4 Resep Sate Maranggi Cocok Dicoba Saat Momen Idul Adha

Rabu 28 Juni 2023, 22:26 WIB
Sate Maranggi | Foto : orami.co.id

Sate Maranggi | Foto : orami.co.id

SUKABUMIUPDATE.com - Sate Maranggi, salah satu makanan khas Jawa Barat yang terkenal nikmat. Sate Maranggi sendiri merupakan salah satu jenis kuliner khas Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Makanan ini biasanya terdiri dari potongan daging berbentuk dadu. Potongan daging tersebut disatukan sejajar dengan cara ditusukan pada bilah tusuk bambu kemudian diberi bumbu lalu dipanggang hingga matang.

Istilah maranggi dalam bahasa Sunda merupakan istilah petukangan, yaitu seorang ahli pembuat sarung keris.  Sate Maranggi biasanya diolah dengan menggunakan daging sapi dan kambing. Cita rasanya yang kuat dari proses marinasi dengan bahan berempah, sehingga sate maranggi terus menjadi makanan yang banyak dinanti.

Aneka Resep Sate Maranggi

Melansir dari orami.co.id berikut ini aneka resep sate maranggi yang bisa di buat di rumah untuk dijadikan menu santap keluarga dalam momen Idul Adha 1444 Hijriah tahun ini.

1. Resep Sate Maranggi Khas Purwakarta

Dalam resep sate maranggi khas Purwakarta, Jawa Barat ini biasanya menggunakan daging kambing atau sapi sebagai bahan dasarnya. Proses marinasi dan pemasakan sebelum dibakar, membuat sate ini sudah enak meski disajikan tanpa saus pendamping.

Bahan-bahan :

300 gr daging sapi, 300 gr lemak sapi, 5 lembar daun pepaya, Kecap manis, Bumbu Halus: 5 bawang merah, 1 1/2 bawang putih, 1/2 ruas jahe, 1/2 ruas laos, 1 sdt ketumbar, 1/2 sdt garam, 1 sdm gula merah dihaluskan, 2 sdm asam jawa
Sambal Kecap: 1 buah tomat, 5 cabai rawit, 1 sdm cuka, 5 sdm kecap manis,

Cara membuat:

Balut daging menggunakan daun pepaya supaya empuk dan diamkan 30 menit, Blender bawang merah, bawang putih, ketumbar yang telah disangrai, jahe dan lengkuas. Lalu, tumis hingga bumbu matang.Campurkan daging dengan bumbu yang telah ditumis, air asam jawa lada, garam, sedikit minyak dan gula merah. Aduk hingga tercampur rata.Tusuk daging menggunakan tusuk sate.

Potong kecil tomat dan cabe, lalu campur dengan bahan sambal kecap lainnya, sisihkan. Bakar sate menggunakan api atau panggang menggunakan griller, sesekali diolesi dengan kecap manis.Bakar hingga matang dan siap disajikan dengan sambal kecap.

2. Resep Sate Maranggi Super Empuk

Untuk membuat resep sate maranggi yang empuk, bisa menggunakan nanas alih-alih menggunakan daun pepaya. Ini merupakan resep turun-temurun untuk membuat sate daging yang lembut dan bisa dimakan oleh anak-anak.

Bahan-bahan :

250 gr daging sapi, 50 gr lemak sapi (opsional), 3 sdm nanas parut, Bumbu halus: 4 butir bawang merah 2 siung bawang putih, 1 cm jahe, 2 cm lengkuas muda, 1 sdt ketumbar bubuk, 1 sdm gula merah sisir, 1/2 sdt garam, 2 sdm kecap manis

Cara membuat:

Lumuri daging dengan nanas parut, kemudian potong kecil sesuai ukuran yang diinginkan, sisihkan.Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan ketumbar. Setelah itu tambahkan gula merah, garam dan kecap manisCampur rata daging dengan bumbu halus dan kecap.

Setelah itu, tusuk dengan tusukan sate.Panaskan griller di atas kompor selama 10 menit dengan api besar, setelah 10 menit kecilkan api.Bakar sate di atas griller sambil dioles sisa bumbu. Masak hingga matang merata atau dibolak-balik, angkat.Sajikan dengan sambal kecap ataupun sambal oncom.

3. Resep Sate Maranggi ala Chef Devina Hermawan

Pecinta dunia masak pasti tidak asing lagi dengan nama Chef Devina Hermawan. Mantan kontestan kompetisi masak Masterchef Indonesia, ini selalu sukses membagikan aneka resep masakan dan kue yang terlihat sedap melalui kanal YouTube pribadinya.

Bahan-bahan:

300 gr daging sapi has dalam, Bumbu Halus: 6 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, 3 cm lengkuas, iris 2 sdt ketumbar sangrai, 3 sdm air asam jawa, 4 sdm kecap manis, 1 sdm gula merah, 1 sdt garam, 1 sdt merica, 1/2 sdt kaldu jamur.

Sambal Tomat: 2 buah tomat, 5 cabai rawit merah, 15 cabai rawit hijau, 1 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 2 buah jeruk limau, 1/2 sdt garam, 1 sdt gula

Cara membuat:

Iris daging memanjang kurang lebih selebar jari, dengan arah memotong serat, sisihkan. Blender semua bumbu halus hingga benar-benar halus, tuang ke dalam daging aduk rata, marinasi daging minimal 1-2 jam. Setelah dua jam, tusuk daging menggunakan tusuk sate yang sudah direndam terlebih dahulu, tusuk daging dengan arah zig-zag. Panaskan griller, oles dengan sedikit minyak atau lemak sapi, panggang kedua sisi sate sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu halus.

Panggang sate dengan tingkat kematangan sesuai selera.Untuk sambal tomat, ulek bawang putih dan garam hingga halus.Tambahkan cabai rawit merah dan hijau ulek hingga halus, masukkan irisan tomat bumbui dengan gula, beri perasan jeruk limau, aduk rata.Sajikan sate maranggi dengan sambal tomat, irisan bawang merah, jeruk limau, dan kecap manis.

4. Resep Sate Maranggi Oven

Tidak harus daging sapi atau kambing, sate maranggi dari bahan daging ayam juga enak dan tentunya bisa dengan mudah dinikmati Si Kecil di rumah. Bahkan memasaknya pun tidak harus menggunakan grill atau arang.

Oven di rumah Moms yang lama tidak digunakan juga bisa menjadi salah jalan untuk memasak sate maranggi ini. Ingin coba membuatnya? Ini dia resep sate maranggi dengan oven.

Bahan-bahan:

250 gr daging dada ayam, 1/2 sdt lada bubuk, 1 sdm ketumbar bubuk, Garam, Kecap, Bumbu Halus (4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih)

Cara membuat:

Campurkan kecap, ketumbar, lada, garam dan bumbu halus.Masukan campuran tersebut ke mangkuk berisi ayam yang sudah dipotong dadu. Marinasi selama 1 jam di kulkas.Tusuk ayam menggunakan tusukan sate. Preheat atau panaskan oven 210 derajat Celsius selama 10 menit.

Oven sate dengan menggunaka api 170 deajat Celcius selama 15 menit. Sesekali, bolak-balik sate dan oles dengan sisa bahan marinasi.Cek kematangannya dan masak hingga sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.Sajikan bersama sambal kecap!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari