Ini Lima Manfaat Jadi Volunteer dalam Lowongan Pekerjaan

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah Anda pernah bepikir bahwa Anda harus menyertakan kegiatan sukarelawan (volunteer) dalam resume Anda? Jawabannya adalah IYA! Terbalik dengan pendapat yang umum terjadi, pengalaman kerja volunteer sangatlah disukai oleh para manajer.

Suatu kajian Deloitte pada lebih dari 2.500 manajer menunjukkan bahwa 82 persen dari para pewawancara memilih pelamar dengan pengalaman volunteer, dengan 92 persen menyetujui bahwa kegiatan volunteer membangun keterampilan kepemimpinan.

Terbalik dengan studi ini, laporan yang ada menyatakan bahwa hanya 32 persen pelamar pekerjaan menyebutkan pengalaman volunteer dalam resume mereka.

Mungkin Anda berencana untuk tidak menyertakan pengalaman volunteer Anda, terutama jika Anda berusaha untuk menyesuaikannya dengan 2-halaman resume. Akan tetapi hal tersebut akan menjadi sebuah kesalahan besar. Jangan meremehkan nilai dari kontribusi kesukarelawanan Anda.

Berikut adalah 5 alasan mengapa pengalaman menjadi sukarelawan akan memberikan manfaat bagi Anda dalam pencarian kerja, sebagaimana disiarkan oleh JobStreet Indonesia:

1. Mendapat Keterampilan Baru

Dengan mengikuti kegiatan volunteer, Anda dapat memperoleh berbagai keterampilan yang berbeda. Buatlah sebuah daftar ketrampilan tersebut dan pilihlah salah satu yang relevan untuk menonjolkan aplikasi kerja Anda masing-masing.

Anda mungkin akan terkejut karena Anda menemukan banyaknya ketrampilan baru yang telah Anda pelajari akan tetapi tidak terlihat.

2. Mengisi Kekurangan CV

Jika Anda merasa ada sedikit kekurangan pada resume surat lamaran kerja, ada baiknya Anda mengisi kekurangan tersebut dengan daftar pengalaman sebagai volunteer.

Hal ini akan memberitahu pewawancara bahwa Anda tidak segan menghabiskan waktu dan ketrampilan Anda untuk organisasi amal, yang menjelaskan banyak hal termasuk karakter dan kepribadian Anda.

3. Memperluas Jaringan

Terlibat dalam organisasi nonprofit dan amal merupakan sebuah cara yang hebat untuk menumbuhkan jaringan sosial dan professional Anda.

Bekerja dan berinteraksi dengan dekat dengan individu-individu yang berpikiran sama mau tak mau akan mengarahkan kita menuju hubungan yang berarti yang dapat membangun jalan menuju kesempatan pertumbuhan karir di masa depan.

4. Menumbuhkan Inspirasi

Melakukan pekerjaan yang sama untuk periode waktu yang panjang dapat membuat Anda ‘buntu’ kreativitas, atau bahkan puas dengan hal-hal sederhana. Saat hal ini terjadi, beristirahatlah dan cobalah sesuatu yang baru.

Hal ini akan menjadi kesempatan besar untuk melakukan kerja volunteer. Tantanglah diri Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda, dan lakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, kreativitas akan mengalir kembali.

5. Menumbuhkan Sikap Rendah Hati

Bekerja dengan sesama yang kurang mampu atau sebuah organisasi amal yang menguntungkan mereka yang membutuhkan bantuan, dapat menjadi sebuah pengalaman yang cukup membuka mata kita.

Sebagian besar dari kita hidup mamppu dan tidak pernah mengalami kemiskinan atau kekerasan atau penganiayaan. Melihat bagaimana beruntungnya hidup kita dibandingkan dengan mereka akan menambah dosis rasa syukur dan kerendahan hati yang kita sangat butuhkan dalam hidup kita.

Ketika kita bersyukur akan apa yang kita punya, kita akan secara alami lebih merendah dan menghargai kemewahan yang kita dapatkan. Hal ini membuat kita menjadi orang-orang yang lebih bahagia, yang nantinya akan menjadikan kita lebih produktif sebagai pekerja.

Jadi jika Anda pernah melakukan kerja volunteer, atau mempertimbangkan akan melakukannya, pastikan bahwa hal ini akan menonjolkan sesuatu dalam resume Anda.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)