Perumdam TJM Sukabumi Suplai Air Bersih untuk Kebutuhan Pemudik di Parungkuda

Selasa 16 April 2024, 14:50 WIB
Mobil toilet gratis yang disediakan Kementerian PUPR di posko mudik disuplai air bersih dari Perumdam TJM Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Mobil toilet gratis yang disediakan Kementerian PUPR di posko mudik disuplai air bersih dari Perumdam TJM Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Sukabumi, menyuplai puluhan ribu liter air bersih untuk kebutuhan pemudik melalui mobil toilet gratis yang disediakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selama musim libur Lebaran 2024.

Mobil toilet gratis telah tersedia di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, dekat Gerbang Tol Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, mulai dari 4-14 April 2024.

Plh Koordinator Tangki Perumdam TJM Sukabumi, Ganjar Munajat, menyatakan bahwa masing-masing mobil toilet memiliki kapasitas 4000 liter, dibagi menjadi dua tangki, dengan pengisian ulang dimulai sejak awal libur Lebaran.

"Kita isinya setiap malam, karena PUPR mintanya malam, selain itu kalau siang macet. Isinya selang sehari, jadi dalam waktu dua hari hanya butuh satu kali isi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (15/4/2024).

Namun, Ganjar menjelaskan bahwa Perumdam TJM Sukabumi tetap fleksibel, dan jika PUPR melaporkan bahwa air telah habis, mereka akan segera mengirimkan pengisian ulang.

Menurut Ganjar, Perumdam TJM Sukabumi telah mengirimkan 13 rit pengiriman air ke mobil toilet PUPR. "Setiap ritnya mengirimkan 4.000 liter air, jadi jika kita telah mengirimkan sepuluh rit, itu berarti 52.000 liter air yang telah didistribusikan," jelasnya.

Petugas Teknik, Tanggap Darurat Permukiman Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Salam menyatakan bahwa mobil toilet gratis tidak ada kekurangan pasokan air selama musim libur Lebaran 2024.

"Kami terus memantau pasokan air, dan sampai saat ini, 4.000 liter yang kami sediakan setiap hari tidak pernah habis. Sumber air kami berasal dari Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi," tuturnya.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa Kementerian PUPR secara rutin setiap tahun Lebaran menyediakan fasilitas toilet mobil khusus untuk pemudik, terutama yang dilengkapi dengan vakum tinja dan penampungan air masing-masing sebesar 2.000 liter.

Lebih lanjut, Salam menyatakan bahwa di Sukabumi terdapat dua unit toilet mobil yang dilengkapi dengan vakum tinja. Fasilitas yang disediakan di dalam toilet mobil mencakup dua kamar mandi dengan shower, serta closet duduk yang dapat digunakan oleh pemudik untuk mandi dan bersih-bersih.

"Selain itu, terdapat juga fasilitas AC yang dapat digunakan oleh pemudik dan wisatawan yang menuju arah Pelabuhanratu atau sebaliknya. Fasilitas ini tersedia untuk melayani selama 24 jam," pungkasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 Mei 2024, 07:05 WIB

Ibu Muda di Sukabumi Ini Sudah Sepekan Hilang, Terakhir Bilang ke Suami Mau Tukar Cincin

Berikut kronologi hilangnya Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan sudah sepekan hilang.
Foto Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan hilang. (Sumber : Istimewa)
Life23 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Rutinitas Sehat Pagi Hari yang Biasa Dilakukan Orang Sukses

Dengan mengadopsi beberapa atau semua kebiasaan baik di pagi hari ini, Anda bisa memulai hari dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Pagi, Bisa Menurunkan Berat Badan (Sumber : Freepik)
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)