Menhan Prabowo Resmikan 5 Titik Sumber Air Bersih di Jampang Sukabumi

Sabtu 30 Desember 2023, 17:38 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat memantau proses pemasangan pipa dan instalasi air bersih di Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (30/12/2023). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Menhan Prabowo Subianto saat memantau proses pemasangan pipa dan instalasi air bersih di Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (30/12/2023). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto secara langsung menyerahkan dan meresmikan bantuan pipa untuk penyaluran air bersih di lima titik di wilayah Pajampangan Kabupaten Sukabumi, Sabtu (30/12/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sumber-sumber air yang akan dimanfaatkan oleh hampir 1.500 kepala keluarga (KK) ini merupakan hasil dari penelitian, eksplorasi, dan bagian dari program pengabdian masyarakat Satuan Tugas (Satgas) Air Universitas Pertahanan (Unhan), sebuah perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Pertahanan.

Prabowo mengatakan bahwa dirinya sudah memberikan petunjuk kepada satgas Unhan agar mengkaji cara untuk terus bagaimana bisa meningkatkan bantuan air bersih tidak hanya untuk kepentingan di rumah, tetapi bisa membantu pertanian.

"Mudah mudahan kita bisa terus membantu dusun-dusun yang masih membutuhkan air bersih,” ujar Prabowo di Desa Karanganyar Kecamatan Jampangkulon.

Menhan Prabowo kemudian berharap agar masyarakat penerima manfaat dapat menjaga sarana dan prasarana yang telah diberikan.

“Saya titip bahwa air ini sangat penting, untuk itu air harus dihemat, jangan dibiarkan dibuang-buang atau sia-sia tidak dimanfaatkan," jelasnya.

"Nanti kita juga akan berusaha membuat proyek proyek percontohan bagaimana air bisa didaur ulang, yang mana air itu dipake kemudian air itu dibersihkan kemudian dipake lagi dan seterusnya," sambungnya.

Baca Juga: Kapal Cina Terobos Perairan Natuna, Prabowo: Kita Cool Saja

Prabowo menegaskan bahwa kedepannya fasilitas air bersih harus dimiliki setiap dusun. Kemudian di setiap desa harus ada embung dan kolam kolam yang nantinya bisa menampung air pada saat musim hujan. Sehingga pada saat musim kemarau, air itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Perlu buat embung embung, perlu buat kolam kolam untuk menampung air pada saat musim hujan, banyak ditampung kemudian untuk bisa dimanfaatkan berbagai macam, untuk pelihara kolam kolam ikan, juga untuk pengairan dan sebagainya," tandasnya.

Terpisah Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang hadir mendampingi kunjungan Menhan Prabowo menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan Kementrian Pertahanan RI kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi.

"Ini adalah kado istimewa untuk Kabupaten Sukabumi, rasa syukur masyarakat di wilayah pajampangan, mudah mudahan apa yang disampaikan untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Kehadiran Prabowo untuk meresmikan sumber air bersih ini disambut antusias oleh masyarakat setempat. Ribuan warga terlihat sumringah dan bersyukur atas langkah positif yang diambil pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka akan air bersih.

Momen Menhan Prabowo Subianto bersama warga menikmati air bersih dari  pipa bantuan dari Kementerian Pertahanan.Momen Menhan Prabowo Subianto bersama anak-anak bermain air yang mengalir dari pipa bantuan Kementerian yang dipimpinnya.

Salah satunya Iwan (30 tahun), yang mengaku sangat bahagia dengan adanya sumber air bersih ini. "Sangat alhamdulillah, sangat luar biasa, jadi tidak jauh jauh lagi untuk mengambil air. Saya biasanya mengambil air itu kurang lebih 1 Km," kata Iwan.

"Sekali saya ucapkan terima kasih kepada bapak Prabowo yang telah membantu warga di sini, semoga bapak sukses selalu dan semoga bapak panjang umur sehingga bisa memberikan bantuan yang lebih daripada ini," sambungnya.

Dalam acara tersebut, Prabowo secara langsung memantau proses pemasangan pipa dan instalasi air bersih di Dusun Lembur Jami dan Dusun Cimala, yang terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon.

Sedangkan untuk sumber dan instalasi air bersih di empat lokasi lain juga mulai dapat dimanfaatkan oleh warga, yaitu di Dusun Ngluwung, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon; Dusun Ciranjang Sawah, Desa Karangmekar, Kecamatan Cimanggu; Dusun Kuta, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya; serta Dusun Sindanghayu, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya.

Total pipa air yang terpasang dalam program bantuan itu ialah sepanjang 30,55 kilometer.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota