TPSS di Palabuhanratu Sukabumi Terbakar, Api Merembet ke Kabel Bikin Panik Warga

Selasa 15 Agustus 2023, 22:38 WIB
Damkar berjibaku memadamkan kebakaran di Tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) yang berada di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (15/8/2023) malam. (Sumber : Istimewa)

Damkar berjibaku memadamkan kebakaran di Tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) yang berada di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Selasa (15/8/2023) malam. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) di Jalan Pelita RT 01 RW 18 Kampung Majlis Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, terbakar sekira pukul 19.00 WIB, Selasa (15/8/2023) malam.

Akibat kebakaran tersebut, sejumlah warga sempat panik karena api sempat merembet kabel dan dikhawatirkan akan menyambar rumah penduduk. Warga kemudian langsung menghubungi pemadam kebakaran.

Ketua Pemuda setempat, Jalaluddin mengatakan, peristiwa kebakaran ini diduga berawal dari adanya oknum warga yang membakar sampah. Karena kondisi angin saat itu cukup kencang, api kemudian merembet ke tumpukan sampah di TPSS.

"Dari laporan warga begitu, ada yang melihat warga membakar sampah di sebelah kiri TPSS, nah api nya terbawa angin atau entah bagaimana, banyak ranting ranting kering, gak lama banyak warga berteriak katanya api nya besar naik ke kabel listrik,” ujar Jalaluddin kepada awak media di lokasi.

Jalaluddin menyebut, akibat api menyambar kabel, warga sempat mendengar ledakan saat kebakaran. Akibatnya listrik di kampung tersebut padam.

“Jadi kabel listrik untuk jalur Kampung Majlis terbakar bahkan sampai putus, aliran langsung dimatikan sama pihak PLN, ada sempet terdengar ledakan pas kabel listrik terbakar itu,” ungkapnya.

Ia memastikan dalam peristiwa kebakaran ini tidak memakan korban jiwa.“Posisi yang kebakar sampah sampah saja yang menumpuk banyak, karena ini pembuangan sampah sementara,” bebernya.

Sementara itu Wadanpos 1 Damkar Palabuhanratu Amirudin mengatakan, setelah menerima laporan dari warga, pihaknya langsung ke TKP dengan menerjunkan satu unit kendaraan pemadam kebakaran dan satu unit rescue. Api kemudian berhasil dipadamkan 30 menit kemudian.

“Kita menerima laporan dari masyarakat mungkin yang melintas dan melihat kobaran api yang sangat besar dan membahayakan. Kita datang ke TKP, kita lihat yang terbakar jalur (kabel) telkom bukan di jalur PLN,” tuturnya.

“Untuk penyebab kita belum tahu masih dalam penyelidikan, masyarakat tahunya dari yang melintas api sudah membesar. Kami melakukan penanganan pemadaman menggunakan water canon untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)