Singgung Kenakalan Remaja, Kadisdikbud Bicara Peran Dewan Pendidikan Sukabumi

Jumat 13 Oktober 2023, 14:31 WIB
Kadisdikbud Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat membeberkan peran Dewan Pendidikan. | Foto: SU/Asep Awaludin

Kadisdikbud Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat membeberkan peran Dewan Pendidikan. | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Demi meningkatkan kualitas pendidikan, Dewan Pendidikan dibentuk pada Agustus 2023. Kehadirannya diharapkan menjadi penunjang perbaikan kualitas pendidikan. Sebanyak 11 orang ditetapkan melalui Surat Keputusan Wali Kota sebagai anggota Dewan Pendidikan Kota Sukabumi yang diketuai Prof. Mulyawan.

Keterangan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat. Dia mengaku pembentukan Dewan Pendidikan telah dilakukan sebelum dirinya menjabat sebagai Kadisdikbud. "Saya Agustus pindah ke Disdikbud dari Dinas Sosial. Saat ini sudah di-SK-an 11 orang anggota Dewan Pendidikan. Jadi prosesnya kalau tidak salah dari awal tahun. Panitia menyeleksi 22 orang, kemudian diajukan ke Pak Wali Kota. Saat itu (SK) turun Agustus," kata dia, Jumat (13/10/2023).

Dewan Pendidikan diketuai Prof. Mulyawan yang memiliki latar belakang sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Bandung (UIN Bandung). Sementara keanggotaanya diisi oleh kalangan pendidik dan birokrasi. "Ketuanya Prof Mulyawan, warga kota juga. Beliau salah satunya mengajar di UIN Bandung. Kebanyakan (keanggotaan) dari kalangan pendidikan kemudian juga ada dari birokrat karena sebagai jembatan antara orang-orang dari dunia pendidikan dengan pemerintah daerah," ungkap Punjul.

Baca Juga: Cegah Bullying, Disdikbud Sukabumi Keliling Sekolah Sampaikan Bahaya Perundungan

Punjul juga mengatakan, mengingat Dewan Pendidikan baru saja dibentuk, pihaknya mengaku akan turut serta memfasilitasi kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh Dewan Pendidikan tersebut. "Dewan Pendidikan ini kan baru, kita masih membenahi organisasinya. Kemarin sudah terpilih ketua, sekretaris, bendahara, dan para anggota, kemudian kami juga tentu akan memfasilitasi kelengkapannya terutama sarana dan prasarananya, dan juga mereka sekarang sedang menyusun rencana program kerjanya," kata dia.

Dalam kapasitasnya, Dewan Pendidikan berposisi sebagai mitra Disdikbud Kota Sukabumi dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan di Kota Sukabumi dengan memberikan saran kebijakan serta menampung aspirasi masyarakat. "Ya mereka (Dewan Pendidikan) tentunya sebagai mitra ya mendampingi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam memberikan saran kebijakan terkait dunia pendidikan, kemudian juga untuk menampung aspirasi dari masyarakat, terkait dengan perjalanan pendidikan," ucapnya.

Tak hanya itu, Punjul berharap dengan hadirnya Dewan Pendidikan akan berdampak positif pada kegiatan belajar mengajar siswa, terutama untuk meminimalisir kenakalan remaja.

"Ya mungkin berbagai tematik ya, yang muncul sebagai fenomena pendidikan, tentu ini akan menjadi bahan untuk dicermati oleh Dewan Pendidikan. Fenomena-fenomena kenakalan remaja dan lain sebagainya. Termasuk juga hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia, kemudian juga terkait dengan pelaksanaan belajar mengajar di sekolah tentunya," katanya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 13:13 WIB

Ini 7 Strategi Disiplin untuk Anak Penderita ADHD yang Bisa Diterapkan

Anak dengan penderita ADHD memerlukan perhatian khusus, bahkan dalam hal disiplin sekalipun.
Ilustrasi strategi disiplin anak ADHD. | Foto: Pexels.com/@RDNE Stock Project
Sehat06 Mei 2024, 13:00 WIB

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Bagi Asam Lambung (GERD), Bikin Gejala Memburuk!

Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung.
Ilsutrasi Makanan Pedas - Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung. | Foto: Freepik (Sumber : Freepik)
Life06 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Bisa Membuat Anak Berperilaku Buruk

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi. Hindari perilaku buruk agar anak tidak meniru. Sumber : pexels.com/@Gustavo Fring
Keuangan06 Mei 2024, 12:25 WIB

Harga Beras Bulog Naik! Cek Harga Eceran Terbaru per Wilayah, Termasuk Sukabumi

Per 1 Mei 2024 pemerintah menaikan harga eceran beras bulog.
Beras SPHP Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan untuk operasi pasar (Sumber: perum bulog)
Bola06 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United Sejak 2017, Alberto: Fakta yang Aneh!

Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series. (Sumber : Instagram/@albertorguezmartin)
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi06 Mei 2024, 11:21 WIB

Terus Berbenah! Simak Upaya Optimalisasi Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Sukabumi

25 April 2024, Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi di ruang pertemuannya.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi pada 25 April 2024 (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov