Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Minggu 05 Mei 2024, 12:39 WIB
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)

Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Desa Banjarsari Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi tak kunjung tersentuh oleh pemerintah daerah setempat.

Hingga kini, jembatan yang memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 1,5 meter itu kondisinya masih memprihatinkan. Badan jembatan yang terdiri dari papan kayu sudah lapuk serta tak sedikit kawat seling jembatan putus. Keadaan ini membuat was-was warga, apalagi saat melintasi jembatan dalam kondisi sungai meluap.

"Jembatan itu sudah berusia 40 tahun. Hingga saat ini belum ada perbaikan juga," ujar Kepala Desa Banjarsari, Tajudin kepada sukabumiupdate.com, Minggu (5/5/2024).

Tajudin mengatakan, jembatan yang hanya bisa dilalui pejalan kaki dan motor ini begitu penting karena menghubungkan antara Kampung Cimahi Desa Banjarsari Kecamatan Cidadap dengan Kampung Sindangkerta Desa Curugkembar Kecamatan Curugkembar.

"Jembatan ini akses penghubung, akses pertanian, serta pendidikan. Banyak anak-anak sekolah dari Desa Banjarsari yang sekolahnya ke Curugkembar dan Sagaranten. Sangat menghawatirkan, kayunya lapuk, kawat sling beberapa diantaranya sudah putus, serta besi-besi berkarat," ungkapnya.

Baca Juga: Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Menurut Tajudin, selama ini perbaikan jembatan gantung yang melintang di atas sungai Cibodas tersebut mengandalkan swadaya pemdes dengan masyarakat.

"Sudah tidak terhitung kami bersama warga melakukan perbaikan. Jembatan itu menghubungkan jalan kabupaten ruas Cikadu-Ciawi, jadi kewenangannya adalah Pemda Kabupaten Sukabumi, dalam hal ini Dinas PU," tuturnya.

"Sudah banyak insiden yang terjadi saat warga melintas, mulai dari pedagang seblak, penjual cue, penjual krupuk, bahkan anak sekolah, yang terperosok, dan nyaris jatuh ke sungai. Sudah beberapa kali kami dan warga memperbaikinya, namun tidak tahan lama," tambahnya.

Jembatan Cibodas tengah diperbaiki swadaya oleh Pemdes Banjarsari, Ormas PP Cidadap, Karang Taruna, pemuda dan warga, Minggu (5/5/2024). | Sumber Foto: Kades Banjarsari, Tajudin.Jembatan Cibodas tengah diperbaiki swadaya oleh Pemdes Banjarsari, Ormas PP Cidadap, Karang Taruna, pemuda dan warga, Minggu (5/5/2024). | Sumber Foto: Kades Banjarsari, Tajudin.

Tajudin menuturkan, sekitar tahun 2021-2022 silam, pihaknya mendapatkan informasi bahwa jembatan Cibodas ini akan dibangun dengan anggaran sebesar Rp12 Miliar dari bantuan anggaran Provinsi Jawa Barat melalui Dinas PU Kabupaten Sukabumi, akan tetapi dengan alasan adanya Covid 19 sehingga tidak terlaksana. Dan sampai saat ini, lanjut dia, pihaknya belum mendapatkan informasi lagi mengenai hal itu.

"Adapun upaya kami selama menjabat kepala desa, sudah dua kali membuat proposal ke Provinsi Jawa Barat, begitupun ke Dinas PU Kabupaten Sukabumi, melalui UPTD PU Sagaranten, bahkan menurut UPTD, tiap tahun diusulkan. Bahkan selama ini, terutama menjelang Pilkada, sering ada yang datang ke lokasi mengukur dan memfoto. Hanya sebatas itu saja, namun tidak pernah ada realisasi," tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten Dedi Junaedi melalui Kabag TU, Ami Amalia, membenarkan jembatan tersebut berada di jalan kabupaten, ruas Cikadu - Ciawi. Menurut dia, perbaikan jembatan setiap tahunnya selalu diusulkan oleh PU, namun terkendala anggaran.

"Tiap tahun UPTD Sagaranten selalu mengusulkan untuk penanganan perbaikan," tuturnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:02 WIB

Warisan Budaya Takbenda, Tari Cepet Sukabumi Dilestarikan 9 Sanggar di Ciracap

Tari cepet masih dilestarikan sejumlah sanggar di Ciracap Sukabumi. Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) itu diharapkan jadi daya tarik wisata di Geopark Ciletuh.
Topeng cepetan yang dibuat perajin asal Kampung Jaringao RT 07/05 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang