Kronologi Tronton Tabrak 3 Kendaraan di Sukabumi, Tak Kuat Nanjak Akibat Rem Blong

Selasa 04 Juni 2024, 17:40 WIB
Kondisi dua mobil yang ditabrak truk tronton yang mundur akibat rem blong dan gagal nanjak di Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Kondisi dua mobil yang ditabrak truk tronton yang mundur akibat rem blong dan gagal nanjak di Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi menjelaskan kronologi kecelakaan beruntun di Jalan Raya Cibadak Sukabumi yang melibatkan empat kendaraan. Kecelakaan itu dipicu oleh truk tronton pengangkut pupuk yang tak kuat menanjak diduga akibat rem blong lalu menabrak tiga kendaraan di belakangnya.

Peristiwa itu terjadi tepatnya di Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (4/6/2024) sekitar pukul 09.45 WIB. Akibat kecelakaan beruntun ini, dua orang dilaporkan alami luka-luka.

Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Sukabumi Kota, Iptu Andika Pratistha mengatakan, kronologi bermula ketika tronton B 9476 UXY yang dikemudikan Rizwan melaju dari arah Cibadak menuju Kota Sukabumi. Setibanya di lokasi, truk tersebut diduga mengalami gagal fungsi rem sehingga sempat berhenti di tengah jalan.

Baca Juga: Diduga Tak Kuat Nanjak, Truk Tronton Mundur Tabrak 3 Kendaraan di Cisaat Sukabumi

Kecelakaan beruntun kemudian tak terhindarkan usai truk tersebut mundur dengan sendirinya hingga menabrak mobil Daihatsu Sigra F 1540 VM yang dikemudikan oleh Wahyudin yang tengah terparkir di pinggir jalan dan mobil Toyota Innova B 1348 VHZ yang dikemudikan oleh M Ulya yang datang dari arah belakang.

Innova yang berhenti akibat tertabrak truk tronton kemudian ditabrak oleh sepeda motor Suzuki Smash B 3104 FAM yang dikendarai oleh Riki Fernando yang datang dari arah belakang.

“Jadi untuk kronologis kejadian itu, satu mobil truk Hino tersebut dia (pengemudi) sudah sadar memang untuk remnya agak bermasalah, oleh karena itu dia menepi ke sebelah kiri. Tapi saat dia mau menarik rem tangannya itu, diduga sudah tidak berfungsi dan sampai akhirnya mobil tersebut mundur dan mengenai dua kendaraan mobil dan satu kendaraan motor dibelakangnya,” ujar Andika kepada sukabumiupdate.com.

Andika menyebut saat kejadian kondisi lalu lintas berjalan normal namun kondisi jalan disebut sedikit menanjak.

“Kondisi jalan memang di lokasi kejadian agak menanjak jadi kendaraan tersebut mundur. Posisi dua minibus itu ada di belakang, khusus yang mobil sigra itu lagi terparkir di pinggir jalan,” jelas dia.

Dalam kejadian itu, kata Andika, dua korban bernama Wahyudin sopir mobil Daihatsu Sigra serta Riki Fernando pengemudi motor dilarikan ke RSU Betha Medika untuk mendapatkan pengobatan. Selain itu, masing-masing kendaraan mengalami kerusakan.

“Untuk korban alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban meninggal dunia hanya kalau berdasarkan keterangan dokter bahwa luka-luka ringan,” kata dia.

Terkini, keempat kendaraan itu telah dievakuasi dan diamankan oleh petugas kepolisian Unit Laka Polres Sukabumi Kota. Pengemudi truk juga turut diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Untuk yang diamankan ada satu buah kendaraan motor, dua kendaraan mobil dan satu unit truk hino. Untuk supir truknya saat ini masih kita mintai keterangan, untuk diamankan belum ya karena kita masih dalam proses memintai keterangan,” pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional15 Juni 2024, 00:38 WIB

Panglima TNI: Ormas Sipil Bisa Ikut Pasukan Perdamaian di Palestina

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyatakan bahwa keikutsertaan organisasi tersebut akan diatur oleh Kementerian Luar Negeri.
Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI | Foto : Youtube Kompas
Sukabumi15 Juni 2024, 00:14 WIB

Penempatan Guru P3K PAI Di Cidolog Sukabumi Picu Polemik, Peran Pengawas PAI Disorot?

Penempatan guru P3k PAI di SDN Tegallega, Desa Tegallega, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi memicu polemik ditengah warga.
Polemik penempatan guru P3K PAI di SDN Tegallega Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi15 Juni 2024, 00:03 WIB

Bertemu Ratusan Kades, Bapenda Sukabumi Sosialisasikan Optimalisasi PBB P2

Kegiatan sosialisasi ini salah satu langkah Bapenda Kabupaten Sukabumi dalam menggenjot penerimaan PAD dari sektor PBB P2.
Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi PBB P2 yang digelar Bapenda Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi14 Juni 2024, 23:50 WIB

Tak Ditanggung BPJS, Kisah Korban Geng Motor di Sukabumi Sempat Tertahan di IGD Gegara Biaya

Pengobatan AAM (21 tahun) seorang pemuda asal Citamiang, Kota Sukabumi yang merupakan korban keganasan kawanan geng motor hingga tiga jari kanannya hampir putus tak ditanggung BPJS
Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD R Syamsudin SH (RS Bunut) Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi14 Juni 2024, 22:31 WIB

Rawan Kecelakaan, 5 Orang Tewas Tertabrak Kereta Sukabumi Selama Semester I 2024

Keberadaan rel kereta api di Sukabumi menyisakan cerita-cerita tragis. Terutama seringnya kecelakaan yang merenggut nyawa.
Dalam semester 1 tahuan 2024, sebanyak 5 orang tewas akibat tertabrak kereta api di Sukabumi| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi14 Juni 2024, 22:25 WIB

DPRD Sukabumi Soroti Soal UHC hingga DTKS di Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf membeberkan apa saja yang disampaikan pihaknya dalam Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan.
Jajaran Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menghadiri kegiatan Forum Kemitraan Pengelolaan Kerjasama Fasilitas Kesehatan tahun 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Keuangan14 Juni 2024, 21:49 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

BSI International Expo 2024 bertema Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem akan digelar selama 4 hari di JCC Senayan, Jakarta.
BSI siap menggelar BSI International Expo 2024. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat14 Juni 2024, 21:24 WIB

Parkir di Masjid Raya Al Jabbar Digratiskan Sementara, Ini Alasannya

Gratiskan sementara biaya parkir, Pengelola Masjid Raya Al Jabbar Bandung tegaskan bila ada yang memungut dinyatakan ilegal.
Masjid Raya Al Jabbar. (Sumber : Humas Pemkot Bandung)
Sukabumi14 Juni 2024, 21:20 WIB

Diguyur Hujan Deras, BPBD Kota Sukabumi Tangani 4 Bencana Alam di Cikole

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menangani bencana alam yang terjadi di empat lokasi di Kecamatan Cikole
BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana banjir di Cikole | Foto : Asep Awaludin
Internasional14 Juni 2024, 21:10 WIB

Wukuf di Arafah, 1.169 Tenda Disiapkan bagi Jemaah Haji Indonesia

Menyambut pelaksanaan puncak haji, PPIH Arab Saudi mempersiapkan sebanyak 1.169 tenda di Arafah bagi jemaah Indonesia.
Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Arafah. (Sumber : Kemenag RI)