Diduga Maling Motor, Pemuda Ini Diamuk Massa di Exit Tol Parungkuda Sukabumi

Sabtu 30 Desember 2023, 22:16 WIB
Diduga Curanmor, Seorang pemuda ditangkap warga dan petugas kepolisian yang tengah berjaga di Exit Tol Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)

Diduga Curanmor, Seorang pemuda ditangkap warga dan petugas kepolisian yang tengah berjaga di Exit Tol Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pemuda ditangkap warga dan petugas kepolisian yang tengah berjaga di Pos Pam Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Ia diamankan dari amukan massa karena telah berbuat onar dan dicurigai hendak maling motor, Sabtu (30/12/2023).

Peristiwa penangkapan yang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB itu sempat menjadi tontonan warga dan pengguna jalan khususnya para pengendara mobil yang memasuki pintu Exit Tol Parungkuda Desa Sundawenang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemuda tersebut berinisial W (22 tahun) warga Desa Pawenang Kecamatan Nagrak. Ia diamankan dari halaman parkir Rumah Makan Ayam Bakar Kang Yana, yang lokasinya tak jauh dari pintu Exit Tol Bocimi Seksi 2 tersebut.

Komandan Posko Terpadu Parungkuda, Ipda Pready Sandha Purba mengatakan, saat kejadian petugas Kepolisian tengah melaksanakan pengaturan lalu lintas. Kemudian mendapatkan laporan masyarakat bahwa ada seorang pemuda diduga hendak maling motor di rumah makan tersebut.

“Petugas kemudian segera merespons dengan mengamankan pemuda tersebut. Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya amukan massa dan menjaga ketertiban di lokasi,” kata Pready kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Arus Libur Tahun Baru, Cerita Pengendara Terjebak Macet di Parungkuda Sukabumi

Lebih lanjut Pready menuturkan, anggotanya kemudian meminta bantuan dari petugas Pos Pam Parungkuda, Kapolsek Parungkuda, dan anggota Koramil Parungkuda yang juga tengah berjaga memantau arus lalu lintas.

"Upaya koordinasi ini dilakukan untuk memastikan penangkapan dilakukan dengan prosedur yang benar dan aman," jelasnya.

Sementara itu, pemilik restoran, Yana Suryana (53 tahun) menceritakan saat kejadian pihaknya hendak melaksanakan salat asar sehingga lokasinya saat itu berada di ruang belakang restoran.

"Tiba-tiba terdengar teriakan di depan (tempat parkir restoran), saya langsung melihat dan bingung, ada masalah apa yang terjadi. Ternyata, petugas keamanan menegur pelaku, karena terlihat mencurigakan," ujarnya.

Saat itu ia melihat pemuda tak dikenal tengah memegangi stang motor milik karyawannya.

"Udah mainin motor, tapi belum sempat didorong, langsung ditegur. pelaku emosi dan berontak, hingga langsung menendang dan mengeluarkan pukulan. Alhamdulillah saya tidak terkena, tapi yang sempat terkena Pak Asep (security),” paparnya.

"Kalau orang normal, untuk apa masuk ke wilayah restoran seorang diri, jika tidak ada tujuan lain. Yang masuk ke sini mungkin tujuannya untuk makan kan, terkecuali tamu yang dikenal, sedangkan itu tidak dikenal," imbuhnya.

Menurut Yana, saat ditangkap pemuda itu bertingkah seperti tidak waras. “Entah karena pengaruh minuman keras atau lainnya, karena saat ditangkap belaga tidak sadar bahkan berontak berkali-kali," pungkasnya.

Terpisah, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, Kapolres Sukabumi, mengapresiasi tindakan cepat dan sigap dari petugas Pos Pam Terpadu Parungkuda.

“Orang yang diduga sebagai pelaku pencurian kendaraan kini telah diamankan dan dibawa ke Markas Kepolisian Sektor Parungkuda untuk proses lebih lanjut,” kata Maruly.

Kejadian ini menurut Maruly menjadi bukti nyata bahwa sinergi antara masyarakat dan aparat keamanan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)