Penyu Hijau Jantan Terdampar di Pantai Ujunggenteng Sukabumi

Minggu 16 Juli 2023, 10:24 WIB
Penyu Hijau jantan terdampar dan berhasil diselamatkan oleh petugas Konservasi Penyu Pantai Pangumbahan Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Penyu Hijau jantan terdampar dan berhasil diselamatkan oleh petugas Konservasi Penyu Pantai Pangumbahan Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor Penyu Hijau terdampar di Pantai Kalapacondong Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (15/7/2023).

Karyawan Konservasi Penyu Taman Pesisir Penyu Pantai Pangumbahan, Musonip menyebutkan peristiwa terdampanya penyu hijau itu terjadi hari sabtu 15 Juli 2023 sekitar pukul 13.50 wib. 

"Kejadian sekitar pukul 13.50 WIB, dan saat itupun dilakukan tindakan penyelamatan," ujarnya.

Seekor penyu yang terdampar di Pantai Kelapacondong, merupakan jenis Penyu Hijau jantan, kata Musonip, dengan ukuran panjang lengkung karapas 68 sentimeter, lebar lengkung karapas 41 sentimeter. Penyu tersebut masih tergolong remaja, diduga berusia sekitar 15 tahun.

Baca Juga: Cerita Mistis Gedung Shaolin Cikidang Sukabumi

"Kami mendapatkan kabar terdamparnya penyu didapat dari laporan warga Desa Ujunggenteng, saudara Feby, kepada pegawai satuan pelayanan Taman Pesisir Penyu Pantai Pangumbahan. Sesaat setelah menerima laporan tersebut, Petugas Konservasi Penyu Pangumbahan dengan didampingi oleh beberapa orang mahasiswa Unpad yang sedang magang segera melakukan tindakan penyelamatan dengan terlebih dahulu memeriksa kondisi penyu," jelasnya.

Kata Musonip, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata penyu dalam kondisi sehat, aktif dan tidak terdapat luka apapun. Dengan kondisi demikian, penyu digiring untuk kembali ke habitat alamnya di laut lepas.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada warga nelayan Ujunggenteng, yang dengan penuh kesadaran segera melaporkan temuan penyu terdampar ini. Semoga kedepan semakin tercipta sinergi yang baik antara warga masyarakat atau nelayan dengan kami, untuk bersama sama meningkatkan kepedulian terhadap upaya proteksi dan konservasi penyu," imbuhnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618