Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Senin 06 Mei 2024, 18:40 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama Pemerintah Kota Bekasi melakukan penandatanganan kerja sama peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian, di Pendopo Palabuhanratu, Senin (6/5/2024).

Kerja sama antar daerah ini ditandatangani oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad.

Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad menjelaskan, salah satu langkah awal dalam kerja sama ini adalah sektor ketahanan pangan. Mengingat, lahan pertanian di Kota Bekasi sudah tidak mumpuni.

Gani menyatakan, potensi Kabupaten Sukabumi cukup melimpah, baik itu pertanian, perikanan maupun seni budaya. Oleh karena itu, kerjasama tersebut adalah langkah tepat untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

"Kerjasama ini Salah satunya kita terkait dengan ketahanan pangannya di mana kita ketahui bahwa Kabupaten Sukabumi ini memiliki potensi yang masih bisa dioptimalkan masih besar ya sehingga kita bisa berkolaborasi," kata Gani.

Baca Juga: Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

"Kedepan MoU ini akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait sesuai tugas dan fungsinya," sambungnya.

Tak hanya itu, R Gani pun mengatakan terkait kerja sama di bidang pelayanan publik, pemkot Bekasi ingin bekerjasama di bidang peningkatan pariwisata daerah.

"Terkait dengan pelayanan publik bagaimana kita di pariwisatanya ya di mana di sini banyak event-event pariwisata dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dan juga daya tarik daerah ini tentunya juga kita harus banyak belajar kepada Kabupaten Sukabumi bagaimana mempromosikan suatu daerah melalui event-event daerah sehingga kedepan Kota Bekasi bisa dikenal ke kancah nasional bahkan internasional," paparnya.

Ia berharap, kerja sama tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan daerah kota Bekasi juga akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

"Harapan kedepan potensi ini bisa dioptimalkan sehingga kami turut menikmati hasil alam yang ada di sini," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersyukur bahwa saat ini pemkab sukabumi dan pemkot bekasi berkomitmen untuk saling mendukung dan memperkuat peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian terutama ketahanan pangan.

"Kita sangat bersyukur adanya kerjasama ini terutama diketahanan pangan, Kan selama ini yang menjadi keluhan masyarakat kita terutama hasil-hasil produk pertanian maupun hasil pertanian para petani kita adalah pasar mudah-mudahan dengan kerjasama ini ada ruang yang bisa kita manfaatkan," ungkapnya.

Menurut Marwan, pemasaran produk menjadi kendala yang dialami selama ini. Maka, dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan akan membuka peluang percepatan pemasaran produk pertanian yang dimiliki Kabupaten Sukabumi.

"Harapan kita bagaimana potensi ini dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat khususnya petani," tuturnya.

Bupati Marwan juga berharap kesepakatan ini dapat menjadi tonggak awal bagi kerja sama yang lebih erat dan berkelanjutan antara Pemkab Sukabumi dan pemkot Bekasi.

"Mudah-mudahan kerja sama Ini bisa bermanfaat bagi kita pemkab sukabumi dan pemkot bekasi terutama untuk kesejateraan masyarakat," pungkasnya.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan cenderamata dari kedua belah pihak antara Kabupaten Sukabumi dengan Kota Bekasi. (ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik18 Juni 2024, 17:00 WIB

Baru Rilis, Intip Lirik dan Terjemahan Lagu The Boy Is Mine Ariana Grande

Yuk Intip Lirik dan Terjemahan Lagu The Boy Is Mine Ariana Grande yang Baru Dirilis!
Official Music Video Lagu The Boy Is Mine Ariana Grande (Sumber : YouTube/ArianaGrande)
Sehat18 Juni 2024, 16:15 WIB

Minum Banyak Air Putih Bisa Turunkan Kadar Gula Darah? Simak Alasan dan Takarannya

Salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes adalah minum air putih dengan takaran tertentu.
Ilustrasi penderita diabetes minum air putih untuk turunkan kadar gula darah (Sumber : pexels.com/@Artempodrez)
Sukabumi18 Juni 2024, 16:02 WIB

Remaja Sukabumi Tewas saat Idul Adha, Kronologi Kecelakaan Tiga Motor di Cibadak

Dari arah berlawanan datang motor Honda Scoopy yang dibawa MRP (20 tahun).
Korban kecelakaan sepeda motor di Kampung Sekarwangi RT 01/17 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin, 17 Juni 2024. | Foto: Istimewa
Gadget18 Juni 2024, 16:00 WIB

Spesifikasi HP Nubia Neo 2 5G, Smartphone Gaming dengan Harga Rp 2 Jutaan

Dengan diluncurkannya Nubia Neo 2 5G di Indonesia, ZTE Mobile Devices memberikan pilihan yang menarik bagi para gamer yang mencari ponsel dengan performa tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau.
Nubia Neo 2 5G merupakan pilihan yang menarik bagi para gamer yang mencari HP gaming dengan harga terjangkau. (Sumber : Nubia.com).
Life18 Juni 2024, 15:30 WIB

11 Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Dengan mengikuti aturan makan ini, penderita kolesterol tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Makanan Sehat. Simak Aturan Makan Sehat untuk Penderita Kolesterol, Bantu Jaga Kesehatan Jantung (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Sukabumi18 Juni 2024, 15:08 WIB

Traffic Light Roboh Belum Ditangani, Bahayakan Pengendara di Palabuhanratu Sukabumi

Lampu lalu lintas di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidak berfungsi.
Kondisi traffic light di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juni 2024, 15:05 WIB

Dijuluki Timnas Pusat di Euro 2024, Kisah Pesepak Bola Sukabumi Jadi Kapten Belanda

Salah satu pesepak bola Belanda zaman dulu ternyata berasal dari Sukabumi.
Timnas Belanda di Euro 2024. | Foto: Instagram/@oranje_indonesia
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)