Polisi Bantah Kabar di FB, Identitas Mayat Wanita di Cireunghas Sukabumi Masih Misterius

Jumat 05 April 2024, 04:33 WIB
Petugas saat evakuasi mayat wanita tanpa identitas di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Petugas saat evakuasi mayat wanita tanpa identitas di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Identitas mayat wanita paruh baya yang ditemukan membusuk di lahan kosong, tepatnya di Kampung Cijambe, RT 03/RW 05, Desa Cireunghas, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, hingga kini belum teridentifikasi alias masih misterius.

Hal itu disampaikan Kapolsek Cireunghas Mapolres Sukabumi Kota Iptu Hendrayana saat menanggapi beredarnya kabar dari akun media sosial Facebook (FB) bernama Muhammad Isa, yang mengaku mengenali sosok jasad tersebut.

Hendrayana memastikan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari warga yang mengaku sebagai anggota keluarga atau kerabat korban.

“Sampai saat ini belum ada yang datang ke Polsek atas nama keluarga atau pihak yang mengenali ciri-ciri jenazah dan menyampaikan mengenali jenazah Mrs X,” ujar Hendrayana kepada sukabumiupdate.com, Kamis (4/4/2024).

Ia juga menampik kabar dari akun facebook tersebut bahwa dari pihak keluarga korban telah mengajukan proses ekshumasi terhadap jenazah korban.

“Itu belum ada (pengajuan ekshumasi). Justru kalau ada yang mengenali jenazah kita masih mencari identitasnya (akun facebook tersebut),” jelas dia.

Baca Juga: Geger, Mayat Wanita Paruh Baya Tanpa Identitas di Cireunghas Sukabumi

Lebih lanjut, Hendrayana menegaskan bahwa tidak ada ciri-ciri khusus terhadap jasad korban, karena saat ditemukan korban dalam keadaan sudah mengalami pembusukan.

“Ciri-ciri khusus tidak terlihat karena sudah membusuk, itu pake baju hitam, kerudung instan warna pink berbunga, umurnya kisaran 55 sampai 60 tahun,” tutur dia.

Hendrayana menyebut saat ini korban sendiri sudah dimakamkan. Hal itu karena sesuai prosedur bahwa apabila ada mayat tanpa identitas tidak ada yang mengenali selama dua hari, maka pihak rumah sakit akan menguburkannya.

“Sesuai prosedur Mrs x (mayat tanpa identitas) apabila 2 hari tidak ada pihak yang mengenali, maka dimakamkan oleh pihak rumah sakit,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, wanita paruh baya tanpa identitas diperkirakan berusia 60 tahun ditemukan tak bernyawa di lahan kosong gegerkan Warga Kampung Cijambe, RT 03/05, Desa Cireunghas, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penemuan mayat itu pertama kali diketahui oleh warga pada Minggu 31 Maret 2024 sekira pukul 08:00 WIB pagi, sebelumnya warga merasa curiga dengan adanya bau tak sedap sejak sepekan kebelakang.

Pada Rabu 3 April 2024, grup media sosial Sukabumi Facebook kemudian viral usai akun Muhammad Isa membuat unggahan yang mengaku mengenal dengan sosok jasad wanita tersebut. Namun setelah viral, pemilik akun menghapus unggahannya itu.

Meski begitu, tangkapan layar unggahan itu telah beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp. Berikut isi dari unggahan akun Muhammad Isa tersebut:

‘Innalillahi ya alloh ya rabb, mayat di Cilangla teh wawuh dek eta ya alloh ya rabb, lain orang jakarta lain jajauhanan org jakarta, eta nenek2 tos sepuh, kunaon apal? Aya gelang wauh pamere tatanggana, beliau penyakit jiwa, sedang berobat jalan, tiap minggu anaknya ambilin obat di puskesmas Cireuhas pake bpjs bareng sama saya karena saya juga ambil obat jiwa pake bpjs skizoprenia harus minum obat seumur hidup, beliau udah pergi 4 harian kata keluarganya’

‘Saya inget ketika beliau masih sehat, beliau orang yang baik banget ya alloh, saya pernah dulu ngamuk2 di deket rumah beliau, tapi beliau merawat saya, memberi makanan, bahkan saya mengunap dirumahnya, beliau ikhlas menolong saya dulu secara gratis, beliau waktu itu masih sehat’

‘Beliau tinggal bersama suaminya yang sudah sepuh yang sama2 baik banget, orang soleh orang ridho ya alloh’

‘Sekarang anaknya sudah bikin berita acara pengen tau otopsi detail digali lagi kuburannya. Kalo bisa di pindahin katanya, krena sudah dikuburkan tanpa identitas’

‘Tapi lama prosesnya, gak ditanggepin serius, satset kata orang sunda, emang harus sabar nunggu apa gimana yah karena karena kita gak terlalu mengerti tentang proses itu. Pengennya dipercepat, atau harus pake pangleueur (duit) atau gimana yah biar dipercepat’

‘Karena saya orang awam nggak ngerti, klo pake duit juga gk papa kata keluarganya berapa juga, asal bisa diproses keluarganya bisa lihat’

“Minta doanya ke semua teman2 FB,
Sedih lihat nya ya alloh,” tulisnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat14 Mei 2024, 11:15 WIB

Polisi Tetapkan Sopir Bus Kecelakaan Maut Rombongan SMK Jadi Tersangka

Penetapan tersangka ini atas keterangan 13 saksi, termasuk 2 di antaranya saksi ahli.
Kondisi bus pariwisata Putera Fajar pasca-kecelakaan di Subang, Jawa Barat. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 11:15 WIB

Inilah 4 Alasan Mengapa Bayi Rewel di Malam Hari yang Perlu Diketahui Orang Tua

Salah satu hal tersulit adalah saat kita sering kali merasa bingung dengan apa yang sedang terjadi. Mereka mungkin merasa seperti orang tua yang tidak mampu karena tidak bisa menghentikan rewel bayinya.
Ilustrasi alasan mengapa bayi rewel di malam hari (Sumber : Pexels.com)
Sukabumi14 Mei 2024, 11:05 WIB

Heboh Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi, Pelaku Langsung Ditangkap

Belum diperoleh informasi lebih lengkap soal kronologi dan motif pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Seorang ibu diduga dibunuh anaknya di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 11:00 WIB

4 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita asam urat sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik tentang diet yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan mereka.
Ilustrasi Salmon  - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)
Sehat14 Mei 2024, 10:45 WIB

Hempaskan Kolesterol Tinggi! Ini 7 Manfaat Campuran Cuka Apel dan Kunyit

Ternyata menurunkan kolesterol tinggi dapat dibantu dengan minuman yang terbuat dari cuka apel dan kunyit, lalu dikonsumsi ketika perut kosong secara rutin
7 manfaat campuran Cuka Apel dan Kunyit yang bisa hempaskan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 10:30 WIB

7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

Kolesterol tinggi ternyata bisa dialami oleh wanita usia 50 an, bahkan tanda-tandanya bisa begitu terasa sehingga harus diwaspadai begitu merasakan sesuatu yang tidak biasa dalam tubuh
7 tanda kolesterol tinggi yang dirasakan di bagian kaki, pada wanita dengan usia 50 tahunan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi14 Mei 2024, 10:17 WIB

Drh Slamet Sosialisasikan Empat Pilar di Nyalindung Sukabumi

Slamet membahas Empat Pilar Kebangsaan dan pentingnya masyarakat menjaganya.
Drh Slamet sosialisasikan Empat Pilar MPR RI di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Minggu (5/5/2024). | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain yang Pernah Kejam Menyakiti Kita

Memaafkan bukanlah hal yang mudah, tetapi itu adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri.
Ilustrasi - Memaafkan bukanlah hal yang mudah, tetapi itu adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri. (Sumber : Freepik.com).
Nasional14 Mei 2024, 09:50 WIB

Tembus 50 orang, Korban Tewas Banjir Lahar Dingin dan Longsor di Sumbar

Data ini masih bisa berkembang seiring penanganan di lokasi terdampak.
Kondisi setelah banjir lahar dingin di Sumbar pada Sabtu malam, 11 Mei 2024. | Foto: BNPB
Inspirasi14 Mei 2024, 09:30 WIB

Lulusan SMA Punya SIM B? Coba Daftar Loker Jawa Barat Berikut!

Untuk Lulusan SMA yang Punya SIM B, Yuk Coba Daftar Loker Jawa Barat Berikut Ini!
Ilustrasi. Supir | Lulusan SMA Punya SIM B? Coba Daftar Loker Jawa Barat Berikut! (Sumber : pixabay.com/@JanMacarol)