Dilindungi Jamsostek, Pj Wali Kota Sukabumi Ingatkan Pentingnya Jadi PMI Legal

Jumat 15 Desember 2023, 17:18 WIB
Pj Walikota Sukabumi Kusmana Hartadji menyerahkan secara simbolis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi ART di acara bursa kerja terbatas. (Sumber : Istimewa)

Pj Walikota Sukabumi Kusmana Hartadji menyerahkan secara simbolis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi ART di acara bursa kerja terbatas. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar bursa kerja terbatas dengan membuka lowongan pekerjaan ke Arab Saudi bagi Asisten Rumah Tangga (ART).

Bursa kerja yang diinisiasi Disnakertrans Jabar tersebut dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, di Gedung Juang 45, Kota Sukabumi, Kamis (14/12/2023).

Dalam sambutannya, Kusmana menyampaikan pentingnya menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) prosedural atau legal serta sudah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek).

“Dengan menjadi PMI legal para pekerja terhindar dari kerugian yang sangat besar dan tentunya jika sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan maka jika terjadi resiko semua akan ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan,” kata pria yang akrab disapa Tutus tersebut.

Baca Juga: Layanan Autodebet JMO BPJS Ketenagakerjaan, Kemudahan Pembayaran Iuran Antitelat

Ia juga mengatakan bahwa perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh para pekerja informal seperti tukang ojek atau asisten rumah tangga yang ada di rumah.

“Negara hadir melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan kepada pekerja,” tandasnya.

Kepala Disnaker Kota Sukabumi Abdul Rachman menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang berada di wilayah Kota Sukabumi, saat ini sedang dibuka peluang kerja ke arab saudi secara terbatas.

“Kami sangat menghimbau kepada masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri untuk mengikuti aturan atau prosedur yang berlaku agar ketika berangkat ke negara penempatan sampai kembali lagi ke Indonesia dengan selamat dan aman,” ucapnya.

Menurut Abdul, para PMI juga berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan. Dengan menjadi peserta, maka para PMI bisa bekerja dengan aman dan nyaman tanpa ada rasa khawatir atau cemas.

Pada acara itu juga dilakukan simbolis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan langsung oleh Pj Walikota Sukabumi Kusmana Hartadji, di mana salah satu Pegawai Non ASN dari Disnaker Kota Sukabumi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melindungi asisten rumah tangga nya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentunya hal ini mendukung implementasi Surat Edaran Walikota Sukabumi Nomor HK 02.01/1609/DISNAKER/2023.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan menjadi kebutuhan dasar bagi setiap pekerja, baik pekerja di sektor formal, informal maupun pekerja migran Indonesia.

“Negara hadir melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan dasar berupa perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh pekerja di Indonesia,” ucapnya. (ADV).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)