KIP Minta Penyelenggara PPDB di Jawa Barat Adil dan Transparan

Sabtu 15 Juni 2024, 21:35 WIB
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)

Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat mengeluarkan imbauan terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024. Dalam keterangan tertulisnya KIP Jabar menekankan pentingnya transparansi dalam PPDB dan kepatuhan terhadap perlindungan data pribadi.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Ijang Faisal, mengatakanbahwa setiap badan publik, termasuk lembaga penyelenggara negara di bidang pendidikan, memiliki kewajiban untuk menjalankan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Hal ini sesuai dengan Pasal 2 Ayat (1) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 yang mengamanatkan pelaksanaan PPDB secara objektif, transparan, dan akuntabel.

Dalam konteks penyelenggaraan PPDB, kata Ijang, transparansi harus tercermin dalam publikasi informasi yang jelas dan mudah diakses, termasuk data pendaftar seperti nama dan nilai skornya.

Namun, kata dia, perlu diingat juga bahwa aspek perlindungan data pribadi juga harus dijaga dengan ketat, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku, seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Ketua Ijang Faisal menambahkan bahwa peran Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat adalah memastikan bahwa seluruh proses PPDB berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip KIP, di mana informasi publik harus dapat diakses secara cepat, tepat waktu, dan dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat.

Baca Juga: Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

"Kami siap untuk memberikan layanan penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi nonlitigasi," katanya.

Adanya temuan dari Ombudsman sebelumnya menunjukkan bahwa tidak semua lembaga penyelenggara PPDB memenuhi standar transparansi yang diharapkan. Contohnya adalah ketidakjelasan dalam menampilkan informasi yang seharusnya tersedia untuk publik.

Oleh karena itu, Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat mengajak seluruh penyelenggara PPDB untuk memperhatikan dan mengimplementasikan prinsip-prinsip KIP dengan sungguh-sungguh demi memastikan bahwa setiap calon peserta didik dan masyarakat umum dapat memperoleh informasi secara adil dan transparan.

"Imbauan ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi seluruh pihak terkait dalam menyelenggarakan PPDB tahun 2024 di Jawa Barat, sehingga proses ini berjalan dengan lancar dan mengedepankan nilai-nilai transparansi serta akuntabilitas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sumber : Siaran Pers KIP Jabar

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi18 Juli 2024, 09:30 WIB

We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!

We Are Hiring! Untuk kamu yang tertarik, Yuk Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!
Ilustrasi. Karyawan. We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini! (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Life18 Juli 2024, 09:00 WIB

11 Tips Mengobati Mental Anak yang Sering Dimarahi, Bunda Lakukan Hal Ini!

Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi.
Ilustrasi. Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi. | Foto: Pixabay
Life18 Juli 2024, 08:30 WIB

12 Ciri Orang Stres Karena Harga Diri Rendah, Apa Kamu Mengalaminya?

Stres karena rendah diri dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang.
Ilustrasi. Ciri Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat18 Juli 2024, 08:00 WIB

6 Kategori Makanan yang Aman dan Sehat untuk Balita, Catat Ya Bund!

Dengan memberikan berbagai jenis makanan yang aman dan bergizi, balita dapat menikmati makanan sambil mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh sehat.
Ilustrasi. Makanan yang Sehat dan Aman untuk Balita (Sumber : Freepik.com)