FOKUS Bantu Teknik Kimia Industri SMKN 1 Kota Sukabumi Siapkan SDM Berkualitas

Sabtu 09 September 2023, 21:19 WIB
Fokus aktif membantu SMKN 1 Kota Sukabumi dalam menyiapkan SDM berkualitas. | Foto: SU/Asep Awaludin

Fokus aktif membantu SMKN 1 Kota Sukabumi dalam menyiapkan SDM berkualitas. | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Forum Komunikasi Keluarga Sukabumi (FOKUS) merupakan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan kebudayaan. Saat ini Fokus aktif membantu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Sukabumi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Pada 9 September 2023, bertempat di Aula Sidang SMKN 1 Kota Sukabumi, FOKUS membantu memberikan pemahaman kepada 45 guru dari 10 jurusan yang ada di sekolah tersebut dalam rangka melakukan penyesuaian kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri saat ini.

Ketua Harian FOKUS Amar Rasyad mengatakan bahwa pemahaman itu diberikan dalam rangka menyiapkan siswa-siswi SMKN 1 Kota Sukabumi agar memiliki daya saing tinggi.

"Kita kumpul bersama para guru untuk menyusun kurikulum di tahun ajaran baru. Jadi kurikulum ini perlu kita diskusikan dengan para pelaku industri sehingga nanti siswa belajar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri saat ini," ujar Amar kepada sukabumiupdate.com.

"FOKUS ini organisasi sudah lama yang memiliki tujuan meningkatkan kualitas SDM Sukabumi. Adapun yang ditingkatkan yaitu bidang pendidikan dan kesejahteraannya," tambah dia.

Dalam hal ini FOKUS berperan sebagai mitra sekolah untuk menyiapkan SDM yang berkualitas dalam menyambut era industri baru di Sukabumi.

Baca Juga: Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka, Anak Muda Sukabumi Mulai Bidik Pasar Kuliner

"Jadi FOKUS di sini berposisi menjadi mitra sekolah sehingga kita bisa membantu menyalurkan mereka. Kita juga memberikan gambaran nanti industri itu butuhnya apa, termasuk soft skill-nya sehingga nanti putra-putri Sukabumi lulusan SMKN 1 Kota Sukabumi itu lebih berdaya saing tinggi di lapangan," kata dia.

Sementara itu, Sri Nuryasin, Ketua Program Teknik Kimia Industri SMKN 1 Kota Sukabumi menuturkan bahwa workshop itu merupakan sinkronisasi kurikilum dengan jurusannya. Dia menyebut kegiatan itu perlu dilakukan sehingga kurikulum sekolah dapat menyesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan industri.

"Workshop ini adalah sinkronisasi kurikulum dari industri dengan pihak jurusan kami, menurut saya ini kegiatan yang memang harus dilakukan sesuai dengan perkembangan, baik keilmuan, zaman, maupun perkembangan yang terjadi di industri. Jadi kurikulum yang ada di sekolah itu disesuaikan dengan yang ada di industri saat ini," ungkap Sri.

Terlebih, Jurusan Teknik Kimia merupakan jurusan yang ada di semua industri sehingga tidak menutup kemungkinan sinkronisasi tersebut unruk dilakukan secara berkala terhadap para peserta didik.

"Nanti akan disusaikan kirikulumnya kemudian akan diterapkan kepada peserta didik yang tujuannya agar SDM atau murid yang ada di sekolah ini mampu untuk menyerap semua kebutuhan indistri yang telah disesuaikan tadi," katanya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com