BPBD Turunkan 8 Tim, Korban Tenggelam Ditemukan di Dasar Sungai Cicatih Sukabumi

Kamis 09 November 2023, 17:18 WIB
BPBD dan Tim SAR mengevakuasi jenazah MI (16 tahun) dari Sungai Cicatih Cibadak Sukabumi, Kamis (9/11/2023). |  Foto: Basarnas

BPBD dan Tim SAR mengevakuasi jenazah MI (16 tahun) dari Sungai Cicatih Cibadak Sukabumi, Kamis (9/11/2023). | Foto: Basarnas

SUKABUMIUPDATE.com - BPBD Kabupaten Sukabumi turut melaksanakan Ops SAR seorang remaja yang hilang karena tenggelam, di Sungai Cicatih tepatnya di Kampung Baru RT 04/04, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/11/2023).

Satgas PB BPBD Kabupaten Sukabumi, M. Imam Ihsani Kamal menjelaskan, untuk kegiatan Ops SAR pada Kamis (9/11/2023) terkait pencarian anak yang hilang akibat tenggelam di sungai Cicatih dilakukan sesuai jadwal, sekitar pukul 08.00 WIB.

"Kita mulai pencarian di lokasi pencarian, dengan 8 personil yang diturunkan dari BPBD Kabupaten Sukabumi, dan alhamdulillah sekira pukul 09.50 WIB, korban bisa ditemukan," ujar Imam kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Perbaiki Daerah Irigasi Cibeber Sukabumi, Dinas PU Habiskan Rp7 Miliar

Imam mengungkapkan, alat yang diturunkan dari BPBD Kabupaten Sukabumi, ada pelampung, namun untuk perahu tidak sempat digunakan, karena sudah ada dari Basarnas.

Adapun peralatan; seperti helm, dan penunjang-penunjang yang lain itu sudah digunakan sesuai standar operasi pencarian.

"Pencarian alhamdulillah diberikan kemudahan, walaupun air tenang akan tetapi dibawah itu arusnya cukup kuat, karena itu muara. Tapi berkat kerjasasama dengan tim yang ada di lokasi jadi membantu," imbuhnya.

Lebih jauh, Imam memberikan himbauan kepada masyarakat agar kejadian serupa tidak kembali terjadi di masa mendatang. Seperti, tidak melakukan hal-hal yang di luar kemampuan.

"Kalau tidak bisa berenang, jangan memaksakan untuk berenang, karena sungai yang tenang itu belum tentu aman, dan ternyata yang terjadi seperti kejadian korban yang berenang di sungai kedalam 3 meter," ucapnya.

Baca Juga: Anggota DPRD Sukabumi Pertanyakan Selisih Anggaran Rp16 Miliar di APBD 2023

"Atau kalau untuk dikondisi sungai itu, kita tidak tahu alam itu, bisa jadi di hulu itu sudah terjadi hujan, dan ada banjir dari hulu yang akan sampai ke hilir. Itu harus diantisipasi, karena tidak bisa langsung dilihat secara kasat mata," lanjutnya.

Dalam antisipasinya, kata Imam, beberapa dari relawan 'standby' saat tadi malam di lokasi kejadian, untuk memastikan lokasi steril. "Karena saat tadi malam, khawatir warga inisiatif membantu dan dikhawatrikan malah menambah korban," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Tim SAR gabungan berjumlah 70 orang berhasil menemukan remaja yang tenggelam di Muara Sungai Cicatih berinisial MI (16 tahun). Korban ditemukan dalam operasi penyelamatan di Kampung Baru RT 04/04 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/11/2023).

Koordinator Pos SAR Sukabumi Suryo Adianto mengatakan korban ditemukan sudah meninggal di dasar sungai oleh tim yang melakukan operasi pencarian menggunakan alat aqua eye dan tim penyelam. Jenazah MI ditemukan pada kedalaman sekitar tiga meter, Kamis ini sekira pukul 09.50 WIB, setelah terdeteksi oleh aqua eye.

Baca Juga: 3 Jenis Terapi untuk Mengatasi Gangguan Mental pada Anak, Berikut Penjelasannya

Jenazah MI kemudian berhasil diangkat oleh tim penyelam. "Korban ditemukan setelah terdeteksi oleh aqua eye terdapat objek pada kedalaman tiga meter dan sekitar tiga meter dari lokasi kejadian. Ketika ditemukan korban hanya memakai celana warna hitam," kata Suryo kepada sukabumiupdate.com lewat keterangannya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa