Gang ke Jalan Raya Diperbaiki, Warga di Perbatasan Sukabumi Tempuh Akses Lebih Jauh

Senin 05 Juni 2023, 14:13 WIB
Perbaikan gang di Kampung Cikeong RT 03/02 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Senin (5/6/2023). | Foto: SU/Asep Awaludin

Perbaikan gang di Kampung Cikeong RT 03/02 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Senin (5/6/2023). | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Aktivitas ratusan warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, sedikit terhambat lantaran ada perbaikan gang di Kampung Cikeong RT 03/02 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Gang ini menjadi salah satu akses dari jalan raya menuju Desa Wangunreja.

Sekitar 300 warga dari sejumlah kampung di Desa Wangunreja terpaksa memilih jalan lain yang lebih jauh agar dapat tiba di jalan raya. Adapun perbaikan gang di Kampung Cikeong RT 03/02 Kelurahan Jayamekar dilakukan sejak Minggu, 4 Juni 2023, menggunakan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) tahun anggaran 2023.

Ketua RW 02 Kelurahan Jayamekar Pepen Supendi (40 tahun) mengatakan bentuk perbaikan gang sepanjang kurang lebih 100 meter ini berupa penggantian rabat beton menjadi paving block. Laki-laki yang akrab disapa Peni tersebut mengungkapkan perbaikan melalui dana P2RW belum tentu hanya dilaksanakan di satu lokasi.

"Kalau ada jalan lain yang perlu perbaikan, sebagian anggarannya bisa dialihkan ke RT lain," ujar Peni kepada sukabumiupdate.com pada Senin (5/6/2023).

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

Peni mengatakan total anggaran P2RW yang telah dicairkan dari Pemerintah Kota Sukabumi adalah Rp 23 juta. Namun, angka tersebut dipotong biaya operasional sebesar 25 persen oleh kelurahan. Menurut dia, jumlah Rp 25 juta merupakan hasil pengajuan P2RW tahun 2023 yang hanya diperuntukkan untuk perbaikan jalan atau gang.

"Total anggaran Rp 25 juta, dipotong BOP (biaya operasional) 25 persen. Ini program pengajuan periode sekarang karena memang pengajuannya ditujukan hanya untuk jalan. Jadi tidak ada program lain, selain jalan ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," ujar dia.

Pengerjaan perbaikan gang di Kampung Cikeong RT 03/02 Kelurahan Jayamekar rencananya akan berjalan 10 hari. Akibatnya, warga Desa Wangunreja harus menempuh akses lain yang berjarak 300 sampai 500 meter menuju jalan raya dengan kondisi licin saat hujan dan terjal, dari sebelumnya hanya 200 hingga 300 meter lewat gang.

Eno (32 tahun), warga Kampung Cjurug, Desa Wangunreja, mengaku terdampak dengan adanya perbaikan tersebut. Alhasil, dia mesti memutar memilih jalan lain yang jaraknya lebih jauh untuk berangkat kerja. "Mudah-mudahan cepat selesai karena yang paling enak dan dekat ya pakai jalan itu (gang Kampung Cikeong)," kata Eno.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618