Dugaan Pencemaran Nama Baik Habib, Warga Laporkan Postingan Medsos ke Polres Sukabumi

Rabu 19 Juni 2024, 18:08 WIB
Perwakilan warga saat melakukan pelaporan atas dugaan pencemaran nama baik di ruang Satreskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

Perwakilan warga saat melakukan pelaporan atas dugaan pencemaran nama baik di ruang Satreskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan orang yang tergabung dalam berbagai organisasi masyarakat (ormas) mendatangi Satreskrim Polres Sukabumi untuk melaporkan dugaan pencemaran nama baik terhadap para habib.

Berdasarkan pantauan, pelaporan tersebut dilakukan oleh ormas GEMPA Kabupaten Sukabumi, para Muhibbin Pajampangan, Santri Pajampangan, PHB Pajampangan, FPI Kabupaten Sukabumi, FRI Kabupaten Sukabumi, Perguruan Poskab Sapujagat, serta para habib yang ada di Pajampangan.

Koordinator pelapor, Habib Alwi Bin Algadri, mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Polres Sukabumi adalah untuk melaporkan kasus penistaan agama dan pencemaran nama baik.

"Pertama kita sudah sama-sama pahami banyak kasus yang menyerang kebudayaan kita, baik secara agama maupun sejarah. Salah satunya adalah upaya mereka merubah sejarah kita dengan fitnah-fitnah yang ada, bahkan juga mempersekusi beberapa ulama kita," kata Habib Alwi kepada awak media usai melakukan pelaporan di ruang Satreskrim Polres Sukabumi, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga: Kabar Duka: Istri Habib Luthfi Meninggal Dunia, Inilah Profil Syarifah Salma

Ia menjelaskan bahwa laporan tersebut dilakukan karena adanya sebuah postingan di media sosial yang menghina para habib. Menurutnya, postingan tersebut membuat geram umat Islam di Kabupaten Sukabumi.

"Mereka membuat postingan di media sosial dengan unsur kesengajaan, bukan ketidaksengajaan, dan ini bisa menimbulkan kemarahan umat," ucap Habib Alwi.

"Karena banyaknya yang mencintai para habaib sebagai dzurriyah Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, yang sudah kita pahami dan diterapkan di masyarakat Indonesia yang berpaham Ahlussunnah wal Jamaah. Kita meyakini bahwa para habaib ini adalah anak cucu Nabi Muhammad dan ini tidak bisa ditolerir," ungkapnya.

Menurut Habib Alwi, postingan tersebut sangat menyudutkan para habib, sehingga mereka melaporkannya ke pihak berwajib.

"Dari beberapa postingan yang ada, ini ditunjukkan kepada para habaib dan ada juga perorangan, tapi ini lebih menyeluruh ke semua yang menggelar habaib," tegasnya.

"Untuk yang dilaporkan saat ini ada 3 orang. Kalau total yang dilaporkan oleh teman kami di Polsek Jampang ada 4 akun dengan orang yang berbeda. Postingannya ada yang baru, ada yang sudah beberapa bulan lalu," sambungnya.

Baca Juga: Ada 100 Ribu Lebih Habib di Indonesia, Begini Cara Cek yang Asli atau Palsu

Habib Alwi menambahkan bahwa pihaknya sudah mengetahui lokasi dugaan pelaku. "Teman kami sudah mengetahui dan menduga lokasi pelaku. Kita melakukan pelaporan untuk mencegah masyarakat bertindak sendiri," kata dia.

"Dengan melaporkannya ke pihak kepolisian, kami berharap agar isu-isu yang beredar ditindak sesuai aturan. Dengan melaporkan ini, kami meredam masyarakat agar tidak bertindak di luar hukum. Postingan di media sosial ini membuat masyarakat resah, terutama para pecinta habaib, Ba'alawi, dan dzurriyah Nabi Muhammad," tandasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang