Pemkab Sukabumi Soal Nasib Guru dan Tenaga Pendidikan

Senin 15 Januari 2024, 22:38 WIB
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman didampingi Kadisdik Eka Nandang Nugraha menerima audiensi FPHI (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman didampingi Kadisdik Eka Nandang Nugraha menerima audiensi FPHI (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman didampingi Kepala Dinas Pendidikan Eka Nandang Nugraha menerima audiensi FPHI (Front Pembela Honorer Indonesia) Kabupaten Sukabumi di aula BKPSDM, Senin (15/01/2024)

Melalui audiensi tersebut, FPHI menyampaikan aspirasi para guru pendidikan agama islam terkait dengan pengangkatan guru Honorer PAI. Hal tersebut berhubungan dengan kebijakan pengangkatan guru Honorer atau guru PPPK.

Sekda Ade menyambut baik usulan dan aspirasi yang disampaikan, menurutnya semua saran akan diakomodir dan menjadi bahan pertimbangan.

"Formasi itu, kita sebetulnya formasi sudah ada aturan hukumnya, kita tampung dulu berapa kebutuhan untuk Kabupaten Sukabumi. Mereka mengusulkan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan kita tampung semua aspirasi mereka," kata Ade kepada sukabumiupdate.com usai audiensi.

Baca Juga: Audiensi FPHI Minta Pemkab Sukabumi Perjuangkan Nasib Guru dan Tenaga Kependidikan

Hasil dari mediasi ini, lanjut Ade, menekankan bahwa kebutuhan pegawai harus sesuai dengan aturan. Ia mengakui bahwa Kabupaten Sukabumi membutuhkan lebih banyak pegawai mengingat luasnya wilayah dan jumlah penduduk yang banyak. Saat ini, hanya terdapat 12.123 pegawai gabungan, sementara untuk pegawai PPPK sekitar 3.000 dan pegawai PNS sekitar 8.000.

"Kita kalau kebutuhan secara keseluruhan, saya sudah hitung untuk di wilayah Kabupaten Sukabumi itu, sekitar 24.500 pegawai idealnya. Pasti yang kosongnya itu bisa dimasuki oleh tenaga honorer," tuturnya.

Para guru dari FPHI Kabupaten Sukabumi berharap mendapat dukungan dari pemerintah daerah, dan Ade berjanji untuk mendorong usulan FPHI ini. Namun, ia menegaskan bahwa formulasi pengadaan pegawai bukan hanya kewenangan pemerintah daerah, melainkan juga kewenangan pemerintah pusat.

Terkait dengan usulan dari anggota DPRD yang mengusulkan tes terlebih dahulu bagi honorer yang bekerja di atas 10 tahun pada tahun 2024, Ade menyatakan bahwa pihaknya telah berupaya mendorong. Namun, pengadaan pegawai sepenuhnya berada di bawah kendali Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB).

Maka dari itu, sambung Ade, kemampuan keuangan itu bukan dari pihaknya, namun telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 Pasal 146 (1), yang menyatakan belanja pegawai itu tidak boleh lebih dari 30 persen.

"Pemerintah daerah hanya mengusulkan saja. Mudah mudahan pemerintah pusat memberikan dana yang besar kepada pemerintah daerah," pungkasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola30 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi PSS Sleman vs Persib Bandung: Laga Pamungkas Liga 1 Reguler Series!

Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series.
Persib Bandung hari ini akan memainkan laga pamungkas Liga 1 2023/2024, Reguler Series. (Sumber : X@persib/@PSSleman).
Sukabumi30 April 2024, 11:37 WIB

Satu Tewas, Kronologi Kecelakaan Maut Truk Tabrak Mobil di Palabuhanratu Sukabumi

Truk menabrak mobil pick-up nomor polisi F 8677 VC yang terparkir di kiri jalan.
Kondisi mobil pick-up yang terlibat kecelakaan maut di Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (30/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat30 April 2024, 11:30 WIB

Pikiran Jadi Tenang, Ini 5 Buah-buahan yang Bisa Meredakan Stres dan Cemas

Meredakan stres dan cemas sesungguhnya bisa diredakan dengan mengonsumsi sejumlah buah-buahan yang sangat recomendeed menurut medis.
Ilustrasi. Buah-buahan yang meredakan stres dan cemas. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life30 April 2024, 11:10 WIB

Bicarakan, Begini 4 Cara Mengetahui Apakah Anak Senang di Sekolah

Anak-anak akan terlihat sumringah dan bahagia ketika akan pergi ke sekolah. Namun hal tersebut bukan indikasi bahwa anak senang di sekolah.
Ilustrasi anak senang di sekolah. | Foto: Pexels.com/@Tima Miroshchenko
Life30 April 2024, 11:00 WIB

Tetap Tenang, 8 Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup

Terlihat Tetap Tenang, Inilah Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Kebiasaan. Orang bahagia | Sikap Orang Bijaksana Saat Menghadapi Masalah Hidup Foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Life30 April 2024, 10:48 WIB

Lewat 9 Pertanyaan Ini, Apakah Anak Prasekolah Tunjukkan Ketidakmampuan Belajar

Anak Anda mungkin baru berusia 3 atau 4 tahun, tetapi cara mereka berperilaku di kelas dapat memberi Anda petunjuk tentang perkembangannya.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik/@jcomp
Life30 April 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mempengaruhi Orang Lain Agar Mau Diperintah Kita, Ini Rahasianya

Skill mempengaruhi orang lain harus dimiliki oleh semua orang. Ini sangat berguna dalam kehidupa sosial, di mana perannya vital sekali.
Ilustrasi. Cara mempengaruhi orang lain. Sumber foto : Pexels/ RDNE Stock project
Life30 April 2024, 10:22 WIB

Temukan Solusi Positif, Ini 6 Cara Membantu Anak Mengatasi Kemarahannya

Mengapa anak-anak kecil bersikap keras ketika mereka sedang marah, dan bagaimana Anda dapat lebih memahami perilaku mereka? Berikut cara menangani anak yang pemarah dan agresif.
Ilustrasi anak marah. | Foto: Freepik/@jcomp
Sukabumi30 April 2024, 10:13 WIB

Heboh! Warga Cisaat Sukabumi Temukan Dua Senjata Laras Panjang Terkubur di Tanah

Senjata api laras panjang ini ditemukan dalam keadaan sudah berkarat.
Dua senpi laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Istimewa
Life30 April 2024, 10:00 WIB

Terlalu Fokus Pada Masa Lalu! 10 Ciri Orang yang Sulit Sukses dalam Hidupnya

Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali.
Ilustrasi - Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali. (Sumber : pexels.com/@MART PRODUCTION).