggunakan sistem tanya jawab. Pengguna dapat berbicara dan mengajukan pertanyaan pada Native Speaker atau penutur bahasa asing.

Selain mempelajari bahasa asing standar, pengguna juga dapat mempelajari aksen bahasa tertentu melalui audio di dalam aplikasi yang dapat diunduh.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life18 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Ala Nabi Muhammad SAW yang Sangat Dianjurkan bagi Orang Tua

Mendidik anak seperti dalam anjuran Nabi Muhammad SAW tentu akan menjadi rekomendasi bagi para orang tua selama mengasuh.
Ilustrasi - Mendidik anak ala Nabi Muhammad SAW yang perlu diketahui semua orang tau. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Life18 Mei 2024, 17:00 WIB

6 Golongan Orang yang Bakal Terjebak Hidup Miskin Selamanya, Apa Kamu Termasuk?

Beberapa golongan orang yang sering melakukan kebiasaan buruk akan berpotensi terjebak hidup miskin seumur hidup.
Ilustrasi - Golongan orang yang berpotensi hidup miskin selamanya. (Sumber : Pexels.com/Yura Forrat).
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi18 Mei 2024, 16:29 WIB

Kunjungi Cecep, Kusmana Apresiasi Konten Warga Sukabumi Bersihkan Toilet Masjid

Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi aksi Muhammad Cecep Abdullah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengunjungi Cecep (26 tahun) di rumahnya di Jalan Tipar Gang Amarta 2 RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Entertainment18 Mei 2024, 16:00 WIB

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Epy Kusnandar Akan Direhabilitasi

Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba.| Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Sukabumi18 Mei 2024, 15:58 WIB

Gegara Puntung Rokok, Kebakaran Habiskan Gudang Pakan Ternak di Cicurug Sukabumi

Api sempat membesar karena bangunan gudang terbuat dari bambu.
Kebakaran gudang penyimpanan pakan ternak ayam di Kampung Gintung RT 06/01 Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 15:30 WIB

4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

Seiring bertambahnya usia anak, dunia mereka menjadi lebih besar dan kompleks, begitu pula alasan mengapa ia menangis akan terasa seperti misteri bagi orang tua.
Ilustrasi - cara mengatasi amukan anak yang dapat orang tua terapkan. (Sumber : pexels.com/@TranLong).