Lubang Tambang Emas Ilegal di Ciemas Sukabumi Ditutup Usai 6 Gurandil Jadi Tersangka

Kamis 08 Juni 2023, 14:02 WIB
Petugas gabungan melakukan penutupan lubang tambang emas ilegal yang berada di area perhutani blok Cibuluh, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/6/2023). (Sumber : Ilyas Supendi)

Petugas gabungan melakukan penutupan lubang tambang emas ilegal yang berada di area perhutani blok Cibuluh, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/6/2023). (Sumber : Ilyas Supendi)

SUKABUMIUPDATE.com - Petugas gabungan melakukan penutupan lubang tambang emas ilegal yang berada di area perhutani blok Cibuluh, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Kamis (8/6/2023).

Lubang tambang emas itu jumlahnya tak sedikit sehingga upaya penutupan lubang mengerahkan alat berat. Satu per satu saung yang dipakai gurandil atau penambang emas ilegal dirobohkan oleh petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Polhut Perhutani dibantu masyarakat.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede yang memimpin kegiatan tersebut menyatakan penertiban terhadap kegiatan pertambangan tanpa izin sebagai lanjutan dari penegakan hukum yang telah dilakukan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Daging Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Bisa Keracunan?

Karena sebelumnya Polres Sukabumi telah mengamankan dan menetapkan 6 orang tersangka yang melakukan tambang emas ilegal di lokasi tersebut.

"Tindakan ini lanjutan, karena kita tidak mau sekedar tindakan penegakan hukum tapi tidak menghentikan kegiatan ini, sehingga kami dengan tim yang ada sekarang telah melakukan rapat koordinasi dan akhirnya pada hari ini melakukan penertiban,"kata Maruly.

Selain melakukan penutupan lubang tambang, akses menuju area tambang emas ilegal itu akan dirusak sehingga tak bisa lagi dilintasi kendaraan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Jajanan Enak di Sukabumi, Murah dan Bikin Ngiler

"Perbatasan antara tanah warga masuk ke area lokasi ini akan kita tutup dengan pagar kawat, juga kita berikan banner atau spanduk himbauan dan larangan mengenai kegiatan pertambangan tanpa izin ini," katanya.

Maruly berharap setelah dilakukannya tindakan penutupan area tambang emas ilegal, warga yang diluar Ciemas maupun masyarakat Ciemas agar bersama-sama menjaga kelestarian hutan tersebut. Sebab akibat aksi tambang emas ilegal, area hutan menjadi tandus.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Desember 2023, 20:30 WIB

Jadwal Lengkap Kereta Cepat Whoosh dan Promo Akhir Tahun 2023, Ada Gratis Wisata!

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menawarkan promo tiket ini untuk perjalanan Desember 2023 termasuk gratis wisata
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menawarkan promo tiket ini untuk perjalanan Desember 2023 termasuk gratis wisata | Foto: Istimewa
Kecantikan04 Desember 2023, 20:13 WIB

Ingin Tubuh Ramping dan Perut Rata? Coba 3 Tips Diet Ala Jennie BLACKPINK Ini!

Jennie BLACKPINK mempunyai aturan makan tersendiri untuk dapat konsisten dalam menjalankan program dietnya, hal ini dilakukan agar dirinya dapat menjaga keindahan tubuhnya yang ramping.
Jennie BLACKPINK dengan penampilannya yang elegan. (Sumber : Instagram.com/jennierubyjane)
Sukabumi Memilih04 Desember 2023, 20:10 WIB

Rakor Panwaslu Cibitung Sukabumi Bahas Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk pengawasan kampanye Pemilu 2024, bertempat di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cibitung
Rapat koordinasi Panwaslu Kecamatan Cibitung (Ketua Ridwan, anggota Latip, anggota Agung Ginanjar) | Foto : Ragil Gilang
Game04 Desember 2023, 20:00 WIB

Bikin Lawan Nyerah, 5 Hero Mobile Legends Terbaik di Late Game

Hero terbaik di late game ini memiliki kemampuan ini dapat berupa damage yang besar, crowd control yang kuat, atau mobilitas yang tinggi.
Her0 Ceciliion - Hero terbaik di late game ini memiliki kemampuan ini dapat berupa damage yang besar, crowd control yang kuat, atau mobilitas yang tinggi. (Sumber : mobile-legends.fandom.com).
Food & Travel04 Desember 2023, 19:48 WIB

Raffi Ahmad Dihujat Netizen, Gegara Unggah Foto Makan Bareng Gibran

Selebriti terkenal, Raffi Ahmad baru-baru ini menghabiskan waktunya dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming. Tidak sendiri, ia juga berjumpa dengan istri dari Gibran, Selvi Ananda.
Unggahan foto Raffi Ahmad saat makan bareng Gibran dan Selvi Ananda | Foto : @raffinagita1717
Food & Travel04 Desember 2023, 19:30 WIB

Gak Nyangka! Curug Cantik Ini Tidak Jauh dari Pusat Kota Cianjur

Curug Siuh menjadi salah satu air terjun yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Cianjur Jawa Barat
Curug Siuh menjadi salah satu air terjun yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Cianjur Jawa Barat (Sumber : YouTube/Pratama_Vlog)
Jawa Barat04 Desember 2023, 19:28 WIB

27 Daerah di Jabar Siaga Darurat Bencana Hingga Mei 2024, Termasuk Sukabumi

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin tetapkan status siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor untuk 27 daerah Jabar hingga Mei 2024.
Kondisi jembatan penghubung dua kecamatan di Parungkuda Sukabumi, Jawa Barat yang ditutup imbas terdampak bencana tanah longsor, Minggu (3/12/2023). (Sumber : P2BK Parungkuda)
Musik04 Desember 2023, 19:15 WIB

Chord Gitar Lagu All Too Well Taylor Swift, Lirik dan Terjemahannya

Berikut Chord Lagu All Too Well Taylor Swift lengkap lirik dan terjemahannya, cocok masuk playlist cover lagu galau kamu!
Ilustrasi. Chord Gitar Lagu All Too Well Taylor Swift, Lirik dan Terjemahannya (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life04 Desember 2023, 19:00 WIB

8 Ciri Kamu Tidak Disukai Orang Lain, Perhatikan Gestur Tubuhnya!

Tidak disukai orang lain adalah perasaan yang muncul ketika seseorang merasa tidak diterima, dihargai, atau disayangi oleh orang lain.
Tidak disukai orang lain adalah perasaan yang muncul ketika seseorang merasa tidak diterima, dihargai, atau disayangi oleh orang lain. | Sumber: Freepik.com (user15285612)
Sukabumi04 Desember 2023, 18:51 WIB

Belum Ada Tersangka di Kasus Ledakan Gas CNG Sukabumi, Polda Jabar Turun Tangan

Penyidik Polres Sukabumi masih menunggu hasil labfor dan hasil ekshumasi dalam insiden ledakan tabung gas CNG di Cibadak Sukabumi ini.
Dua kendaraan yang terlibat dalam insiden ledakan tabung gas CNG di Cibadak Sukabumi Senin 27 November 2023 lalu. (Sumber : SU/Ilyas)