Diikuti 52 Mobil Hias, Festival Bunga Sukabumi 2023 Berlangsung Meriah

Minggu 17 September 2023, 16:27 WIB
Mobil hias Dinas Pertanian dalam Festival Bunga Sukabumi Suka Bunga 2023. (Sumber : Diskominfo Kab. Sukabumi)

Mobil hias Dinas Pertanian dalam Festival Bunga Sukabumi Suka Bunga 2023. (Sumber : Diskominfo Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi melalui Dinas Pertanian (Distan) kembali menggelar karnaval mobil hias dalam rangka Hari Jadi ke-153 Kabupaten Sukabumi

Bertajuk Festival Bunga Sukabumi Suka Bunga 2023, puluhan kendaraan yang dihiasi berbagai bunga hias terlihat memadati jalanan Palabuhanratu, Minggu (17/9/2023) pagi. Karnaval kemudian dilepas oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan disaksikan oleh Forkopimda serta disambut antusias masyarakat.

Event yang diikuti perangkat daerah, perumda, hingga sejumlah organisasi tersebut menempuh rute jalan Ahmad Yani atau Jajaway dimulai dari depan pengadilan agama dan berakhir di Lapangan Cangehgar. Kegiatan itu turut diramaikan pertunjukan kesenian tradisional Sunda dan berbagai atraksi.

Kepala Distan Kabupaten Sukabumi sekaligus Panitia Penyelenggara Festival Bunga 2023 Sri Hastuty Harahap mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk mempromosikan potensi unggulan pertanian Kabupaten Sukabumi yang salah satunya adalah bunga potong dalam rangka mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN).

Tuty menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh 52 peserta yang terdiri dari perangkat daerah, perumda, kecamatan, perusahaan swasta, parade nusantara, kwarcab pramuka Kabupaten Sukabumi dan petani yang tergabung dalam koperasi perkumpulan petani penggarap bagja sutera Sukabumi.

"Harapannya melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan pendapatan petani bunga, pedagang bunga, dan dekorator bunga di Kabupaten Sukabumi yang pada akhirnya kita berharap adanya multiplier effect pada banyak usaha ekonomi masyarakat sebagai dampak ikutannya," kata Tuty dalam sambutannya.

Baca Juga: Sukabumi Expo 2023 Resmi Ditutup dengan Omzet Capai Rp4,8 Miliar

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, bunga hias merupakan salah satu hasil pertanian unggulan Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengupayakan berbagai hal agar bunga hias semakin dikenal, salah satunya lewat festival ini.

"Bunga Hias ini merupakan salah satu kebanggaan dari hasil pertanian di Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, kami berupaya mendorong produksi dan promosi bunga hias itu, salah satunya melalui festival ini," ujarnya.

Pasalnya, Marwan meyakini pengenalan hasil pertanian melalui pariwisata akan berdampak besar.

"Berbagai produk unggulan, kita coba buatkan festival. Kita ada festival bunga hias, durian, campedak, dan berbagai hasil pertanian lainnya," ucapnya.

Berkaitan potensi melimpah yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, Marwan mengajak masyarakat untuk ikut serta mempromosikannya.

"Sukabumi ini milik kita bersama, jadi mari bersama-sama menjaga, melestarikan, dan mempromosikan daerah yang memiliki tagline gurilapss," ungkapnya.

Dirinya meyakini, kolaborasi menjadi kunci keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, peran masyarakat pun sangat penting dalam memajukan Kabupaten Sukabumi.

"Keberhasilan festival bunga ini juga, berkat kolaborasi yang sangat apik dari semua pihak," tandasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id