Politisi Demokrat Sukabumi: Sempat Anggap Anies Sosok Capres Pemberani, Kini Luntur

Minggu 03 September 2023, 16:32 WIB
Anggota DPR RI Dapil Jabar IV (Ko/kab Sukabumi), Mohammad Muraz saat bertemu warga Ciracap | Foto : Ragil Gilang

Anggota DPR RI Dapil Jabar IV (Ko/kab Sukabumi), Mohammad Muraz saat bertemu warga Ciracap | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPR RI fraksi Partai Demokrat, Mohamad Muraz angkat suara terkait sosok Capres Anies Baswedan yang sudah menggandeng Cawapres Muhaimin Iskandar dari PKB untuk Pilpres 2024. 

Mantan Wali Kota Sukabumi itu menyebut Anies Baswedan bukan sosok calon presiden yang pemberani. 

Ia mengatakan bahwa dirinya terlebih dahulu mengucap syukur. "Apapun yang terjadi itu adalah skenario Allah SWT," ucapnya usai bertatap muka dengan warga Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, bertempat di aula kantor Desa Pasir Panjang, Minggu (3/9/2023).

Kemudian, kata Muraz, selama ini dirinya atau masyarakat mungkin menganggap pak Anies adalah calon presiden yang tepat dan pemberani. Akan tetapi bagi saya anggapan itu saat ini sudah luntur. 

Baca Juga: Bupati: Ulang Tahun Kabupaten Sukabumi Momentum Membangun Kebersamaan

"Ternyata pak Anies bukan calon presiden yang berani. Ya, artinya  Allah SWT telah membuka semua itu, bahwa Anies yang selama ini hebat, berani melawan oligarki, dan sudah dikampanyekan bersama teman-teman, ternyata melawan partainya saja tidak bisa," ujarnya.  

Terkait dengan aksi penurunan baliho Anies Baswedan yang bersanding dengan AHY, menurut Muraz ia hanya merobek foto Aniesnya saja.

Pada malam itu (malam penentuan penentuan Anies Cak Imin), lanjut Muraz, saya terus mengikuti informasi, dan perkembangan, hingga anak-anak Demokrat di Kota Sukabumi, bertanya gimana nih pak? 

"Kalau foto Anies yang berdampingan dengan Ketum AHY, bukan diturunkan, tapi foto Aniesnya disobek," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, suara kekecewaan atas konstelasi politik nasional di mana bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan telah memilih Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres), terjadi di Kota Sukabumi.

Baca Juga: Tumpukan Sampah Terbakar, Kronologi Api Berkobar Dekat Pabrik di Pakuwon Sukabumi

Sejumlah kader Partai Demokrat melakukan aksi perobekan foto baliho Anies Baswedan yang sebelumnya bersanding dengan foto Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Aksi ini dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Aksi perobekan foto mantan Gubernur DKI Jakarta itu dilakukan Kamis malam, 31 Agustus 2023. Video aksi yang dilakukan di beberapa titik di Kota Sukabumi ini pun diunggah akun Instagram resmi @dpcpartaidemokratsmi. Partai Demokrat menilai Anies telah meninggalkan koalisi yang selama ini dibangun.

"Saya tidak menginstruksikan menurunkan baliho. Tapi saya instruksikan, karena Anies yang keluar dari kita, bukan Demokrat yang keluar, maka saya minta teman-teman hilangkan saja gambar Anies-nya, tidak menghilangkan gambar ketum (AHY). Terima kasih," kata Mohamad Muraz dalam video perobekan tersebut seperti dikutip sukabumiupdate.com, Jumat (01/09/2023).

Baca Juga: Budaya dan Kuliner Warnai Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-153 di Bojongkokosan

Dari informasi yang dihimpun, aksi perobekan foto Anies Baswedan merupakan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat yang juga dilakukan di kota/kabupaten lain. Diketahui, Partai Demokrat, NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergabung dalam Koalisi Perubahan dan mengusung Anies sebagai bacapres di Pemilu 2024.

Lantas, Muraz menyampaikan dalam kegiatan kunjungannya di Ciracap adalah dalam rangka menyerap aspirasi.

"Ini merupakan kunjungan ke Dapil, selain bersilaturahmi, juga ada beberapa aspirasi yang disampaika sama warga, yaitu kaitan sengketa tanah di Desa Ujunggenteng, perusahaan tambang emas di Kecamatan Ciemas, infrastuktur akses jalan kabupaten yang rusak, dan sarana pendidikan. Semuanya kami tampung, dan akan disampaikan kepada pemerintah, baik pusat, provinsi, bahkan bupati atau walikota," imbuhnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:57 WIB

3 Akun Medsos Dilaporkan, Polres Sukabumi Selidiki Dugaan Pencemaran Nama Baik Habib

Polres Sukabumi sedang menyelidiki laporan dugaan pencemaran nama baik terhadap para habib di media sosial
Inilah 3 akun Medsos yang memposting narasi diduga mencemarkan nama baik habib | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel20 Juni 2024, 20:45 WIB

Simpel, Inilah Cara Membuat Air Ketumbar Untuk Mengobati Asam Urat

Untungnya, ada pengobatan rumahan alami yang memanfaatkan biji ketumbar untuk membantu mengelola dan mengatur kadar asam urat. Biji ketumbar ini sering digunakan pada bumbu ataupun minuman herbal.
Air ketumbar menjadi salah satu minuman herbal untuk mengobati asam urat (Sumber : YouTube/Ur Indian reviews)
Life20 Juni 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta Ketimbang Wanita

Pria cenderung kaum yang dianggap gampang jatuh cinta daripada wanita yang masih terbiasa memfilter perasaannya. Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang memicu pria mudah jatuh cinta
Ilustrasi Beberapa faktor yang menyebabkan pria lebih mudah jatuh cinta ketimbang wanita (Sumber : Pexels.com/@Jeswin Thomas)