Wali Kota Sukabumi Lindungi Warga Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Senin 04 September 2023, 10:48 WIB
Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada petugas Linmas dan Pengurus RT/RW, Senin, 4 September 2023. | Foto: Istimewa

Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada petugas Linmas dan Pengurus RT/RW, Senin, 4 September 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada petugas Linmas dan Pengurus RT/RW saat menghadiri Housewarming BPJS Ketenagakerjaan, Senin, 4 September 2023.

Perlindungan ini merupakan bentuk wujud kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi kepada para pekerja di sektor apa pun agar ketika terjadi risiko ada BPJS Ketenagakerjaan yang akan memberikan bantuan sesuai dengan risiko yang terjadi.

Penyerahan dilakukan bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional tahun 2023 dan disaksikan oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Sukabumi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Camat Cikole.

Seluruh Linmas dan pengurus RT dan RW di wilayah Sukabumi sudah terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan dan berhak mendapatkan perlindungan 2 program yaitu Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Baca Juga: DPRD Sukabumi Bantu Fasilitasi Sopir Angkot Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat yang diterima jika mengalami meninggal dunia biasa, ahli waris dari pekerja berhak mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta, bahkan jika sudah memenuhi syarat, selain mendapatkan santunan uang tunai sebesar Rp 42 juta, pekerja juga berhak mendapakan manfaat beasiswa senilai Rp 174 juta untuk 2 orang anak.

Manfaat beasiswa ini didapatkan mulai dari tingkat TK sebesar Rp 1.500.000/orang/tahun, tingkat SD sebesar Rp 1.500.000/orang/tahun, tingkat SMP sebesar Rp 2.000.000/orang/tahun, tingkat SMA sebesar Rp 3.000.000/orang/tahun dan tingkat kuliah atau strata 1 sebesar Rop 12.000.000/orang/tahun.

Untuk manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), pekerja yang mengalami kecelakaan kerja saat hendak pergi menuju tempat kerja, saat bekerja atau saat menuju rumah dari tempat bekerja segala biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai sembuh, jika kondisi tidak memungkinkan untuk bekerja maka gaji dari pekerja akan dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebesar 100% gaji yang dilaporkan hingga pekerja bisa bekerja kembali.

Oki Widya Gandha, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi mengatakan sangat apresiasi kepada Wali Kota Sukabumi yang mempercayakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Pak Wali Kota sangat peduli dengan warganya, oleh karena itu beliau mendaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dengan iuran yang sangat terjangkau manfaat yang diterima jika terjadi resiko sangat besar,” ucapnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis santunan kepada ahli waris dari Alm Supanda yang terdaftar sebagai Linmas Kecamatan Cikole, Enih sebagai ahli waris berhak mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com