Dilarang Jualan di Indonesia, Daftar 17 Negara yang Melarang Aplikasi TikTok

Jumat 29 September 2023, 10:00 WIB
Dilarang Jualan di Indonesia, Daftar 17 Negara yang Melarang Aplikasi TikTok | (Sumber : Pixabay.com/antonbe)

Dilarang Jualan di Indonesia, Daftar 17 Negara yang Melarang Aplikasi TikTok | (Sumber : Pixabay.com/antonbe)

SUKABUMIUPDATE.com - Pelarangan TikTok Shop di Indonesia resmi ditetapkan oleh pemerintah melalui Revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 (Revisi Permendag 50 2020) tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Hal itu imbas beberapa penjual (termasuk pedagang Tanah Abang) yang curhat sepi pembeli. Mereka menduga omset penjualan yang merosot disebabkan oleh pembeli yang beralih ke e-commerce dan tertarik dengan cara jualan live streaming.

Ternyata, sebelum Indonesia sejumlah negara di dunia juga telah melarang penggunaan Aplikasi TikTok. Australia menjadi negara sebelum Indonesia yang melarang TikTok dari perangkat pemerintah federal, seiring meningkatnya kekhawatiran atas privasi dan keamanan aplikasi berbagi video milik Tiongkok tersebut.

Perusahaan teknologi Barat, termasuk Airbnb, Yahoo, dan LinkedIn, juga telah meninggalkan Tiongkok atau mengurangi operasinya. Ini karena undang-undang privasi Beijing yang ketat, yang menentukan bagaimana perusahaan dapat mengumpulkan dan menyimpan data.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Pria Bertanggung Jawab yang Cocok Jadi Pasangan Hidup

Berikut beberapa negara dan wilayah yang telah mengumumkan atau telah menerapkan larangan sebagian atau seluruhnya terhadap Aplikasi TikTok, sebagaimana dilansir dari euronews.com:

Daftar Negara yang Melarang Aplikasi TikTok

1. Indonesia

Pemerintah mengambil langkah tegas melarang social commerce atau TikTok Shop berjualan usai beberapa waktu lalu, pedagang di pusat perbelanjaan sepi pelanggan dan menyalahkan jualan sosial media di Aplikasi TikTok Shop.

Larangan TikTok Shop di Indonesia itu tertuang dalam revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Keputusan pelarangan TikTok Shop untuk berjualan secara resmi dikatakan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan usai mengikuti rapat terbatas uang digelar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Senin (25/9/2023) lalu.

2. Australia

Pada tanggal 4 April, Australia melarang TikTok dari semua perangkat milik pemerintah federal karena masalah keamanan.

Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Departemen Kejaksaan Agung menyebutkan, TikTok menimbulkan risiko keamanan dan privasi karena “pengumpulan data pengguna secara ekstensif dan paparan terhadap arahan di luar hukum dari pemerintah asing yang bertentangan dengan hukum Australia” .

Jaksa Agung Mark Dreyfus mengatakan dalam sebuah pernyataan, berdasarkan saran dari badan intelijen dan keamanan, larangan TikTok akan segera berlaku.

3. Estonia

Pada akhir bulan Maret, Menteri TI dan Perdagangan Luar Negeri Estonia yang akan habis masa jabatannya, Kristjan Järvan, mengatakan kepada surat kabar lokal bahwa Aplikasi TikTok akan dilarang dari ponsel pintar yang dikeluarkan oleh negara untuk pejabat publik.

Namun, saat berbicara kepada Eesti Päevaleht, menteri tersebut menambahkan : "Jika seorang pejabat publik menggunakan telepon pribadinya saat bekerja, kami tidak akan menyelidikinya".

4. Inggris

Pada tanggal 16 Maret, Oliver Dowden, Menteri Luar Negeri Inggris di Kantor Kabinet, mengumumkan dalam sebuah pernyataan kepada House of Commons Inggris bahwa aplikasi tersebut akan segera dilarang di perangkat resmi pemerintah.

“Ini adalah langkah pencegahan. Kita tahu bahwa penggunaan TikTok di seluruh pemerintahan sudah terbatas, namun ini juga merupakan langkah yang baik dalam menjaga kebersihan dunia maya,” kata menteri dalam pidatonya di depan anggota parlemen.

Larangan Aplikasi TikTok didasarkan pada laporan Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris, yang menemukan “mungkin ada risiko terkait seberapa sensitif data pemerintah diakses dan digunakan oleh platform tertentu”.

Meskipun Inggris adalah salah satu negara pertama yang melarang penggunaan teknologi milik Tiongkok lainnya seperti Huawei, para kritikus menandai penundaan dalam pelarangan TikTok dibandingkan dengan negara-negara sekutunya.

5. Institusi Uni Eropa (UE)

Parlemen Eropa, Komisi Eropa, dan Dewan Uni Eropa, tiga badan tertinggi Uni Eropa, telah melarang TikTok pada perangkat staf, dengan alasan kekhawatiran keamanan siber.

Larangan Parlemen Eropa mulai berlaku pada tanggal 20 Maret. Larangan tersebut juga “sangat disarankan” agar anggota parlemen dan staf juga menghapus aplikasi tersebut dari perangkat pribadi mereka, dikutip via euronews, Jumat (29/9/2023).

Bahkan, Komisi Eropa melarang stafnya menggunakan TikTok karena masalah keamanan siber Tiongkok

6. Perancis

Pada tanggal 24 Maret, pemerintah Prancis melarang pemasangan dan penggunaan aplikasi "rekreasi" seperti TikTok, Netflix, dan Instagram di telepon kantor 2,5 juta pegawai negeri.

Larangan yang diberitahukan melalui instruksi "mengikat" itu langsung berlaku dan tidak berlaku untuk telepon pribadi pegawai negeri. Prancis adalah negara pertama yang meningkatkan upaya untuk melarang aplikasi "rekreasi" lainnya seperti Netflix di perangkat pemerintah.

“Aplikasi rekreasi tidak memberikan tingkat keamanan siber dan perlindungan data yang memadai untuk diterapkan pada peralatan administrasi. Oleh karena itu, aplikasi ini mungkin menimbulkan risiko terhadap perlindungan data pemerintahan dan pejabat publik mereka,” kata pemerintah Prancis dalam sebuah pernyataan.

Menteri Pelayanan Publik Perancis Stanislas Guerini mentweet bahwa tindakan tersebut dimaksudkan untuk “menjamin keamanan siber” dari pemerintahan dan pegawai negeri negara tersebut.

7. Belanda

Kementerian Dalam Negeri Belanda telah melarang penggunaan semua aplikasi dari “negara-negara dengan program siber agresif yang menargetkan Belanda atau kepentingan Belanda” pada ponsel yang didistribusikan oleh pemerintah.

Mereka tidak mengidentifikasi nama TikTok, namun saran tersebut mengikuti penilaian badan intelijen nasional AIVD yang memperingatkan bahwa aplikasi dari negara-negara seperti Tiongkok, Rusia, Korea Utara, dan Iran membawa “risiko spionase yang lebih tinggi”.

“Pemerintah pusat harus dapat melakukan pekerjaannya dengan aman, termasuk melalui perangkat selulernya,” kata Alexandra van Huffelen, Menteri Digitalisasi Belanda pada 21 Maret lalu.

Pada akhirnya, pemerintah ingin semua telepon kantor pegawai negeri dikonfigurasi sehingga hanya aplikasi, perangkat lunak, atau fitur yang telah diotorisasi sebelumnya yang dapat diinstal dan digunakan.

8. Norway

Pada tanggal 23 Maret, parlemen Norwegia melarang Tiktok dari perangkat kerja, setelah Kementerian Kehakiman negara tersebut memperingatkan bahwa aplikasi tersebut tidak boleh dipasang pada ponsel yang dikeluarkan untuk pegawai pemerintah.

Menteri Kehakiman Emilie Enger Mehl mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “dalam penilaian risiko mereka… badan intelijen Norwegia memilih Rusia dan Tiongkok sebagai faktor risiko utama bagi kepentingan keamanan Norwegia”.

Dia menambahkan bahwa "mereka juga menyebut media sosial sebagai forum yang disukai oleh aktor-aktor yang berpotensi berbahaya dan pihak lain yang ingin mempengaruhi kita dengan disinformasi dan berita palsu".

Pegawai negeri sipil masih dapat menggunakan TikTok jika diperlukan karena alasan profesional, tetapi hanya pada perangkat yang tidak terhubung ke jaringan pemerintah, kata kementerian itu. Kemudian, Ibu kota Norwegia, Oslo dan kota terbesar kedua, Bergen, juga mendesak pegawai kota untuk menghapus TikTok dari telepon kantor mereka.

Baca Juga: 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki Introvert Agar Mau Bergaul

9. Belgium

Pada tanggal 10 Maret, Belgia mengumumkan larangan TikTok pada perangkat yang dimiliki atau dibayar oleh pemerintah federal Belgia selama setidaknya enam bulan, dengan alasan kekhawatiran mengenai keamanan siber, privasi, dan misinformasi.

Perdana Menteri Alexander de Croo mengatakan larangan tersebut didasarkan pada peringatan dari dinas keamanan negara dan pusat keamanan siber, yang mengatakan bahwa aplikasi tersebut dapat mengambil data pengguna dan mengubah algoritme untuk memanipulasi umpan berita dan kontennya.

Menanggapi pengumuman Belgia, TikTok mengatakan pihaknya kecewa dengan penangguhan ini, yang didasarkan pada kesalahan informasi mendasar tentang perusahaan. Kemudian juga menambahkan bahwa mereka siap bertemu dengan para pejabat untuk mengatasi kekhawatiran apa pun dan meluruskan kesalahpahaman.

10. Denmark

Pada tanggal 6 Maret, Kementerian Pertahanan Denmark mengumumkan akan "melarang penggunaan aplikasi tersebut pada unit resmi" sebagai tindakan keamanan siber.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan Pusat Keamanan Siber negara Skandinavia – yang merupakan bagian dari dinas intelijen luar negeri Denmark – telah menilai ada risiko spionase.

Kementerian tersebut mengatakan "ada pertimbangan keamanan yang berat di dalam kementerian pertahanan ditambah dengan kebutuhan terkait pekerjaan yang sangat terbatas untuk menggunakan aplikasi tersebut," dan bahwa para pegawai "diwajibkan untuk mencopot pemasangan TikTok di telepon resmi dan perangkat resmi lainnya sesegera mungkin jika mereka telah menginstalnya sebelumnya".

11. Amerika Serikat

AS juga memberi waktu kepada lembaga pemerintah hingga akhir Maret untuk menghapus TikTok dari perangkat dan sistem federal karena masalah keamanan data. Larangan ini hanya berlaku untuk perangkat pemerintah, meskipun beberapa anggota parlemen AS telah menganjurkan larangan langsung.

Lebih dari separuh dari 50 negara bagian AS telah melarang aplikasi tersebut dari perangkat pemerintah. Namun, upaya untuk melarang TikTok beroperasi di Amerika Serikat diblokir di Senat pada 30 Maret.

Baik FBI maupun Komisi Komunikasi Federal telah memperingatkan bahwa ByteDance dapat membagikan data pengguna TikTok kepada pemerintah otoriter Tiongkok.

Ada juga kekhawatiran mengenai konten TikTok dan apakah konten tersebut membahayakan kesehatan mental remaja. Para peneliti dari lembaga nirlaba Center for Countering Digital Hate mengatakan dalam sebuah laporan pada bulan Desember bahwa konten gangguan makan di platform tersebut telah ditonton sebanyak 13,2 miliar kali.

12. Kanada

Setelah tindakan AS, Kanada mengumumkan pada tanggal 28 Februari bahwa mereka melarang TikTok dari semua perangkat yang dikeluarkan pemerintah, dengan mengatakan bahwa aplikasi tersebut menimbulkan risiko yang “tidak dapat diterima” terhadap privasi dan keamanan.

Karyawan juga akan diblokir untuk mengunduh aplikasi tersebut di kemudian hari. Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan pada saat itu bahwa tindakan lebih lanjut mungkin akan menyusul atau tidak.

“Saya menduga ketika pemerintah mengambil langkah signifikan dengan memberi tahu semua pegawai federal bahwa mereka tidak dapat lagi menggunakan TikTok di telepon kantor mereka, banyak warga Kanada mulai dari kalangan bisnis hingga individu akan merenungkan keamanan data mereka sendiri dan mungkin membuat pilihan,” kata Trudeau. .

“Saya selalu senang memberikan informasi kepada warga Kanada agar mereka dapat mengambil keputusan yang tepat,” tambahnya.

13. Selandia Baru

Pada tanggal 17 Maret, Selandia Baru mengumumkan TikTok akan dilarang dari telepon anggota parlemen pemerintah pada akhir bulan. Berbeda dengan negara lain seperti Inggris, larangan TikTok tidak berlaku untuk seluruh pegawai pemerintah dan hanya berlaku untuk sekitar 500 orang di kompleks parlemen.

Kepala Eksekutif Layanan Parlemen Rafael Gonzalez-Montero mengatakan para pejabat dapat membuat pengaturan khusus jika mereka membutuhkan TikTok untuk menjalankan tugas demokrasi mereka. Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins mengatakan dia tidak memiliki TikTok di ponselnya. 

TikTok menetapkan batas waktu pemakaian perangkat 60 menit untuk pengguna di bawah 18 tahun - dan 'pengingat tidur' untuk semua

14. Afganistan

Kepemimpinan Taliban Afghanistan melarang TikTok dan game PUBG pada tahun 2022 dengan alasan melindungi generasi muda agar tidak “disesatkan”.

15. India

Pada tahun 2020, India memberlakukan larangan terhadap TikTok dan puluhan aplikasi Tiongkok lainnya, termasuk aplikasi perpesanan WeChat, karena masalah privasi dan keamanan. Larangan itu muncul tak lama setelah bentrokan antara pasukan India dan Tiongkok di perbatasan Himalaya yang disengketakan, menewaskan 20 tentara India dan melukai puluhan lainnya.

Perusahaan-perusahaan tersebut diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan tentang persyaratan privasi dan keamanan, tetapi larangan tersebut diberlakukan secara permanen pada Januari 2021.

Baca Juga: 11 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik

16. Taiwan

Pada bulan Desember 2022, Taiwan memberlakukan larangan sektor publik terhadap TikTok setelah FBI memperingatkan bahwa TikTok menimbulkan risiko keamanan nasional.

Perangkat pemerintah, termasuk ponsel, tablet, dan komputer desktop, tidak diperbolehkan menggunakan perangkat lunak buatan Tiongkok, termasuk aplikasi seperti TikTok, Douyin yang setara dengan Tiongkok, atau Xiaohongshu, aplikasi konten gaya hidup Tiongkok.

17. Pakistan

Pihak berwenang Pakistan telah melarang sementara TikTok setidaknya empat kali sejak Oktober 2020, dengan alasan kekhawatiran bahwa aplikasi tersebut mempromosikan konten tidak bermoral.

Untuk diketahui, Aplikasi TikTok dimiliki oleh perusahaan teknologi Tiongkok, Bytedance, tetapi mereka bersikeras bahwa mereka dijalankan secara independen dan tidak berbagi data dengan pemerintah Tiongkok. Saat ini mereka sedang melaksanakan proyek untuk menyimpan data pengguna Amerika di Texas, yang dikatakan akan menempatkannya di luar jangkauan Tiongkok.

Namun, banyak negara tetap berhati-hati mengenai platform ini dan hubungannya dengan Tiongkok.

Sumber: euronews.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 10:47 WIB

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasangan Sedang Berbohong, Ini Buktinya

Pasangan yang sedang berbohong akan nampak pada bahasa tubuhnya saat sedang berbicara.
Ilustrasi. Bahasa tubuh pasangan yang berbohong. | Sumber foto : Pexels/Roderick Salatan
Jawa Barat28 April 2024, 10:37 WIB

Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

Berikut dampak gempa Garut M6,2 yang tercatat oleh BNPB.
Dampak gempa laut Garut M6,2. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:30 WIB

4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Anak-anak Anda tidak akan belajar mendisiplinkan diri dalam semalam. Pasti ada saatnya mereka berperilaku buruk, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya.
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 10:24 WIB

2 Kali di Sukabumi, Daftar 13 Gempa Merusak Selatan Jabar 1844-2022

Diantara 13 gempa merusak Selatan Jawa tahun 1844-2022, dua diantaranya pernah terjadi di Sukabumi, tepatnya Gempa di tahun 2012 dan 2021.
Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Jawa Barat28 April 2024, 10:06 WIB

Temu Rembug PPPH Kabupaten Garut Gaungkan Halal Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Temu rembug ini sarat dengan diskusi mengenai akselerasi sertifikasi halal di kabupaten Garut.
Temu rembug pengurus LPPPH Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) provinsi Jawa Barat. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:00 WIB

Percaya Diri dan Mandiri! 10 Ciri Kamu Perempuan yang Memiliki Mental Kuat dalam Menjalani Hidup

Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup.
Ilustrasi - Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Life28 April 2024, 09:30 WIB

Melatih Kesabaran, Ini 5 Kualitas Utama yang Harus Dipupuk pada Anak Sejak Dini

Pelajari sifat-sifat penting yang harus dipupuk pada anak-anak untuk membantu mereka menjadi bahagia dan sukses.
Ilustrasi. Kualitas utama yang harus dipupuk pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Sehat28 April 2024, 09:00 WIB

9 Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Ketahui Sederet Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Sumber Lemak. Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 08:35 WIB

5 Alasan Kenapa Wanita Mandiri Lebih Asyik Sendiri Ketimbang Berpasangan, Ini Faktanya

Wanita mandiri dikenal sebagai golongan yang sangat asyik sendiri ketimbang buru-buru mencari pasangan hidup.
Ilustrasi. Alasan wanita mandiri asyik sendiri. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio