Bahas Kurikulum Merdeka, Disdikbud Apresiasi Guru di Citamiang Sukabumi

Jumat 14 Juli 2023, 11:46 WIB
Pengimbasan Kurikulum Merdeka yang digelar K3S dan KKG Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu. | Foto: Istimewa

Pengimbasan Kurikulum Merdeka yang digelar K3S dan KKG Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala sekolah serta guru kelas I dan IV SD di Kecamatan Citamiang mengikuti pengimbasan Kurikulum Merdeka yang digelar Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pengimbasan Kurikulum Merdeka ini merupakan bagian dari tahapan program Sekolah Penggerak Angkatan 1 dan 2 yang salah satunya berkewajiban melakukan pengimbasan kepada minimal lima sekolah binaan. Hal ini disampaikan Ketua K3S Citamiang Iwan Setiawan.

Iwan menyebut di Kecamatan Citamiang terdapat tiga SD yang mengikuti program Sekolah Penggerak Angkatan 1 dan 2 yakni SDN Pakujajar CBM, SDN Cipanas, dan SDN Gunungparang. "Secara kebetulan kami mewakili masing-masing gugus KKG," kata dia kepada wartawan, Minggu, 9 Juli 2023.

Iwan mengatakan awalnya kegiatan pengimbasan ini dilakukan hanya kepada lima sekolah binaan, tetapi atas usulan kepala sekolah dan guru-guru, dilaksanakan untuk seluruh sekolah se-Kecamatan Citamiang. Ini lantaran sekolah lain juga perlu mendapatkan informasi tentang Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Sederet Prestasi Kafilah Kota Sukabumi di Pentas PAI Jawa Barat

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Mohamad Hasan Asari yang membuka acara menyampaikan apresiasi kepada seluruh K3S, KKG, dan guru-guru Kecamatan Citamiang yang mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi guru meski dalam keadaan libur akhir tahun pelajaran.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi guru-guru lain. Kita memang harus terus menjaga semangat saling berbagi inspirasi dan pengalaman berkolaborasi menyukseskan implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Sukabumi,” kata dia.

Lebih lanjut Hasan menyampaikan motivasi dan pesannya agar pada tahun pelajaran yang baru guru-guru bisa melayani anak-anak didiknya dengan sepenuh hati.

“Saya berpesan kepada bapak ibu guru, mari kita berikan pelayanan terbaik untuk anak-anak kita. Bimbing dan tuntun mereka agar kelak menjadi anak-anak yang hebat, kreatif, dan berkarakter Profil Pelajar Pancasila,” imbuhnya.

Pengimbasan dilaksanakan tiga hari mulai 7 sampai 9 Juli 2023. Kegiatan ini diisi berbagai materi di antaranya Rapor Pendidikan, Perencanaan Berbasis Data, Digitalisasi Sekolah, Penguatan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Sekolah serta Penyusunan KOSP, Paradigma Pembelajaran Baru, Mengenal CP, TP, ATP, serta memodifikasi Modul Ajar dan modul P5.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini Pengawas Pembina Nurkilah, Kepala SDN Pakujajar CBM (PSP Angkatan 1) Ebah Suaebah, Kepala SDN Cipanas (PSP Angkatan 2) Iwan Setiawan, Kepala SDN Gunungparang (PSP Angkatan 2) Ujang Yudi Karta Sasmita, Kepala SDN Nanggeleng 1 Idris, Komite Pembelajaran SDN Pakujajar CBM Rustiana dan Yuli Irawati, Komite Pembelajaran SDN Cipanas Desi Fitri Indriyani dan Arianti Prialita serta Komite Pembelajaran SDN Gunungparang Budi Kurnia dan Indri Sukmawati. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat30 April 2024, 09:00 WIB

7 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi - Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Mobil30 April 2024, 08:47 WIB

92 Offroader Jajal Track Bukit Parahiyangan Sukabumi, Bermain Lumpur Sambil Beramal

Event Komunitas Offroad ini diharpkan menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata di Bukit Parahiyangan Sukabumi.
Offroader Nasional jajal track Bukit Parahiyangan Sukabumi. (Sumber : YouTube/Wa-One Adventure)
Sehat30 April 2024, 08:00 WIB

6 Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah

Tetapkan Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal.
Ilustrasi - Tips mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/Санжар Саиткулов)
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice